4 Strategi Dasar Menghadapi Persaingan di Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis tentu kita harus menetapkan strategi, agar bisnis bisa bertahan dan berkembang. Karena apapun jenis bisnisnya, maka pasti akan muncul para pesaing dalam bisnis yang Anda geluti.

Berikut adalah 4 strategi dasar yang mesti diterapkan untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis Anda:

1. Strategi produk

Dalam industri dalam penyediaan produk, yang utama adalah memperhatikan kualitas dari produk yang dibuat. Mulai dari pengemasan, bentuk produk, manfaat dan berbagai macam atribut dari produk tersebut. Agar tampil semenarik mungkin sehingga membuat konsumen bisa tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Satu hal yang penting dalam hal ini adalah mengenai tampilan produk yang kita tawarkan. Jika Produk yang kita tawarkan dalam bentuk jasa, maka kita juga harus bisa mengemas produk kita kita semenarik mungkin. Mulai dari manfaat jasa yang ditawarkan, juga kelebihan jasa yang kita tawarkan dari tawaran perusahaan lain.

Perusahaan Anda juga harus mampu menjawab pertanyaan konsumen yaitu: “mengapa mereka harus menggunakan jasa yang kita tawarkan?” Itu adalah kunci agar produk Anda benar-benar diinginkan oleh konsumen dalam jangka panjang.

2. Strategi harga

Konsumen yang sensitif pasti lebih memilih harga yang lebih murah. Namun, Anda juga tidak boleh memberikan harga terlalu murah, baik jasa maupun produk konsumsi. Sesuaikan dengan kualitas produk yang Anda tawarkan, dan juga perhatikan harga yang diberikan oleh pesaing.

Dengan kata lain, Anda tidak boleh membuat harga terlalu tinggi atau terlalu murah. Buatlah sesuai standar pasar, untuk memastikan produk Anda bisa bertahan.

Persaingan harga yang tidak berimbang dengan kapasitas perusahaan justru akan merugikan perusahaan anda sendiri. Karena pada akhirnya perusahaan Anda akan runtuh karena tidak berimbangnya cashflow Anda. Di sini lah pentingnya strategi bisnis.

3. Strategi pemasaran, tempat dan distribusi

Strategi distribusi pemasaran ini sangatlah penting bagi keberlangsungan usaha Anda. Tujuannya agar harga produk Anda ke konsumen tidak melampaui harga dari pesaing kita. Kita harus bisa memangkas sedikit rantai distribusi agar harga dari produk yang kita jual bisa sedikit lebih murah dari pesaing kita, meski dari segi kualitas dan kapasitas produk yang kita jual bernilai sama.

Ini lah pentingnya perusahaan manajemen rantai distribusi secara baik agar pengiriman produk bisa tepat waktu, tepat jumlah dan tepat sasaran. Sehingga konsumen tidak beralih ke produk lainnya, terutama bagi perusahaan ekspedisi dan perusahaan travel, masalah ketepatan waktu adalah hak yang mutlak.

Jika Anda bergerak dalam bisnis produk konsumsi maka anda harus tepat jumlah dan Harga yang bersaing. Di sini lah pentingnya peran pengelolaan rantai distribusi dan rantai pemasaran secara optimal.

4. Strategi promosi

Sebaik apa pun produk yang Anda buat, jika masyarakat tidak mengenal produk Anda, maka semua sia-sia. Di sini lah peran promosi untuk mengenalkan manfaat, kualitas dan juga kelebihan dari produk yang Anda buat.

Promosi, bisa dikatakan adalah ujung tombak dari sebuah pemasaran. Jika masyarakat belum mengenal produk kita dan belum yakin dengan produk yang kita tawarkan maka perusahaan akan stagnan tanpa penjualan.

Adapun promosi yang dilakukan di era digital ini, bisa dengan sosial media, radio, televisi ataupun berbagai macam atribut lainnya yang menunjang produk Anda dikenal baik oleh masyarakat secara umum.

Demikianlah empat strategi yang harus dioptimalkan agar perusahaan kita bisa survive di era modern ini.