5 Dampak Negatif Silent Treatment dalam Hubungan

ERUDISI.com – Silent treatment adalah sikap mendiamkan dan mengabaikan pasangan secara sadar dan sengaja, pelaku silent treatment suka memikirkan perasaannya sendiri dan kurang memikirkan perasaan

Arga Fica

5 Dampak Negatif Silent Treatment dalam Hubungan foto: (pexels)
5 Dampak Negatif Silent Treatment dalam Hubungan foto: (pexels)

ERUDISI.com – sikap mendiamkan dan mengabaikan pasangan secara sadar dan sengaja, suka memikirkan perasaannya sendiri dan kurang memikirkan perasaan pasangannya juga.

Tentunya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang menjadi pelaku silent treatment diantaranya pasangannya telah membuatnya merasa kecewa,kesal,marah sehingga dia ingin dimengerti namun tidak mau berbicara terus terang sehingga tidak jarang pasangannya akan dibuatnya bingung.

Ada juga yang melakukan silent treatment pada pasangannya karena tidak mau ribut dengan pasangannya namun jika kamu terlalu sering , berikut ada beberapa dampak negatif silent treatment bagi keberlangsungan hubungan kamu dan simaklah berikut.

:

1. Menyakiti Hati Pasangan

Tentunya kita sendiri tidak ingin didiamkan maupun diabaikan oleh pasangan kita, untuk itu jangan sering kamu mendiamkan dan mengabaikan pasanganmu karena tindakan tersebut dapat menyakiti hati pasanganmu.

Pelaku silent treatment ini bisa saja dilakukan oleh wanita ataupun pria yang memiliki sifat dasar egois. Mengapa demikian? Karena pelaku silent treatment ingin pasangannya dapat mengerti dan menuruti semua keinginannya namun tidak mau mencoba mengerti pasangannya juga intinya ingin menang sendiri.

2. Dapat Membuat Hubungan Tidak Sehat

Jika menginginkan suatu hubungan yang sehat dan bahagia jangan sampai ada yang menjadi pelaku silent treatment dalam sebuah hubungan, jika ada pendapat maupun masalah baiknya dibicarakan segera dengan pasangan.

Jangan malah memilih untuk diam menunggu dibujuk oleh pasangan baru berbicara, jika kamu memilih diam tentu saja pasanganmu tidak mengerti apa yang kamu inginkan untuk itu cobalah berpikir secara dewasa dan lebih terbukalah pada pasangan.

3. Pertengkaran

Sikap silent treatment juga dapat menyebabkan sebuah pertengkaran di dalam hubungan sebab korban silent treatment, tentunya bingung harus berbuat apa dan pasti korban akan mencoba meminta penjelasan pada pelaku silent treatment atas sikapnya yang sengaja mengabaikannya itu.

Jika pelaku silent treatment tetap memilih mengabaikan pasangannya yang ada korban silent treatment, juga akan memilih untuk mengimbanginya dan membalasnya dengan cara mendiamkan pelaku juga.

4. Keretakan Hubungan

Silent treatment selain dapat menyakiti hati dan membuat bingung pasangan juga dapat menyebabkan pasangan menjadi lelah dan menyerah dengan hubungan ini, tak jarang korban silent treatment memilih untuk mengakhiri hubungannya daripada perasaannya terus terluka.

Untuk itu hati-hatilah dengan sikap silent treatment jangan sering kamu lakukan tindakan tersebut pada pasanganmu, lebih baik bicarakanlah apa yang kamu ingin bicarakan supaya pasanganmu dapat dengan mudah mengerti apa yang kamu inginkan.

5. Mengundang Orang Ketiga

Dampak yang tak kalah menyeramkan dari sikap silent treatment dalam hubungan adalah dapat mengundang orang ketiga hadir dalam hubungan kalian, sebab kini banyak sekali pasangan ketika dirinya ada masalah mencurahkan isi hatinya pada lawan jenisnya dan bukan pada pasangannya.

Mungkin karena merasa lebih nyaman dan cocok curhat pada orang lain daripada sama pasangannya sendiri, jika kamu sibuk mendiamkan dan mengabaikan pasanganmu maka kamu harus siap melihat pasanganmu diperhatikan oleh orang lain.

Itulah beberapa dampak negatif silent treatment dalam hubungan jika menginginkan hubungan yang baik, maka kamu harus bisa menjaga perasaan pasanganmu dan menghargai kehadirannya jangan diabaikan dan diamkan begitu saja.

Related Post