10 Tips Menjaga Motivasi

Tetap dalam keadaan termotivasi, tidak selamanya mudah, apapun yang menjadi tujuan Anda. Apalagi bagi mereka yang memiliki goal untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat, tetap termotivasi biasanya jauh lebih sulit lagi.

Apapun goal yang saat ini sedang Anda kejar, berikut adalah 10 tips yang dapat membantu Anda tetap termotivasi. Anda bisa menjadi motivasi untuk mencapai goal apapun yang Anda inginkan.

1. Rubah rutinitas Anda dan lakukan itu demi hidup yang lebih sehat

Ini dapat diterapkan oleh mereka yang sedang berusaha gigih merubah pola dan gaya hidup untuk memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat.

Buatlah jadwal latihan dan berolah raga. Cobalah lebih sering memasak sendiri makanan di rumah yang jelas terjamin lebih sehat. Raihlah goal Anda, demi kesehatan yang lebih baik.

Rubahlah rutinitas Anda. Apapun yang dapat Anda lakukan yang membantu memudahkan Anda meraih goal, dapat memberi motivasi lebih.

2. Bandingkan dan perbaiki

Ketika Anda membandingkan goal Anda dengan orang lain, dan menemukan mana yang bekerja dan mana tidak, Anda dapat tetap termotivasi karena menemukan sesuatu yang lebih memudahkan Anda mencapai tujuan.

Lihat orang-orang sekeliling Anda yang memiliki tujuan sama, lihatlah apakah mereka melakukan kesalahan?Jika ya, usahakan Anda tidak melakukan kesalahan yang sama. Ini akan membuat Anda tetap termotivasi.

3. Menonton film atau mendengarkan musik yang memotivasi

Anda akan lebih bergairah dan tetap termotivasi dengan menonton film atau mendengarkan musik yang memotivasi.

Tontonlah film yang menunjukkan kepada Anda, bagaimana orang-orang bekerja keras dalam mencapai tujuan mereka. Selesai menontonnya, biasanya Anda merasa lebih siap bekerja lebih keras lagi meraih impian Anda.

Begitu pula dengan musik. Pilihlah musik yang ‘bersemangat’, dengan lirik yang memotivasi. Ini akan banyak membantu Anda tetap termotivasi.

4. Buktikan bahwa mereka salah, buat mereka terkesan

Setiap orang akan termotivasi dengan alasan yang berbeda-beda. Tapi, satu cara paling ampuh tetap termotivasi adalah dengan mengingat sepanjang waktu, ada orang-orang yang mengatakan bahwa Anda tidak mampu, Anda akan gagal.

Ayo, buktikan bahwa yang mereka sangkakan adalah salah. Buktikan bahwa Anda bisa. Jika Anda tidak perlu membuktikan apapun kepada orang lain, maka Anda dapat membuat orang-orang sekitar Anda terkesan dengan keberhasilan Anda.

Yakin dengan apa yang Anda lakukan, adalah salah satu cara terhebat menjaga Anda termotivasi.

5. Lakukanlah karena itu sesuatu yang menyenangkan dan Anda ingin melakukannya

Mungkin Anda sedang berusaha mencapai goal terbilang sulit. Akan sangat membantu Anda tetap termotivasi jika berusaha menemukan hal-hal menyenangkan dari usaha Anda mencapainya.

Capailah goal Anda, karena Anda menikmati apa yang Anda kerjakan, juga mungkin karena orang lain senang jika Anda melakukannya.

Menemukan motivasi dari dalam diri, akan memudahkan Anda fokus pada tujuan.

6. Meminta saran dan membantu orang lain

Bicaralah kepada mereka yang telah bekerja keras mencapai target seperti yang kini tengah Anda kejar. Dengarkan saran mereka, dan pakailah saran tersebut. Bagi orang yang telah mencapainya lebih dulu, mereka tentu dapat memberikan saran terbaik yang berguna, dan ini dapat meningkatkan motivasi Anda.

Selain itu, bantulah orang lain yang sama-sama sedang berusaha meraih goal yang sama. Ketika Anda mengetahui bahwa orang lain bergantung kepada Anda, Anda sendiri akan lebih termotivasi lagi.

7. Visualisasi dan bayangkan goal Anda

Ketika Anda mampu ‘melihat’ goal Anda menjadi kenyataan, serta membayangkan hasil yang Anda peroleh, maka itu meningkatkan motivasi.

Anda mungkin dapat lebih termotivasi dengan bantuan visual dari apa yang sedang Anda kejar. Buatlah setiap saat Anda dapat membayangkan goal Anda dalam pikiran. Anda dapat menjaga motivasi tetap tinggi.

8. Beri penghargaan dan hadiah untuk diri sendiri

Menjaga motivasi tetap tinggi, akan lebih mudah bila Anda meluangkan waktu untuk memberi penghargaan atau hadiah pada diri sendiri pada saat Anda sampai pada pencapaian tertentu.

Seperti misalnya, bila Anda sedang mengejar target untuk membentuk tubuh, Anda mungkin dapat membeli sepatu baru atau mungkin satu alat olahraga yang baru.

Merasakan suatu hal yang menyenangkan sepanjang perjalanan meraih tujuan, akan membuat Anda tetap termotivasi.

9. Buatlah goal-goal kecil, dan rehatlah sejenak

Tidak perduli Anda sedang mengumpulkan uang untuk membeli rumah baru, atau pun sedang merubah pola makan untuk menurunkan berat badan, Anda selalu dapat membuat target-target untuk dicapai. Ketika satu target kecil tercapai, rehatlah beberapa saat.

Dengan membagi goal besar, menjadi target-target yang lebih kecil, maka Anda tidak akan merasa begitu terbebani. Selain itu, target kecil terasa jauh lebih mudah untuk dicapai. Melalui pencapaian-pencapai kecil itu pada akhirnya hasilnya akan sama, yaitu goal terbesar Anda.

Satu selalu mesti diingat, bahwa meraih impian, tidak terjadi dalam semalam. Jika Anda merasa frustasi dalam meraihnya, cobalah untuk memperhitungkan kembali goal yang telah Anda buat.

10. Temukan partner

Tujuan dan impian, memang dapat diraih jika Anda memiliki motivasi diri yang kuat. Tapi seringkali motivasi dari diri sendiri tidaklah cukup membuat Anda tetap bersemangat.

Karena itu, carilah partner. Temukan orang lain yang dapat membantu Anda, paling tidak mengingatkan Anda agar tetap berada pada jalur yang tepat. Apalagi jika Anda beruntung memiliki partner yang juga tengah mengejar goal yang sama, dengan begitu Anda dapat saling memotivasi satu sama lain.

Nah, itulah 10 tips agar Anda tetap termotivasi sepanjang perjalanan meraih impian dan tujuan Anda. Sukses untuk kita semua.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here