3 Daftar Utama Penentu Lolos Wawancara Kerja

Banyak calon karyawan yang gagal pada tahap seleksi, bahkan banyak fresh graduate yang memiliki IPK tinggi tidak lulus seleksi karyawan. Apa sebenarnya yang dicari oleh HRD perusahaan?

Berikut, 3 poin utama yang menentukan lolos tidaknya dalam proses seleksi karyawan.

1. Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik. Pengalaman sangat penting karena dapat membentuk karakter seseorang, berkat pengalaman kita bisa lebih profesional. Pengalaman mengajarkan praktik dan teori secara bersamaan. Ini terbukti dengan banyaknya pengusaha sukses yang tidak memiliki pendidikan tinggi.

Karena itu, pengalaman diperlukan saat Anda melamar kerja di sebuah perusahaan. Jika posisi lowongan yang anda dambakan adalah manajer, minimal anda perlu memiliki pengalaman selama 3 tahun di bidang yang sama, agar diperhitungkan oleh pewawancara.

2. Komunikasi

Dari pola komunikasi seorang calon karyawan, penyeleksi dapat menebak karakter calon karyawannya. Apakah dia seorang pembual yang banyak bicara tanpa hasil dan lain sebagainya. Bagi anda yang sedang mempersiapkan diri untuk wawancara kerja, sediakan kalimat yang akan anda katakan secara tepat. Pastikan kalimat adalah kalimat terbaik. Apapun yang diutarakan dapat mencerminkan informasi dan mutu diri anda. Karena komunikasi pada saat wawancara adalah “first impression” yang sangat berarti.

3. Penampilan

Pernahkah anda melihat drama Korea Alice In Cheongdamdong? Pemeran utama drama Korea tersebut adalah seorang wanita yang pandai berbebahasa Perancis. Ia mencoba melamar pekerjaan sebagai desainer di salah satu perusahaan fashion, namun ada satu hal yang membuat pewawancara tidak tertarik, yaitu penampilan. Karena yang ia kenakan tidak sedikitpun mencerminkan seorang desainer.

Dari cerita singkat tersebut, kita bisa mengambil pelajaran berharganya, bahwa penampilan adalah faktor penting sebagai penunjang karir. Kekurangan kita bahkan bisa tertutupi dengan penampilan dan sikap yang baik.

Itulah 3 poin utama (syarat) yang perlu anda ketahui. Dengan fokus pada ketiga hal tersebut, peluang Anda diterima bekerja tentu akan lebih terbuka. Good Luck!

Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.