5 Cara Mudah Mengontrol Emosi

ERUDISI.com – Ketika seseorang sedang mengalami emosi rasanya ingin sekali melampiaskan perasaannya kepada siapapun supaya perasaan menjadi tenang, orang yang tidak mengerti apa-apa juga bisa

Arga Fica

5 Cara Mudah Mengontrol Emosi foto:(pexels)
5 Cara Mudah Mengontrol Emosi foto:(pexels)

ERUDISI.com – Ketika seseorang sedang mengalami rasanya ingin sekali melampiaskan perasaannya kepada siapapun supaya perasaan menjadi tenang, orang yang tidak mengerti apa-apa juga bisa menjadi sasarannya sehingga hal tersebut dapat melukai hati orang lain.

Emosi bisa membuat seseorang melakukan tindakan ceroboh yang bisa menyebabkan kerugian bagi dirinya sendiri, karena waktu seseorang mengalami emosi dia kurang bisa berfikir dengan jernih sehingga seseorang cenderung berbicara dan bertindak tampa memikirkan akibat dari perbuatannya.

Ketika seseorang sudah sadar dari emosinya biasanya dia merasa bersalah mengingat perkataan dan perbuatannya yang telah melukai hati orang lain, ingin meminta maaf pun terkadang merasa gengsi dan malu karena mengingat perbuatannya sendiri.

Untuk itu disaat kita sedang emosi maka kita harus bisa mengontrol sikap dan perbuatan kita agar tidak menimbulkan penyesalan dikemudian hari.

:

1. Diam

Cobalah untuk diam sesaat saat sedang dalam keadaan emosi jangan gegabah dalam berkata dan bertindak karena saat kita merasakan emosi kita hanya bisa fokus pada perasaan emosi saja, seseorang yang emosi lebih mudah tersinggung dan bisa saja berbicara memakai bahasa yang kotor dan kasar ketika ada seseorang yang dirasa mengganggunya.

Untuk itu diam waktu emosi lebih baik biasanya diam pada saat kita sedang emosi dapat menghindarkan diri dari masalah baru.

2. Berusaha Tenang

Berusahalah untuk menenangkan diri sendiri disaat kita sedang emosi ada banyak cara menenangkan diri salah satunya dengan tangan mengusap dada dan cobalah untuk ambil nafas dalam-dalam lalu hembuskan dengan pelan dan cobalah lakukan hal itu beberapa kali sampai perasaan mulai terasa membaik.

Atau cobalah untuk bisa mengalihkan emosi kita dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti bernyanyi, mendengarkan musik dan hal yang menarik lainnya supaya perasaaan kita lekas tenang.

3. Curhat

Jika kita merasa sakit sebab tidak bisa memendam perasaan emosi sendirian maka kita bisa mencari tempat untuk mencurahkan isi hati dan pikiran kita, pilihlah seseorang yang benar-benar bisa kita percaya dapat mendengarkan kita dengan baik jangan ragu untuk curhat kepada orang lain.

Karena terkadang kita tidak bisa melakukan sesuatu sendiri sehingga membutuhkan masukan dan bantuan dari orang lain. Siapa tau saja dengan kita curhat kepada orang yang kita percaya dia dapat membantu kita dan juga dengan curhat biasanya dapat menjadikan perasaan kita mulai membaik.

4. Melakukan Hal Bermanfaat

Jangan lampiaskan perasaan emosimu kepada orang lain atau orang yang berada di sekitarmu cobalah sesekali melampiaskan perasaaan emosi mu kepada hal-hal yang bermanfaat lainnya seperti menyapu,cuci piring, melipat baju hingga membereskan sesuatu yang tampak berantakan.

karena pada saat kita emosi entah kenapa rasanya energi kita menjadi besar dan mempunyai rasa gregetan untuk melakukan sesuatu jadi tidak ada salah nya jika kita melampiaskan perasaan emosi kepada hal yang bermanfaat.

5. Mencari Udara Segar

Hentikan semua kesibukan yang sedang kita kerjakan cobalah mencari waktu untuk sendiri dan tempat dimana kita bisa menenangkan diri, biasanya dengan melihat alam seperti pepohonan yang hijau dan air yang jernih dapat membuat perasaan seseorang lebih fresh dan tenang.

Mencari udara segar di tempat yang tepat dapat memberikan ketenangan dan juga semangat baru dalam menjalani hidup.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan ketika sedang emosi semoga dengan menerapkan cara ini emosi yang sedang kita alami lekas segera mereda.

Related Post