5 Hal yang Menggangu Kekhusuan Shalat Berjamaah

Shalat adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, yang dilakukan lima kali dalam sehari. Dalam shalat kita juga dituntut untuk bisa khusuk dan menghadirkan hati kita kepada Allah SWT.

Akan tetapi meski kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa khusyuk dengan mengarahkan pandangan kita ke tempat sujud, mencoba membaca ayat Qur’an secara tartil dan memahami maknanya, juga tukmaninah dalam setiap gerakan sholat, seringkali kita belum bisa juga menemukan kekhusukan dalam shalat.

Kekhusukan bisa didapat dari dua faktor. Yang pertama, adalah faktor internal dari dalam diri kita dan yang kedua adalah faktor eksternal yang terkadang tidak bisa kita kontrol.

Di bawah ini adalah perkara-perkara yang harus dihindari agar dalam shalat kita bisa khusyuk dan menghadirkan hati kita kepada Allah.

1. Tidak memakai pakaian bergambar

Ketika shalat berjama’ah di masjid, terkadang kita mendapati mereka yang memakai kaos bergambar ataupun jaket bergambar bahkan terkadang gambar tersebut adalah gambar tengkorak, binatang, wanita yang tidak berjilbab dan beragam gambar lainnya.

Ternyata dengan berpakaian seperti ini kita sudah mengganggu saudara muslim kita yang shalat di belakang. Kita sebagai pemakai mungkin tidak melihat gambar yang terpampang di pakaian yang kita kenakan, tapi orang di belakang kita akan terganggu dengan gambar-gambar atau tulisan-tulisan itu.

Oleh karena itu, sebaiknya ketika menjalankan sholat, kenakanlah pakaian putih ataupun pakaian polos yang tidak terlalu mencolok, sehingga tidak mengganggu orang lain yang mungkin shalat di belakang kita.

2. Dering bunyi HP

Di setiap masjid dan musholla, umumnya sekarang sudah dipampang tulisan peringatan untuk mematikan HP saat berada di dalam masjid. Karena kita harus akui, bunyi HP yang keras di dalam masjid, apalagi saat shalat berjamaah sedang berlangsung, adalah hal yang sangat mengganggu.

Tentu saja hal ini bukan saja mengganggu kekhusyukan kita sendiri, tapi juga seluruh jamaah yang ada.

Oleh karena itu sebaiknya kita matikan HP ketika akan shalat berjamaah atau ketika kita masuk ke dalam masjid.

3. Menghilangkan bau badan

Saat melaksanakan sholat, kita disunahkan untuk memakai wangi-wangian, selain menyucikan badan, pakaian, serta tempat yang akan kita gunakan untuk shalat. Terlebih saat kita melaksanakan shalat berjamaah, tentu saja bau badan berlebihan sangat mengganggu.

Oleh karena itu, untuk saling menghormati jamaah lain, sekaligus menjalankan sunnah Nabi, sebaiknya kita membersihkan badan dan pakaian yang akan kita gunakan untuk sholat serta memakai wangi-wangian sebelum melaksanakan sholat. Ini akan membantu shalat menjadi lebih khusuk.

4. Suara bising anak-anak

Mengajak anak sejak dini ke masjid adalah hal yang baik, agar anak mulai mengenal agama dan menyukai masjid sejak dini. Tapi seorang anak yang belum baligh dan belum terkena beban syariat ini harus dijaga dengan super ketat oleh orang tuanya.

Karena yang namanya anak-anak, terkadang membawa sedikit mudharat ketika orang tuanya tidak mampu menjaganya dengan baik. Mudharat yang pertama adalah seorang anak terkadang meninggalkan najis dalam masjid baik ketika dia membuang air kecil maupun buang air besar.

Oleh karena itu orang tua harus berjaga-jaga dengan super ketat dan menyiapkan segala hal untuk menjaga anaknya agar hal ini tidak terjadi di dalam masjid. Ini bisa dilakukan dengan membiasakan anak agar meminta izin kepada orang tuanya sebelum buang air kecil maupun besar ataupun memakaikan popok yang sesuai kepada anak.

Mudharat lainnya adalah karena sifat dasar dari anak-anak yang suka bermain. Anak-anak tidak mengerti jika jamaah yang lainnya sedang khusuk mengerjakan shalat.

Bisa jadi seorang anak berisik, bermain, tertawa, bahkan menangis. Oleh karena itu orang tua harus bisa menyiasati hal ini ketika ingin mengajak anaknya untuk belajar mengenal masjid.

5. Teringat dengan pekerjaan

Hal ini biasa terjadi kepada ibu rumah tangga ketika menjalankan sholat di rumah. Terkadang dia memikirkan perkara yang sebetulnya tidak perlu dipikirkan ketika menjalankan sholat. Misalkan di dalam hatinya ragu dan gundah, apakah kompor masakan sudah dia matikan ataukah belum. Apakah setrikaan yang baru saja dia gunakan untuk menyetrika sudah dia matikan atau belum.

Oleh karena itu sebelum menjalankan sholat sebaiknya pastikan semua hal-hal yang berbahaya sudah kita bereskan, sehingga kita bisa khusuk dalam menjalankan shalat.