3 Jenis Tanaman Penambah Penghasilan yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Kemajuan zaman menuntut kita untuk lebih kreatif dalam mencari penghasilan. Dengan semakin bertambahnya kebutuhan hidup, terkadang penghasilan dari pekerjaan utama saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika anda memiliki pekarangan rumah yang cukup luas, kenapa tidak mencoba menanam tanaman budidaya untuk membantu sumber penghasilan tambahan?

Berikut ini adalah tiga jenis tanaman yang bisa anda tanam di halaman rumah sebagai penambah penghasilan anda.

1. Cengkih

Tanaman cengkih bisa anda tanam di sekitar halaman rumah. Cengkih sudah akan mulai berbuah ketika berusia 6 tahun. Cengkih sendiri adalah tanaman yang berbuah satu kali dalam satu tahun, namun karena harganya yang lumayan tinggi, tanaman ini bisa anda jadikan sebagai tanaman penambah penghasilan.

Harga cengkih per kilo bisa mencapai Rp 30.000 dan untuk satu pohon cengkih yang sudah mulai produktif bisa menghasilkan 5 hingga 50 kg. Kita bisa menanam 5-10 tanaman cengkih ini di sekitaran rumah.

Tanaman cengkih sendiri tidak memerlukan penanganan atau perawatan khusus yang memerlukan banyak biaya. Tanaman ini hanya membutuhkan pemupukan satu tahun sekali setelah panen agar hasil panen di tahun berikutnya bisa meningkat.

2. Kopi coklat / kakao

Masyarakat Indonesia sangat suka mengonsumsi coklat. Mungkin ini lah yang membuat mahalnya harga bahan dasar coklat, yaitu biji kopi coklat atau sering dikenal dengan sebutan biji kakao.

Tanaman ini sebenarnya sangat mudah dibudidayakan di sekitar rumah kita karena tidak memerlukan perawatan khusus.

Tanaman kakao hanya perlu pemangkasan setiap minggu, yaitu pemangkasan tunas-tunas muda yang tumbuh pada pohon utama Kakao. Harga biji kakao ini bisa mencapai Rp 24.000 per kilogram, padahal satu tanaman bisa menghasilkan 1kg buah kakao per minggu. Biasanya 7 butir buah kakao akan menghasilkan 1kg biji kakao kering.

Tanaman ini juga tidak mengenal musim dan akan terus berbuah sepanjang tahun. Tanaman kakao akan mulai berbuah di usia 4 tahun. Karena itu, menanam kakao bisa jadi pertimbangan anda untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber penghasilan tambahan.

3. Pisang

Pisang adalah tanaman multifungsi yang bisa kita jadikan sebagai bahan makanan olahan mulai dari kue, kolak, gorengan dan lain sebagainya. Daun pisang juga sering digunakan sebagai alat pembungkus kue, pepes ikan dan lain sebagainya.

Harga buah pisang di pasaran juga lumayan mahal. Oleh karena itu masyarakat pedesaan biasanya menanam tanaman pisang di sekitar rumahnya sebagai tanaman alternatif penambah penghasilan.

Tanaman ini hanya berbuah sekali dalam hidupnya, namun jangan khawatir karena ketika tanaman pisang tersebut sudah berbuah, kemudian pohon tersebut kita pangkas, akan tumbuh tunas baru yang akan menjadi tanaman pisang baru. Oleh karena itu ketika kita menanam pisang. Kita hanya cukup menanamnya sekali, kemudian dia akan tumbuh berkali-kali selama tunas-tunasnya tidak kita buang.

Bagaimana tertarik mulai membudidayakan pekarangan rumah Anda?