5 Cara yang Dapat Membantu Keluar dari Titik Terendah

ERUDISI.com – Ketika kita berada di titik terendah tak jarang kita sering merasakan keputusasaan, kesedihan dan seakan-akan kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan untuk

Arga Fica

https://www.istockphoto.com/id/foto/frustrasi-menekankan-pebisnis-muda-asia-menyentuh-kepala-dan-merasa-lelah-atau-sedih-gm855061156-140609585?phrase=Frustasi

ERUDISI.com – Ketika kita tak jarang kita sering merasakan keputusasaan, kesedihan dan seakan-akan kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan untuk membantu diri kita keluar dari ini serta memikirkannya caranya pun rasanya tidak sanggup.

Saat berada di titik terendah tampaknya semua orang meninggalkan kita dan seolah-olah tidak ada yang perduli dengan keadaan kita, tidak ada yang membantu kita dan tidak ada orang yang menemani kita.

Tak jarang saat seseorang yang sedang berada di titik terendah nya sering merasakan kesepian hingga parahnya bagi mereka yang tidak sanggup melewati masa titik terendah nya mengalami depresi.

Orang yang mengalami depresi perasaannya atau suasana hatinya gampang berubah-ubah menjadi gampang marah, tersinggung, sedih dan seolah-olah mereka merasa bahwa yang sedang dialaminya merupakan sesuatu yang paling berat dibandingkan dengan orang lain.

Jika seseorang sudah depresi mereka tidak dapat melihat hal-hal yang positif karena mereka cenderung melihat kearah negatif akibat segala persoalan yang menimpanya, hal inilah yang dapat menyebabkan seseorang semakin larut dalam titik terendahnya.

Saat kita merasa bahwa diri kita berada di titik terendah kita, alangkah baiknya kalau kita melakukan beberapa hal yang positif seperti melakukan hobi kita ataupun pergi ke suatu tempat kesukaan kita tujuannya adalah agar diri kita terhindar dari depresi.

Dengan kita melakukan segala hal yang kita sukai pikiran kita dapat kembali jernih sehingga pikiran yang jernih dapat membantu kita untuk dapat berfikir lebih positif dan menghasilkan ide yang baik kembali. Selain melakukan hal kesukaan adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu keluar dari titik terendah kita loh, berikut beberapa cara tersebut.

:

1. Memberi waktu

Saat kita mendapatkan kenyataan yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan memang rasanya sangat mengecewakan dan juga menyakitkan untuk itu memberi waktu kepada diri sendiri setelah apa yang kita lalui merupakan hal yang sangat penting.

Memberi waktu kepada diri kita sendiri dapat membantu kita merasa lebih baik lagi dan jangan pernah memaksakan diri kita untuk berpikir yang berlebihan, memang segala masalah yang terjadi harus segera dipecahkan namun cara memecahkan masalah harus disertai dengan pikiran jernih agar tidak salah dalam mengambil tindakan.

2. Menerima kenyataan

Menerima kenyataan apalagi jika hal itu merupakan hal yang mengecewakan hal yang tidak sesuai dengan harapan memang merupakan sesuatu yang tidak mudah diterima, meski tidak mudah untuk kita bisa menerimanya bukan berarti kita tidak bisa menerima.

Menerima kenyataan pahit bukan berarti pasrah dengan keadaan yang telah terjadi namun menerima kenyataan yang ada jauh lebih baik daripada harus memaksakan keadaan sesuai dengan yang kita harapkan.

Dengan kita bisa menerima kenyataan pikiran dan hati kita perlahan akan mulai terbuka sehingga kita akan menjadi tahu apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki keadaan.

3. Bangkit

Jangan biarkan diri kita terus terpuruk di dalam titik terendah kita jika kita lebih memilih meratapi apa yang telah terjadi maka kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita lakukan kedepannya.

Daripada harus diam dan meratapi nasib alangkah baiknya kita mencoba introspeksi diri dan memperbaiki diri kita untuk mencapai atas apa yang kita inginkan dan apa yang kita tuju bisa tercapai. Bangkitlah dari sekarang keterpurukan dan mulai lakukan yang terbaik.

4. Fokus dengan tujuan

Jika kita mempunyai tekad yang kuat terhadap tujuan kita maka fokuskan tujuan dan jangan biarkan siapa pun menghentikan langkah kita, jangan biarkan semangat kita kendor hanya karena seseorang tidak percaya dengan kemampuan kita. Terus beranikan diri untuk mencoba jangan takut jatuh dan gagal, teruslah mencoba sampai kita bisa.

5. Berdoa

Segala sesuatu yang akan kita lakukan baiknya dibawa kedalam doa, karena dengan berdoa kiranya Tuhan ikut campur tangan atas apa yang sedang kita kerjakan agar hasil yang kita kerjakan dapat berbuah baik. Jangan meremehkan kekuatan doa, karena doa yang disertai iman sangatlah besar kuasanya.

Intinya jangan lupa untuk selalu libatkan Tuhan di setiap hidup kita baik di dalam urusan keluarga,pendidikan, pekerjaan dan urusan pribadi kita agar setiap hal yang kita lakukan diberkati dan dimudahkan oleh Tuhan . Berdoa juga dapat membuat hati jauh lebih tenang , percayalah bahwa Tuhan akan memberikan yang terbaik menurut waktu nya.

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan saat kita sedang berada di titik terendah, ingatlah bahwa roda kehidupan terus berputar. Jika saat ini kita di izinkan Tuhan untuk berada dibawah percayalah itu hanyalah untuk sementara waktu dan Tuhan jugalah yang akan membantu kita untuk mencapai ke posisi yang kita harapkan.

 

Related Post