5 Cara Menghadapi Anak yang Malas Belajar

ERUDISI.com – Sebagai orang tua pasti kita bingung tentang memikirkan cara agar anak mau belajar sudah dipaksa pun juga tidak membuahkan hasil, apalagi jika anak

Arga Fica

5 Cara Menghadapi Anak yang Malas Belajar foto:(pexels)
5 Cara Menghadapi Anak yang Malas Belajar foto:(pexels)

ERUDISI.com – Sebagai orang tua pasti kita bingung tentang memikirkan sudah dipaksa pun juga tidak membuahkan hasil, apalagi jika anak sudah mau duduk di bangku sekolah namun dan belum bisa menghitung dan membaca pasti kita pusing memikirkan nya.

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak termasuk pendidikan namun bagaimana jika dan apa yang bisa dilakukan oleh orang tua? Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk .

:

1. Hindari Memarahi Anak

Saat belajar dengan anak sebagai orang tua yang perlu kita persiapkan adalah kesabaran yang besar apalagi jika anak masih berusia antara 6-7 tahunan maka kita harus memiliki kesabaran yang ekstra, sebab anak yang berumur 6-7 tahun masih harus belajar mengenal angka dan juga membaca.

Dalam proses pembelajaran anak seringkali tidak bisa langsung paham dengan materi yang telah kita ajarkan dan sering lupa karena belum paham, untuk itu kita perlu ketelatenan dalam mengajari anak dan jangan pernah memarahi dan membentak anak saat belajar karena itu dapat menjadikan anak jera belajar dengan orang tua.

2. Membuat Suasana Seru Saat Belajar

Kita sebagai orang tua harus pandai-pandai memikirkan cara agar anak mau belajar dengan kita salah satunya dengan cara membuat suasana seru saat belajar agar anak tidak merasa bosan dan tegang.

Hal yang dapat kita lakukan adalah mengubah gaya penyampaian kita dalam mengajari anak saat belajar, misalnya saja dalam menghafalkan huruf dan angka kita bisa memakai atau menjadikanya lirik lagu agar mudah diingat oleh anak dan hal tersebut akan terasa lebih seru dan menjadikan anak untuk semangat belajar karena sama seperti belajar sambil bermain.

3. Jangan Pelit Pujian

Berikanlah apresiasi kecil kepada anak setiap dia belajar dengan cara memberikan pujian kecil misalnya wah kamu sangat pandai karena pujian tersebut dapat membangkitkan semangat belajar anak.

Umumnya anak-anak memang merasa senang saat dirinya dipuji oleh orang tuanya selain merasa seperti diperhatikan juga karena dia merasa bahwa dirinya telah mampu melakukan yang terbaik untuk dirinya dan orang tuanya.

4. Berikanlah Hadiah

Agar anak semakin semangat dalam belajar setelah belajar alangkah baiknya jika kita menyiapkan sesuatu yang spesial untuknya sebagai pengobat lelah setelah selesai belajar, seperti camilan kesukaan anak dan juga penawaran lainnya yang telah disepakati oleh orang tua dan anak misalnya setelah selesai belajar boleh main ponsel sebentar.

Hal tersebut dapat membuat anak semakin semangat dalam belajar dan anak selalu berusaha berlatih dengan bersungguh-sungguh pada setiap pelajaran yang tersedia karena anak tidak sabar ada hadiah yang menantinya.

5. Memotivasi Anak

Ketika anak merasa bosan dan lelah karena pelajaran yang belum bisa dia kuasai maka kita sebagai orang tua harus bisa memotivasi anak agar anak tidak patah semangat dan mau terus belajar.

Sebagai orang tua selain mendampingi anak kita juga harus bisa mendukung dan membimbing anak kita di setiap langkahnya, jika anak mengalami kesulitan maka orang tua harus membantu anak mengatasi kesulitan tersebut termasuk mendampingi anak dalam proses belajar nya.

Jika anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pelajaran maka kita dapat membantu anak dalam menjawabnya dengan cara memberikan pemahaman yang kita ketahui kepada anak terkait tentang soal yang dianggapnya sulit tersebut guna dapat memperoleh jawaban.

Cobalah menerapkan beberapa cara tersebut pada saat proses mengajar anak, agar anak-anak semangat dalam belajar hingga menganggap bahwa belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan.

 

 

Related Post