30 Istilah Internet untuk Pemula (Bagian 2)

Ini adalah artikel lanjutan dari bagian 1

11. Chatting / Texting

Texting adalah singkatan dari ‘text messaging’, yaitu mengirimkan pesan tulisan singkat secara elektronis, biasanya dilakukan melalui sebuah perangkat mobile seperti telepon seluler atau perangkat mobile lainnya.

[quote_box_left]Sejak tahun 2010-an, muncul istilah plesetan kontroversial dari istilah ‘texting’, yaitu ‘sexting’, di mana orang-orang (biasanya anak-anak muda), saling bertukar foto-foto seksi mereka satu sama lain melalui telepon genggam.[/quote_box_left]

Texting sangat populer bagi pengguna mobile atau bagi mereka yang sedang berada jauh dari komputer desktop. Texting, hampir mirip seperti pager yang sudah tinggal sejarah, namun dengan kemampuan menaruh attachment seperti layaknya sebuah email.

Untuk mengirimkan pesan teks, Anda melakukannya melalui keyboard yang ada di telepon seluler serta layanan yang disediakan oleh provider. Alamat tujuan pesan teks Anda adalah nomor telepon selular si penerima.

12. I.M.

I.M. biasanya hanya ditulis IM (tanpa titik), adalah singkatan dari Instan Messaging atau diterjemahkan sebagai ‘pesan singkat’. Ini merupakan bentuk modern dari chatting online.

IM sama saja seperti texting, ataupun berkirim email. Untuk menggunakan IM, Anda menggunakan software yang bisa Anda install gratis di komputer. Melalui software tersebut, Anda kemudian akan ‘dipertemukan’ dengan ribuan pengguna IM lainnya melalui internet. Anda dapat menemukan teman baru dengan mencari nickname IM (nama panggilan) mereka.

Sekali Anda terhubung dan berada pada daftar pengguna yang sama, kemudian Anda bisa mengirimkan pesan secara instan (cepat) satu sama lain, dengan tambahan menyertakan link atau file jika mau. Karena penerima langsung membaca pesan Anda, maka ia dapat langsung membalas pesan saat itu juga, akhirnya terjadilah percakapan dua arah yang cepat.

13. Keyword dan Tags / Label

Keyword atau katakunci, adalah istilah pencarian untuk menemukan suatu dokumen atau halaman. Keyword bisa terdiri dari hanya satu kata sampai lima kata atau lebih, atau biasa disebut dengan longtail keyword.

Contoh keyword misalnya ‘cara menjual barang online’, ‘tips menggunakan internet’, dan seterusnya.

Nah, keyword ini lah yang menjadi dasar dari penyusunan katalog halaman web. Atau singkatnya, dengan itulah Anda dan saya dapat menemukan segala sesuatunya di web.

Sedangkan tags (juga kadang disebut ‘label’), adalah rekomendasi keyword, atau katakunci yang direkomendasikan. Tags atau label sendiri, lebih dimaksudkan untuk saling menghubungkan antar konten web.

14. D******d

D******d atau mengunduh adalah istilah yang secara luas ketika Anda membuat kopi dari apapun yang Anda temukan di internet atau world wide web. Biasanya d******d berhubungan dengan musik, lagu, gambar dan file aplikasi.

[quote_box_right]Hati-hati!
Kegiatan d******d itu sendiri adalah legal, selama Anda berhati-hati untuk tidak mengunduh file yang melanggar hak cipta, seperti musik aplikasi bajakan.[/quote_box_right]

Semakin besar file yang diunduh, semakin lama waktu yang Anda butuhkan. Terkadang untuk mendownload satu file dapat memakan waktu hingga 15 jam, tergantung dari kecepatan koneksi internet Anda.

15. Router (atau Network Router)

Sebuah router, atau seringkali, gabungan antara sebuah router dan modem, adalah sebuah perangkat keras yang bertindak sebagai pengatur lalu lintas sinyal jaringan di rumah Anda.

