30 Istilah Internet untuk Pemula (Bagian 3)

Ini adalah artikel lanjutan dari Bagian 2.

21. Apps dan Applets

Apps atau applets adalah sebuah aplikasi berukuran kecil. Ia didesain agar ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan software pada umumnya, sementara tetap memberi manfaat yang sangat berguna. Saat ini, apps dan applets menjadi sangat populer dengan telepon selular atau gadget mobile lainnya, terutama sekali pada IPhone dan smartphone Google Android.

Contoh dari apps, misalnya: pencari lokasi restoran, video games mini, penerjemah untuk keperluan traveling, dan sebagainya.

22. Addons dan Plugin

Addons adalah sebuah modifikasi pada software sesuai kebutuhan. Dengan kata lain, dengan menambahkan addons, kita bisa memodifikasi suatu fitur atau fungsi dari sebuah software atau aplikasi. Misalnya, Anda bisa menambahkan addons untuk meningkatkan kegunaan dari browser atau program perkantoran Anda.

Contohnya: Toolbar Google Publisher Adsense, tool keamanan, dan sebagainya. Kebanyakan addons bisa didapat dengan gratis dan bisa diunduh langsung dari website pembuatnya.

Nah, sedangkan plugin, adalah sebuah addons khusus, yang biasanya dibutuhkan browser web Anda agar bekerja sesuai yang Anda butuhkan. Contohnya seperti: Adobe Flash atau Shockwave Player, Adobe Acrobat Reader dan sebagainya.

23. Enkripsi (Encryption) dan Otentikasi (Authentication)

Mudahnya, enkripsi adalah sebuah cara mengacak data secara matematis, sehingga data tersebut tidak bisa ‘diintip’ oleh orang yang tidak berhak. Tentu saja, enkripsi menggunakan formula matematika yang sangat kompleks, sehingga data menjadi seperti tidak berguna, dan hanya mereka yang berhak yang dapat menyusunnya kembali menjadi data yang sebenarnya.

Enkripsi ini lah yang menjadi landasan bagaimana kita menggunakan internet (yang merupakan jaringan publik), sebagai media transaksi bisnis yang bisa diandalkan, seperti misalnya online banking, pembelian dengan kartu kredit dan sebagainya.

Otentikasi, juga terkait erat dengan enkripsi tadi. Dengan kata lain, otentikasi adalah proses ‘rumit’ bagaimana sistem komputer mengenali dan membuktikan bahwa ‘Anda’ adalah ‘orang yang Anda akui sebagai dirinya’.

24. Phising

Phising, merupakan salah satu cara menipu Anda, dengan tujuan mendapat informasi akun pribadi Anda. Phising, dilakukan melalui email ataupun halaman web palsu, yang memancing Anda untuk mengetikkan informasi pribadi seperti password dan pin.

Phising bisa muncul dalam berbagai bentuk, seperti misalnya pesan peringatan dari PayPal, atau halaman login online banking palsu dan sebagainya.

Metode phising, masih saja dilakukan sampai saat ini, dan nyatanya banyak memakan korban bagi mereka yang tidak memperhatikan hal-hal penting, seperti alamat pada address bar di browser, alamat alamat pengirim email.

25. Trojan

Trojan merupakan program ‘jahat’ yang mengandalkan Anda, sebagai pengguna, untuk menjalankan dan mengaktifkannya. Diberi nama dari cerita legendaris tentang pasukan kuda troya (trojan horse), ia tampil seolah-olah sebagai aplikasi legal dan tidak berbahaya.

Kadang ia berbentuk sebagai file video, atau bahkan mungkin sebuah installer yang mengaku sebagai software anti-hacker.

Kekuatan dari serangan trojan adalah datang pengguna yang dengan naif, mengunduh dan menjalankannya di komputer mereka sendiri.

