4 Ibadah yang Hanya Ada di Bulan Syawal

Bulan Syawal adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia terutama umat muslim di Indonesia. Karena di bulan Syawal terdapat hari raya besar yaitu Idul Fitri. Selain perayaan lebaran, di bulan Syawal ada empat jenis ibadah yang hanya bisa dilakukan di bulan Syawal yaitu

1. Pelaksanaan zakat fitrah

Zakat fitrah dilakukan oleh setiap muslim dengan maksud untuk menyucikan diri setelah berpuasa penuh di bulan Ramadhan. Zakat fitrah biasa dilakukan ketika awal Ramadhan hingga detik-detik menuju bulan Syawal yaitu hari lebaran. Sedangkan zakat fitrah sendiri dilakukan satu kali selama satu tahun dan hanya dilakukan pada Ramadhan menuju bulan Syawal saja.

2. Pelaksanaan shalat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri adalah ibadah tahunan yang hanya bisa dilakukan pada bulan Syawal setelah masa bulan Ramadhan berakhir. Di negara kita indonesia orang-orang yang merantau ke kota rela jauh-jauh ke kampung halamannya untuk sholat Idul Fitri bersama keluarga dan anak-anaknya.

Sholat Idul Fitri adalah sholat yang dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Di Indonesia sendiri sholat Idul Fitri biasa dilakukan di lapangan maupun di masjid dan disiarkan langsung live di TV nasional. Tentunya hal ini akan membuat lebaran lebih meriah dan lebih hikmat.

3. Puasa sunnah 6 hari

Setelah sholat Idul Fitri di bulan Syawal terdapat sebuah puasa sunah yang di lakukan oleh umat muslim. Puasa sunah ini biasa dilakukan setelah hari raya Idul Fitri yang dilakukan selama 6 hari berturut-turut.

4. Silaturahim massal ala Indonesia

Di negara kita ada istilah syawalan yaitu kegiatan saling meminta maaf dan memberi maaf baik di lingkungan keluarga, tetangga dan seluruh sanak famili. Silaturahim massal ini dilakukan secara nasional sehingga sudah menjadi budaya dan tradisi masyarakat di Indonesia.

Oleh karena itu hanya di bulan Syawal inilah kesempatan kita untuk meminta maaf kepada orang-orang terdekat kita dan juga teman-teman kita tanpa adanya rasa malu dan risih karena didukung oleh budaya dan tradisi yang sudah berkembang selama bertahun-tahun lamanya.