Router yang Anda gunakan juga berperan sebagai penangkal hacker, selain fungsi pengalihan lalu lintas data untuk menentukan komputer atau printer mana yang ‘berhak’ menerima sinyal yang mana. Jika router atau router-modem Anda dikonfigurasi dengan benar, maka akses internet Anda akan cepat, juga mencegah serangan hacker.

16. Malware

Singkatan dari ‘malicious software’, yang berarti perangkat lunak jahat atau berbahaya yang dibuat oleh hacker. Jenis malware sendiri meliputi: virus, trojan, ratware, keylogger, program zombie, atau setiap software lainnya yang bertujuan melakukan 1 dari 4 kemungkinan berikut:

  • Merusak komputer Anda dengan beragam cara
  • Mencuri informasi pribadi
  • Mengambil alih komputer Anda dari jarak jauh (membuat komputer Anda seperti zombie).
  • Memanipulasi Anda dengan berbagai cara agar membeli sesuatu.

Malware bisa diibaratkan seperti bom waktu yang bisa menyerang komputer Anda kapan saja, dan ia dibuat oleh programmer jahat yang tidak bertanggung jawab.

17. E-commerce

Singkatan dari ‘electronic commerce’ atau perdagangan elektronis, lebih tepatnya adalah transaksi penjualan dan pembelian yang dilakukan secara online. Setiap hari, jutaan dolar transaksi terjadi melalui web.

E-commerce adalah ketika perusahaan tempat Anda bekerja membeli bahan-bahan produksi dari perusahaan lain (business to business: B2B E-commerce). Atau ketika Anda membeli sebagai pelanggan ritel dari sebuah perusahaan online (business to customer: B2C E-commerce).

E-commerce dapat berjalan baik karena privasi pribadi dapat dijamin melalui teknologi keamanan (seperti https), dan karena dunia bisnis modern menganggap internet sebagai media transaksi.

18. Social engineering

Ini merujuk pada para penipu yang berbicara secara langsung kepada calon korbannya, dengan berbagai cara dengan tujuan korban akan memberikan informasi pribadi seperti password atau informasi lainnya.

Dalam melakukan aksinya, semua metode social engineering menggunakan teknik ‘penyamaran’ atau teknik phising, yang dibuat sedemikian rupa sehingga Anda merasa bahwa penipu sebagai ‘teman’ atau otoritas resmi yang terpercaya.

Penipu bisa menggunakan email, panggilan telepon, bahkan interview tatap muka untuk mengelabui Anda. Metode social engineering yang umum digunakan meliputi, kartu ucapan selamat, pengumuman pemenang lotere palsu, investasi saham abal-abal, peringatan dari sebuah bank atau penyedia kartu kredit yang bertindak seolah-olah ingin melindungi Anda dari kejahatan.

19. Bookmark

Bookmark (atau ‘favorite’) adalah sebuah tanda yang bisa Anda tempatkan di sebuah halaman web atau file. Anda melakukan bookmark, karena Anda mungkin:

  • Ingin kembali lagi nanti ke halaman tersebut
  • Ingin menyarankan halaman tersebut kepada orang lain

Mem-bookmark sebuah halaman web dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan sekali klik pada tombol bookmark di browser Anda, atau biasanya bisa menggunakan tombol Ctrl+D.

20. P2P

Singkatan dari ‘peer to peer’. Yaitu aktivitas berbagi file di internet yang sangat luas digunakan saat ini. P2P adalah pertukaran file antar ribuan pengguna komputer pribadi satu sama lain. Untuk melakukannya pengguna cukup memasang suatu software, kemudian dengan sukarela saling bertukar file ke pengguna lainnya, seperti musik, video, ebook, aplikasi dan hampir semua file apapun.

Melalui proses ‘mengunggah’ dan ‘mengunduh’ file, pengguna saling bertukar file mulai seukuran 1MB sampai 5GB! Aktivitas ini pada dasarnya adalah legal, namun belakangan sering terjadi kontroversi karena ada ribuan lagu dan film berhak cipta dipertukarkan secara bebas melalui P2P. Itulah teknologi, siapa bisa mencegah?

Ok, nanti kita lanjutkan pada bagian 3, dari daftar 30 istilah internet bagi pemula.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here