4 Destinasi yang Digunakan Traveller Sumatera Barat untuk Merayakan Malam Tahun Baru

Malam pergantian tahun atau sering disebut dengan malam tahun baru memang sering ditunggu–tunggu oleh kebanyakan orang. Biasanya malam tahun baru dirayakan dengan berpesta kembang api atau petasan, bakar ayam, ikan, jagung dan lain sebagainya. Tempatnyapun berbeda-beda ada yang merayakan malam tahun baru di depan rumah, jalanan, tepi pantai, maupun di puncak gunung. Bahkan juga ada yang merayakan dengan tidur setahun.

Jika anda berkunjung ke Sumatera Barat atau sedang berada di Sumatera Barat pada akhir tahun, apakah anda tahu tempat yang biasanya digunakan oleh traveller lokal untuk merayakan malam pergantian tahun? Berikut saya paparkan 4 destinasi yang digunakan traveller Sumatera Barat untuk merayakan malam tahun baru.

1. Puncak Gunung Marapi

Gunung Marapi

Tempat pertama yang paling banyak dikunjungi untuk merayakan malam pergantian tahun adalah di Gunung Marapi. Gunung Marapi ingat ya… Gunung Marapi bukan Merapi, kalo gunung Merapi itu di pulau Jawa. Gunung Marapi terletak di tiga daerah yaitu kabupaten Agam, Tanah Datar dan kota Padang Panjang. Jalur pendakian yang biasa digunakan adalah melalui jaur dari Koto Baru, Kab. Tanah Datar.

Di gunung yang memiliki ketinggian 2891 mdpl ini biasanya para pendaki merayakan malam tahun baru dengan baparang kambang api (perang Kembang api atau petasan). Disebut perang karena pendaki sering berbalas-balasan saat menghidupkan petasan. Biasanya traveller membeli petasan atau kembang api di pasar Koto Baru sebelum memulai mendaki atau ada juga yang membawa dari rumah. Selain baparang kambang api biasanya juga ada juga yang bakar ikan atau bersenda gurau dengan para pendaki lain. Di gunung Marapi anda juga bisa menikmati pemandangan malam kota Padang, Padang Panjang, dan kota Bukit tinggi. Di gunung yang masih aktif ini anda juga dapat menikmati indahnya gunung Singgalang. Apalagi dimalam pergantian tahun anda juga dapat menikmati pancaran kembang api yang berasal dari Gunung Singgalang

2. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai

Secara administrasi pemerintahan Pulau Sikuai terletak di kota Padang. Untuk mencapai pulau yang berada di sisi barat pulau Sumatera ini bisa dimulai dari pelabuhan Bungus, Kota Padang dengan menggunakan speed boot. Dari kota Padang diperlukan waktu sekitar 35 menit untuk menuju pulau yang juga memiliki hutan tropis ini menggunakan speed boot.

Sebelum malam tiba biasanya para traveller sering melakukan surfing, diving, berenang ataupun memancing ikan. Saat malam tiba, yang namanya malam tahun baru tak lepas dari pesta kembang api dan bakar-bakar. Di pulau yang tak lebih dari 44,4 hektar ini sudah disediakan pondok untuk penginapan. Bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya juga bisa untuk mendirikan tenda anda sendiri di tepi pantai.

3. Tepi Telaga Dewi Gunung Singgalang

Telaga DewiTelaga Dewi adalah sebuah telaga yang berada di puncak Gunung Singgalang. Telaga Dewi terbentuk dari bekas kawah gunung api, karena memang dulunya gunung Singgalang adalah gunung berapi dan sekarang sudah tidak aktif lagi. Untuk mendaki gunung yang bersebelahan dengan Gunung Marapi ini anda memulainya dari desa Pandai Sikek, kabupaten Tanah Datar.

Sama dengan gunung Marapi di Telaga Dewi ini anda juga bisa menikmati para pendaki lain yang sedang baparang kambang api. Sayangnya dari Telaga Dewi ini anda tidak bisa menikmati pendaki dari gunung Marapi baparang kambang api, tapi nggak usah kawatir anda tetap bisa menikmatinya dari cadas Gunung Singgalang. Jarak antara Cadas dengan Telaga Dewi hanya sekitar 10 menit perjalanan.

 

4. Gunung Talang

Gunung TalangGunung Talang merupakan gunung kedua di Sumatera Barat yang paling sering dan banyak didaki oleh pendaki di Sumatera Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 2597 mdpl ini berdiri kokoh di kabupaten Solok. Di puncak Gunung Talang ini ada sebuah danau yang terbentuk dari bekas kawah yang diberi nama Danau Talang.

Di gunung yang memiliki empat buah kawah ini anda juga masih bisa untuk baparang kambang api. Pada setiap malam minggu apalagi malam tahun baru gunung Talang ini bukan seperti gunung lagi, karena banyaknya pendaki yang datang untuk merayakan malam pergantian tahun.

Jadi apakah anda sudah menentukan kemana anda untuk merayakan malam tahun baru? Tapi anda harus ingat kemanapun anda pergi merayakan malam tahun baru jangan pernah sampai meninggalkan sampah dan jangan mengambil apapun selain foto.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here