5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Hosting Blog

Bagaimana memilih hosting terbaik untuk Anda dan blog Anda

Ada beberapa jenis hosting blog, tapi bagaimana menentukan hosting mana yang terbaik untuk Anda? Berikut adalah 5 hal yang perlu menjadi pertimbangan saat memilih hosting blog terbaik:

1. Harga

Pelajari dan cari tahu beberapa layanan hosting dan temukan satu yang paling sesuai kebutuhan Anda harga terbaik. Lalu lakukan riset lebih dalam lagi. Anda bisa bisa bertanya melalui berbagai forum untuk mendapat pendapat dari blogger lain yang telah menggunakannya, tentang layanan dan harga.

Ingat, bahwa harga paket hosting seringkali berubah, karena itu penting untuk memeriksanya langsung dari website resmi mereka, tentang paket beserta harga yang ditawarkan.

2. Batasan transfer data

Pastikan Anda memeriksa seberapa besar transfer data yang ditawarkan bagi blog Anda setiap bulannya. Ini menjadi hal penting dalam menentukan hosting terbaik sesuai kebutuhan Anda sendiri.

Batasan transfer data harus cukup besar untuk mengakomodir seluruh konten yang Anda terbitkan di blog agar dapat dilihat oleh pengunjung Anda.

Namun, ingat bahwa Anda bisa upgrade paket kapan saja, jadi di awal Anda tidak perlu membeli yang kurang perlu.

3. Ruang penyimpanan (space)

Setiap hosting blog mengalokasikan sejumlah space untuk menyimpan seluruh data blog Anda. Coba periksa seluruh alokasi space dari berbagai paket hosting yang ditawarkan untuk memastikan Anda memilih pilihan terbaik sesuai kebutuhan dan anggaran Anda.

Ingat, rata-rata blogger kebanyakan tidak butuh space hingga puluhan GigaByte. Untuk memulai kapasitas 1 – 2 GB rata-rata sudah mencukupi.

4. Kecepatan, keandalan dan up-time

Up-time, adalah istilah yang artinya server dalam keadaan ‘hidup’ untuk melayani pembaca Anda. Kebalikannya adalah down-time, yang mana server atau layanan hosting Anda tidak bisa melayani para pengunjung alias ‘mati’. Idealnya, up-time adalah 100%, artinya ia mampu melayani 24/7 sepanjang waktu. Namun, itu tidak mungkin bisa dicapai sepenuhnya.

Jika pengunjung tidak bisa mengakses blog Anda, itu sama sekali bukan sesuatu yang baik. Begitu juga, jika blog Anda terasa berat sekali untuk diakses karena server hosting telah kelebihan beban.

Karena itu, pastikan Anda mempelajari layanan hosting dari sisi keandalan mereka. Pendapat dari blogger lain mungkin bisa banyak membantu. Ini penting untuk memastikan, Anda, dan pembaca blog Anda benar-benar mendapatkan layanan sepadan dengan harga yang telah Anda bayar.

5. Support

Jika Anda mengalami masalah atau punya pertanyaan mengenai hosting blog Anda, sudah seharusnya penyedia jasa hosting memiliki tim support yang siap melayani kapan pun dibutuhkan kapan pun Anda membutuhkannya.

Periksa macam-macam support yang ditawarkan oleh penyedia hosting untuk memastikannya, karena saya melihat tidak sedikit penyedia hosting yang tidak memiliki tim support andal dan tersedia setiap saat, terutama dari para reseller hosting.

Penyedia hosting yang disarankan Erudisi.com?

Jika telah memahami kebutuhan Anda sendiri, adakah layanan hosting yang bagus namun dengan harga terjangkau?

Jika harus merekomendasikan, tentu saja kami hanya akan merekomendasikan layanan hosting yang kami sendiri memakainya. Erudisi.com sendiri sejak diluncurkan menggunakan layanan dari DewaWeb. Di DewaWeb tersedia berbagai paket hosting yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda sendiri. Dengan layanan dan kualitas server yang bagus, ditunjang penuh teknologi cloud hosting, kami merekomendasikan DewaWeb sebagai salah satu pilihan hosting terbaik yang bisa Anda gunakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here