3 Tanda Anda Harus ke Dokter Setelah Mengalami Luka Tersayat

Ada hal yang harus Anda perhatikan setelah mengalami luka karena benda tajam. Salah satu yang seringkali diabaikan adalah tidak segera ke dokter setelah mengalami ada hal yang tidak beres. Biasanya menunggu 1-2 hari dan setelah merasakan sakit yang bertambah.

Apa saja tanda-tanda harus ke dokter setelah mengalami luka sayatan?

1. Luka Tidak Menutup

Luka jari terpotong pisau yang telah diobati selama beberapa hati terakhir tidak segera menutup dan justru menjadi semakin terbuka patut Anda waspadai. Ada beberapa kemungkinan mengapa luka tersebut masih terbuka. Salah satu kemungkinannya adalah kekurangan sel darah putih yang memiliki tugas untuk membangun jaringan sel.

Jika luka Anda tidak membaik dan justru semakin parah, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Karena apabila didiamkan saja nantinya akan menjadi semakin parah dan penangannya bisa jadi tambah lama.

2. Ada Tanda-Tanda Infeksi

Anda mungkin sudah melakukan penanganan dan perawatan luka secara benar. Akan tetapi, semua itu tidak bisa menjadi jaminan bahwa Anda mengalami infeksi meskipun persentasenya sangat kecil. Apabila luka tersebut mengalami kemerahan di bagian sisi dan terasa nyeri ketika disentuh, Anda perlu waspada.

Pasalnya tanda-tanda tadi merupakan tanda awal bahwa luka tersebut mengalami infeksi oleh bakteri. Segeralah ke dokter dan jelaskan secara detail permasalahan yang Anda alami. Pada kasus ini termasuk menjelaskan obat luka tidak lengket di kasa yang pernah digunakan.

Jangan sampai luka tersebut mengeluarkan nanah dan baru Anda bawa ke dokter.Hal ini justru menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres pada luka tadi dan perlu penanganan lebih lanjut.

3. Luka Terlalu Dalam dan Sekitarnya Cukup Kotor

Apabila Anda terkena sayatan benda tajam dan lukanya terlalu dalam, sebaiknya langsung pergi ke dokter. Terlebih apabila luka tersebut tidak berhenti mengeluarkan darah meskipun telah dilakukan pertolongan pertama.

Ditambah lagi apabila daerah di sekitar luka maupun yang terluka terdapat banyak kotoran. Jika Anda tidak bisa membersihkannya sendiri, jangan terlalu dipaksa karena bisa membuat luka menjadi lebih parah. Jangan sesekali menunggu terlalu lama apabila lukanya cukup parah karena akan berakibat buruk bagi tubuh Anda.

Penutup

Nah, itulah beberapa hal pertanda yang bisa menjadi wawasan untuk kita semua. Jika Anda banyak kesibukan atau belum sempat untuk mengunjungi dokter setempat, Anda bisa mengunjungi situs Platform kesehatan di https://goapotik.com/ untuk mendapatkan sekilas informasi penting yang Anda butuhkan.