3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Terjadi Kebakaran

Saat terjadi kebakaran, banyak sekali orang-orang yang melakukan hal-hal berbahaya yang sebenarnya tidak boleh dilakukan demi keselamatan.

Berikut adalah 3 hal yang tidak boleh anda lakukan saat ketika terjadi kebakaran.

1. Memaksakan diri masuk ke dalam rumah yang terbakar

Ketika terjadi kebakaran, biasanya pemilik rumah atau pemilik ruko akan coba memaksa masuk ke dalam bangunan yang sudah terbakar. Padahal bangunan yang sudah terbakar struktur bangunannya mudah rapuh dan mudah runtuh, baik itu berupa bangunan dari kayu apalagi bangunan dari beton.

Jika Anda memaksakan diri untuk masuk dengan tujuan menyelamatkan barang-barang berharga Anda, dikhawatirkan gedung akan runtuh dan Anda terjebak dalam kobaran api. Tentunya hal tersebut akan sangat berbahaya bagi diri anda.

2. Panik

Apakah kita akan panik ketika terjadi musibah kebakaran? Jawabanya adalah “iya”, tapi jika ada pertanyaan, bolehkah kita panik saat terjadi kebakaran? Jawabannya “tidak”. Karena kepanikan tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan biasanya hanya membuat masalah jadi lebih buruk.

Bila panik, kita tidak bisa berpikir secara jernih dan logis untuk mencari solusi dari sebuah permasalahan. Oleh karena itu saat terjadi kebakaran, tenangkan diri Anda dan berpikir logis apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi kebakaran ini.

Jangan mencoba memadamkan api dengan berjibaku sendirian, cobalah meminta bantuan warga terdekat agar membantu anda untuk memadamkan kebakaran. Setelah itu, segera panggil pemadam kebakaran untuk membantu memadamkan kebakaran tersebut.

3. Berkerumun dan menonton kejadian

Indonesia itu masyarakatnya unik, karena setiap ada kejadian, baik itu kejadian bencana, kecelakaan, terorisme, ataupun hal-hal baru lainnya, orang-orang akan berkerumun dan ikut menonton.

Sebenarnya hal ini sangat berbahaya dilakukan saat terjadi kebakaran, karena kita tidak tahu akan merambat ke mana api yang sedang menyala membakar rumah tersebut. Kita juga tidak tahu apakah di dalamnya ada tabung gas yang siap untuk meledak.

Selain itu dengan berkerumun menonton kebakaran, juga akan menyulitkan proses evakuasi serta menyulitkan pula mobil pemadam kebakaran masuk ke lokasi.