3 Tipikal Dosen yang Harus Kamu Ketahui

Di dunia kampus kita sering mengenal istilah dosen killer atau dosen yang sulitnya minta ampun dalam memberikan nilai maupun saat bimbingan skripsi. Sebenarnya istilah dosen killer itu bisa berbeda antara mahasiswa satu dan mahasiswa lainnya.

Karena terkadang dosen itu sulit untuk memberikan nilai karena memang mahasiswa tersebut belum pantas untuk mendapatkannya. Sehingga dosen itu irit sekali ketika memberikan nilai kepada mahasiswanya. Bahkan ada dosen yang meremidi satu kelas mahasiswa karena tidak melakukan salah satu tugas akhir mereka. Memang dosen memiliki hak prerogatif untuk hal itu.

Sebenarnya kita bisa menyiasati hal tersebut jika mengetahui tipikal dari masing-masing dosen. Dan di bawah ini adalah tipikal dosen yang harus Anda ketahui.

Dosen tipe Otoritarian. Dosen ini bersifat sangat otoriter. Biasa semaunya sendiri dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dosen seperti ini biasanya tidak memberikan kebebasan mahasiswanya untuk berpendapat. Dalam melakukan tugasnya sebagai pengajar juga bersifat keras dan kaku.

Agar kamu bisa sukses menghadapi tipikal dosen seperti ini, sebaiknya anda tidak banyak membantah. Ikuti saja perintah dan kerjakan tugas yang diberikan itu, lebih aman bagi anda.

Dosen tipe Laissezfaire. Dosen tipikal ini biasanya mementingkan kepentingan dirinya sendiri dan sering mengubah kegiatan proses belajar mengajar secara tiba-tiba. Biasanya sering terjadi pertengakaran antara mahasiswa dengan dosen ini. Sebetulnya hal itu akan sangat merugikan bagi pihak mahasiswa. Karena dosen tipe ini tidak segan untuk meremidi anda yang tidak mau mengikuti aturan yang dia buat.

Memang agak sulit mengikuti dosen ini karena model dan cara pengajarannya yang berubah sewaktu-waktu. Akan tetapi jika anda telah mengetahui jika dosen anda memiliki karakter seperti ini sebaiknya anda ikuti saja karena hal itu lebih aman bagi anda.

Dosen Demokratis. Dosen tipikal ini diperebutkan oleh para mahasiswanya dan sangat beruntung sekali jika anda mendapatkan dosen seperti ini. Saya sering tidak mendapatkan kesempatan untuk mendapat dosen seperti ini. Karena biasanya kelas dosen yang bersifat demokratis ini sudah penuh diambil oleh mahasiswa-mahasiswa yang mengambil posisi lebih cepat. Ibarat kata, dosen ini adalah idamannya mahasiswa. Dosen ini diperebutkan karena dia sangat demokratis, suka bekerja sama dengan mahasiswa-mahasiswanya dan mau memberikan peluang dan kebebasan berpikir kepada para mahasiswa.

Jika anda menemui dosen tipe ini sebaiknya anda aktif di dalam kelas dengan memberikan opini dan pandangan anda dalam setiap sesi diskusi. Karena dosen tipe ini tidak segan memberikan nilai tambahan bagi mahasiswa yang aktif.

Bagaimana? Sudah mengetahui tipikal dosen-dosen Anda?