5 Hal yang Susah Ditahan saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Secara definisi puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan segala hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Berpuasa itu tidak hanya tentang menahan makan dan minum saja tapi juga menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa dan segala hal yang menghilangkan pahala dan faedah puasa.

Jika puasa hanya menahan diri dari makan dan minum saja maka puasa bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Karena yang susah ditahan saat berpuasa itu bukanlah soal makan dan minum tapi yang susah ditahan adalah hal yang menghilangkan faedah dan pahala puasa.

Berikut 5 hal yang susah ditahan saat berpuasa

1. Menggunjing

Kebiasaan buruk satu ini sering kali dilakukan oleh kaum wanita tapi juga tidak menutup kemungkinan dilakukan oleh laki-laki. Jika di hari-hari biasa kamu sering menggunjing maka tidak menutup kemungkinan kamu juga melakukannya pada bulan puasa.

Untuk mengatasi kebiasaan menggunjing ini adalah dengan mengurangi berkomunikasi dengan orang-yang yang sama-sama suka bergunjing.

2. Menjaga pandangan

Memang saat berpuasa godaan sangat banyak sekali, yang biasanya dapat menjaga pandangan tapi pada bulan puasa kamu tidak dapat menjaga pandanganmu. Apalagi bagi kamu yang susah menjaga pandangan pada hari-hari biasa.

Sebisa mungkin hindarilah situasi dan kondisi bercampur antara laki-laki dan perempuan jika tidak penting. Biasanya terjadi ketika berkumpul sesama teman sekolah, kuliah, atau teman kantor. Lebih baik dialihkan untuk menghadiri kajian-kajian agama yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang Dienul Islam.

3. Berkata bohong

Hal yang susah ditahan saat berpuasa adalah berkata bohong. Ada banyak saja keadaan yang memaksa kamu untuk berkata bohong. Selain membuat orang lain tidak percaya kepada kamu, berbohong juga akan merusak pahala puasa.

Agar kamu tidak berkata bohong terlebih dahulu biasakan diri untuk tidk berbohong dengan dirimu sendiri. Biasakan menepati janji yang kamu buat untuk dirimu sendiri.

4. Dendam

Kebiasaan buruk ini memang sangat susah untuk ditahan. Padahal menjelang ramadhan kamu dianjurkan untuk saling bermaaf-maafan tapi yang namanya dendam sangat susah dilawan.

Untuk mengilangkan rasa dendam ini ingatlah bahwa menyibukkan diri dengan dendam akan menghabiskan waktu dan membuat hati menjadi tidak fokus. Sehingga banyak hal-hal bermanfaat kita lewatkan. Maka jangan sampai musibah lebih besar menimpa kita. Dan belajarlah untuk memaafkan kesalahan orang lain dengan tulus dan ridha.

5. Berkata kotor dan kasar

Berkata kotor dan kasar  punya beberapa tujuan seperti mengekspresikan amarah, memberi penekanan pada sebuah hal, atau sebagai lelucon. Tapi apapun alasan dan tujuannya, berkata kasar tetap merupakan kebiasaan buruk apalagi saat kamu berpuasa. Karena bisa membuat kamu terlihat bodoh atau tidak terdidik, mengintimidasi, menyinggung orang lain, dan membuat orang lain tidak menghargai Anda.

Untuk menghindari kebiasaan ini biasakan diri untuk berfikir positif dan bersabarlah. Gantilah kata-kata kotor dengan Istigfar.

Di bulan Ramadhan kita harus menjaga mata, telinga, mulut dan hati. Jika kamu tidak dapat menjaganya maka maka pahala yang kamu dapatkan akan berkurang atau bahkan akan membuat puasamu menjadi batal.

Untuk menghindari hal-hal buruk diatas adalah dengan selalu mendekatkan diri dan selalu mengingat Allah. Semoga dengan kamu menahan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut pada bulan ramadhan maka kamu akan terbiasa seterusnya.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.