4 Kebiasaan yang Dapat Merusak Mental

ERUDISI.com – Mental berkaitan dengan keadaan jiwa ataupun batin yang dimiliki oleh setiap orang dan setiap orang mempunyai mental yang berbeda-beda, ada yang memiliki mental

Arga Fica

4 Kebiasaan yang Dapat Merusak Mental foto:(pexels)
4 Kebiasaan yang Dapat Merusak Mental foto:(pexels)

ERUDISI.com – Mental berkaitan dengan keadaan jiwa ataupun batin yang dimiliki oleh setiap orang dan setiap orang mempunyai mental yang berbeda-beda, ada yang memiliki dan ada juga yang memiliki .

Kondisi mental seseorang dapat mempengaruhi cara berpikirnya dan juga tindakannya, banyak faktor yang bisa mempengaruhi mental seseorang bisa karena orang lain dan bisa saja karena diri sendiri.

Tanpa disadari tindakan yang biasa kita lakukan dan kita anggap biasa saja ternyata dapat kita loh, berikut ini adalah kebiasaan buruk bagi mental yang sering seseorang lakukan.

:

1. Menjadi Orang Tidak Enakan

Berhentilah menjadi orang yang tidak enakan demi menjaga perasaan orang lain, orang yang selalu mempunyai sifat tidak enakan kondisi mental nya selalu merasa tertekan karena mau menolak permintaan orang lain pasti tidak akan sanggup menolaknya sehingga tidak ada pilihan lain selain melakukan permintaan orang lain.

Jika kita memang tidak bisa atau tidak mau melakukan permintaan orang lain baiknya kita katakan yang sejujurnya dengan permintaan maaf juga berikan alasannya, jangan berusaha memenuhi permintaan ataupun perintah orang lain jika kita memang tidak bisa ataupun tidak ingin untuk melakukan nya karena tindakan tersebut dapat memberikan tekanan pada batin dan bisa membuat pikiran menjadi stress.

2. Suka Merendahkan Diri

Tidak meninggikan diri dihadapan orang lain memang baik tapi jangan sampai kita terlalu merendahkan diri hanya karena kita merasa tidak pantas ataupun menganggap bahwa diri kita berbeda dengan orang lain, karena tindakan seperti itu sama saja tidak menghargai diri sendiri.

Jika kita bertemu dengan seseorang yang mempunyai pendidikan yang tinggi serta orang yang mempunyai pekerjaan yang bagus dan gaji yang lumayan tinggi dari kita, tentu perasaan minder itu ada saat bertemu dengannya namun jangan sampai kita meremehkan diri sendiri hanya karena pekerjaan yang kita miliki nampak biasa saja.

Sehingga ketika kita bertemu dengan orang yang statusnya lebih tinggi, mental kita menjadi kecil dan melemah. Buanglah jauh-jauh pikiran yang seperti itu karena pikiran yang seperti itu dapat membuat seseorang mudah cemas dan kehilangan rasa percaya diri.

3. Sering Merasa Takut Dan Salah

Lakukan segala sesuatu dengan penuh rasa percaya diri dan tentunya harus dengan cermat dan teliti agar resiko tingkat kesalahan kecil dan jika menemukan kesalahan bisa langsung diperbaiki.

Jangan takut dengan kesalahan maupun kegagalan dalam memulai dan mengerjakan sesuatu karena kesalahan dan kegagalan merupakan hal yang wajar dan hal yang sering dijumpai saat sedang proses pengerjaan, bahkan orang yang mencoba untuk terus fokus pun terkadang tidak luput dari kesalahan.

Jika kita terus berpikiran takut salah dan gagal maka kita tidak akan bisa untuk segera memulainya dan memiliki pikiran seperti itu dapat membuat mental kita mudah lelah,cemas dan takut.

4. Sering Overthinking

Memikirkan segala sesuatu yang belum terjadi artinya sama saja dengan menakuti diri sendiri sehingga overthinking dapat membuat mental seseorang menjadi down dan rusak, untuk itu berhentilah mengawatirkan tentang hal-hal yang belum pasti terjadi karena overthinking dapat menyebabkan seseorang memiliki gangguan kecemasan hingga depresi.

Untuk itu hentikan kebiasaan tersebut agar kita memiliki mental yang sehat dan kuat, untuk memiliki mental yang kuat dan sehat harus dimulai dari dalam diri kita sendiri oleh karena itu marilah kita perlahan-lahan mengubah cara kebiasaan berpikir dan perilaku kita menjadi lebih baik lagi agar kita mempunyai mental yang sehat dan kuat.

Related Post