26. Firewall

Tembok api, ya itu terjemahannya, merupakan istilah umum yang merujuk pada perlindungan sistem komputer dari serangan yang merusak. Kata firewall sendiri diambil dari istilah kontruksi gedung, yaitu tembok yang berfungsi untuk mencegah penyebaran api jika terjadi kebakaran.

Dalam dunia komputer, firewall, berarti Anda memiliki software (perangkat lunak) dan atau hardware (perangkat keras) untuk melindungi komputer Anda dari hacker dan virus.

Firewall komputer, bervariasi mulai dari sebuah paket anti-virus, sampai solusi software dan hardware mahal, yang tentu saja berbeda tujuan dan penggunaannya sesuai kebutuhan. Namun, semuanya memiliki fungsi yang sama, yaitu menjaga komputer tetap aman dari serangan hacker, virus atau pengambil-alihan sistem Anda.

27. Spamming dan Filtering

Kata spam itu sendiri memiliki dua arti:
1. Spam dapat berarti ‘pengulangan terlalu cepat pada perintah melalui keyboard’. Namun, secara umum:
2. Spam adalah istilah yang merujuk pada email sampah atau email yang tidak Anda inginkan untuk menerimanya.

Lalu istilah spam ini juga meluas lagi, termasuk misalnya komentar pada blog yang tidak semestinya, atau posting pada media sosial yang dilakukan secara berulang-ulang namun tidak relevan dengan topik pembahasannya. Jadi bisa dikatakan, spam adalah segala hal yang ‘tidak diinginkan’ dan mengganggu orang lain.

Pada umumnya, spam terbagi menjadi dua kelompok tujuan: berupa iklan masif dan terus-menerus, dan usaha menipu Anda untuk memberikan informasi pribadi atau melakukan sesuatu yang menguntungkan pengirim spam.

Sebaliknya,filtering, adalah cara paling populer (namun kurang efektif) untuk menangkal spam. Filtering (penyaringan) menggunakan software yang bisa membaca isi email masuk Anda, lalu berusaha mengenali kombinasi-kombinasi kata-kata kunci tertentu, kemudian menandainya jika dianggap sebagai spam.

Coba buka folder ‘junk’ atau ‘spam’ di email Anda untuk melihat spam.

28. Cloud Computing

Jamak diterjemahkan dengan ‘komputasi awan’. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan bahwa software Anda ‘online’ dan ‘dipinjam’ (disewa?), alih-alih Anda membeli dan menginstallnya langsung di komputer Anda.

Email berbasis web, adalah salah satu contoh kongkrit dari komputasi awan: semua email pengguna disimpan dan diakses melalui ‘awan internet’, tidak benar-benar berada di komputer Anda sendiri.

Sebagai bagian dari komputasi awan, adalah jargon bahwa ‘software as a service (SaaS)’ atau software adalah sebuah layanan. Dan diklaim bahwa orang-orang lebih suka menyewa dan menggunakannya secara online, alih-alih membeli dan memasang di komputer mereka sendiri.

Lalu dengan browser web, pengguna mengakses internet, login ke akun mereka, dan menggunakan software yang disewa tersebut dari awan internet.

29. Archive (Arsip)

Istilah arsip pada komputer memiliki dua arti: sebuah file terkompresi yang berisi banyak file dengan ukuran lebih kecil, dan kumpulan file lama yang masih berguna namun jarang digunakan. Dan dalam beberapa hal, arsip dapat berarti keduanya.

30. Ports

‘Networks Port’ adalah ribuan ‘jalur elektronis’ kecil yang membentuk koneksi jaringan komputer. Setiap komputer memiliki 65.536 port, sebagai jalur keluar masuknya data antar jaringan.

Dengan menggunakan tool managemen port seperti router misalnya, pengguna dapat mengatur akses port untuk melindungi dari serangan hacker dengan lebih baik.


 

Nah, itulah 30 istilah internet yang penting bagi pemula, yang terbagi menjadi 3 bagian artikel terpisah. Semoga dapat membantu Anda memahami lebih baik teknologi dan pemanfaatan internet demi untuk tujuan yang bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here