5 Ciri Orang yang Bertanggung Jawab

ERUDISI.com – Memilih orang yang benar-benar bisa dipercayai dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar memang bukan hal yang mudah, kini banyak sekali orang yang

Arga Fica

5 Ciri Orang yang Bertanggung Jawab foto:(pexels)
5 Ciri Orang yang Bertanggung Jawab foto:(pexels)

ERUDISI.com – Memilih orang yang benar-benar bisa dipercayai dan yang besar memang bukan hal yang mudah, kini banyak sekali orang yang kurang mempunyai sikap tanggung jawab namun pandai berbicara sehingga orang lain pun mampu dibuatnya percaya kepadanya.

Untuk itu kita harus benar hati-hati dalam memilih orang yang kita akan percayai agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, sikap tanggung jawab yang dimiliki seseorang dapat kita lihat dengan memperhatikan ciri-ciri berikut ini.

:

1. Tidak Banyak Bicara

Seseorang yang mempunyai sifat bertanggung jawab biasanya tidak suka berbicara banyak kepada orang lain, karena dia tidak ingin memberikan harapan ataupun janji manis jika tidak bisa dilakukannya karena takut jika pada akhirnya mengecewakan orang lain.

Orang yang mempunyai rasa tanggung jawab jarang sekali menawarkan diri untuk melakukan pekerjaan jika tidak diperintahkan oleh atasannya namun jika dia diberikan tugas, maka dia akan berusaha melakukan yang terbaik kita bisa melihatnya dari bagaimana caranya melakukan pekerjaannya.

Pasti orang yang bertanggung jawab akan rajin, fokus dan teliti dengan pekerjaan yang telah dipercayakan kepadanya, serta dalam mengerjakan tugas dia tidak mudah mengeluh dan tidak melakukan pekerjaan dengan santai tanpa beban jika pekerjaannya belum selesai.

2. Mampu Mengakui Kesalahan

Orang yang bertanggung jawab selalu terbuka dan apa adanya jika memang ada kesalahan yang dia perbuat, maka dia akan mengatakan dan mengakui kesalahannya tanpa menutupi ataupun menunggu di tanya terlebih dulu oleh orang lain dia akan mengakuinya terlebih dulu.

Orang yang mempunyai mempunyai prinsip bahwa dia siap dengan segala resiko yang telah diperbuatnya dan siap untuk memperbaiki jika terjadi kesalahan tanpa menuduh ataupun menyalahkan orang lain, sebab dia tidak ingin karena akibat kecerobohannya merugikan dan mengecewakan orang lain serta bagi nya kepercayaan yang diberikan kepadanya adalah tanggung jawab nya yang harus dihargai dan dijaga dengan baik.

3. Jujur Dalam Bertindak

Dalam menjalankan pekerjaannya orang yang mempunyai rasa tanggung jawab selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran, misalnya saja dia dipercayai oleh pimpinan untuk membelanjakan sejumlah uang untuk membeli keperluan perusahaan maka dia akan mencatat secara rinci dan jelas tentang sejumlah uang yang telah dia terima dan yang yang telah dibelanjakan atau keluarkan, setelah selesai lalu menyerahkan rincian biaya tersebut sebagai laporan kepada atasan.

4. Konsisten Dengan Perkataan

Orang yang memiliki rasa tanggung jawab selalu yakin dan melakukan apa yang telah dikatakannya, orang yang bertanggung jawab tidak main-main dengan setiap perkataan yang keluar dari mulutnya. Sehingga orang yang memiliki rasa tanggung jawab tidak gampang terpengaruh oleh orang lain atau bisa dikatakan mempunyai pendirian yang tegas.

5. Mampu Menaati Peraturan

Orang yang mempunyai tanggung jawab selalu menaati peraturan yang berlaku dan takut untuk melanggar peraturan, meskipun ada peraturan yang dirasa berat baginya tapi dia berusaha untuk mencoba tetap menaatinya.

Kesimpulannya sifat tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang bisa dilihat dari perbuatannya bukan dari penampilan maupun perkataannya saja, maka dari itu sebelum mempercayakan tugas maupun pekerjaan kepada seseorang perhatikan dengan baik setiap tindakannya terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilih.

Related Post