4 Waktu Terbaik Untuk Diam

ERUDISI.com – Terkadang memilih untuk diam lebih baik daripada berbicara karena dengan diam kita bisa menghindari berbagai macam kejadian yang tidak diinginkan. dengan diam bukan

Arga Fica

4 Waktu Terbaik Untuk Diam foto:(pexels)
4 Waktu Terbaik Untuk Diam foto:(pexels)

ERUDISI.com – Terkadang memilih untuk diam lebih baik daripada berbicara karena dengan diam kita bisa menghindari berbagai macam kejadian yang tidak diinginkan.

dengan diam bukan berarti kita lemah namun kita mengetahui kapan waktu yang terbaik untuk diam demi kebaikan kita sendiri. Lalu kapan waktu yang terbaik untuk diam? simak penjelasan berikut ini.

:

1. Emosi

Ketika kita sedang memendam emosi pikiran dan perasaan kita bisa dikatakan kurang baik sehingga kita bisa saja dengan mudah tanpa sengaja melakukan hal yang ceroboh dan hal tersebut bisa saja merugikan diri kita sendiri.

Untuk itu memilih diam adalah cara terbaik untuk membantu meredakan emosi agar terhindar dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan, misalnya saja seseorang yang sedang emosi kurang bisa mengontrol setiap perkataan yang keluar dari mulutnya sehingga ketika seseorang yang sedang emosi berbicara tak jarang seringkali menyakiti hati seseorang.

Setelah sadar dan emosinya reda pasti kita akan merasa menyesal dan bersalah karena tanpa sengaja telah menyakiti hati dan perasaan orang lain melalui perkataan kita, untuk itu ketika emosi cobalah untuk diam sejenak agar apa yang kita lakukan tidak menimbulkan penyesalan.

2. Saat Orang Lain Berbicara

Hindari memotong pembicaraan orang lain ketika dia sedang berbicara sebagai bentuk menghargai orang lain, jika kita ingin berbicara tunggu sampai orang lain selesai berbicara terlebih dahulu agar tidak menyinggung perasaan nya.

Memang sudah semestinya kita menjadi pendengar yang baik bagi seseorang yang sedang berbicara dengan kita, sebagai pendengar yang baik kita harus bisa menyimak dan memahami setiap perkataan orang lain yang disampaikan kepada kita agar kita juga bisa memberikan tanggapan ataupun respon yang sesuai dengan pembicaraan nya.

3. Tidak Didengar

Saat kita sedang berbicara kepada seseorang namun dia malah menunjukkan sikap yang kurang nyaman dan tertarik dengan pembicaraan kita atau malah memilih menghindar dan berbicara dengan teman yang lainnya di kala kita sedang berbicara dengan nya, maka sudah dipastikan dia tidak ingin mendengarkan apapun dari kita.

Jika kita mendapatkan perlakuan seperti ini dari teman kita langkah yang harus kita ambil adalah diam jangan teruskan pembicaraan, karena diteruskan pun percuma dia tidak akan mendengarkan lebih baik diam dan biarkan dia asik berbicara dengan teman yang lain.

Jika kita sudah merasa tidak nyaman karena perilaku yang kurang menghargai kita, maka kita bisa mencari alasan yang tepat agar kita bisa pergi dari hadapan nya dengan cara yang elegan.

4. Ketika Berbuat Salah

Saat kita melakukan sebuah kesalahan hindari untuk melakukan pembelaan terhadap diri, belajarlah untuk mengakui kesalahan kita kepada orang yang bersangkutan karena itu lebih baik daripada melakukan pembelaan diri disaat seseorang jelas-jelas sudah tau bahwa kita yang membuat kesalahan.

Ketika kita sedang dimarahi ataupun dinasehati saat kita kedapatan berbuat salah maka kita harus bisa menerimanya, karena memang kita pantas menerima masukan dan nasehat dari orang lain supaya kedepannya kita tidak melakukan kesalahan yang sama.

Terkadang dengan diam kita bisa menunjukkan bagaimana cara menyikapi situasi dengan bijak, ketimbang memilih banyak bicara karena itu dapat mencerminkan diri kita memiliki sikap yang keras kepala.

Related Post