5 Kebiasaan Buruk Penyebab Seseorang Menjauhi Kita

ERUDISI.com – Pasti kita akan merasa bingung ketika teman atau kerabat terdekat kita tiba-tiba menunjukkan sikap seperti perlahan menghindari kita, padahal kita merasa bahwa diri

Arga Fica

5 Kebiasaan Buruk Penyebab Seseorang Menjauhi Kita foto:(pexels)
5 Kebiasaan Buruk Penyebab Seseorang Menjauhi Kita foto:(pexels)

ERUDISI.com – Pasti kita akan merasa bingung ketika teman atau kerabat terdekat kita tiba-tiba menunjukkan sikap seperti perlahan menghindari kita, padahal kita merasa bahwa diri kita tidak mempunyai masalah atau berbuat salah dengannya.

Dengan sikap mereka yang cenderung pasti kita akan merasa sedih dan kecewa karena kita tidak merasa berbuat salah namun dijauhi seperti orang yang dikucilkan, bertanya kepada mereka tentang alasan mengapa menjauhi kita pun mereka juga tidak akan jujur dan memberikan berbagai alasan sebagai jawabannya seperti sibuk karena pekerjaannya dan lainnya.

Namun pernahkan kita mengintropeksi diri kita dengan merenungkan semua perbuatan dan ucapan kita kepada mereka, mungkin apakah ada perbuatan dan perkataan kita telah menyinggung perasaan dan menyakiti batinnya? Berikut ini ada beberapa , untuk itu kita perlu mengetahui dan segera menghentikan kebiasaan buruk ini jika terdapat dalam diri kita.

:

1. Sering Berbohong

Berbohong merupakan tindakan yang paling sering dilakukan seseorang demi kepentingan dirinya sendiri sehingga orang lain secara tidak langsung telah dikecewakan dan dirugikan oleh sikapnya, sebuah kebohongan sekecil apapun itu jika terlalu sering dilakukan akan menjadi sebuah kebiasaan maka teman atau orang lain pun akan hafal dengan sikapnya.

Untuk itu cobalah introspeksi diri apakah kita sering berbohong kepada orang lain? Jika benar maka bisa jadi kemungkinan besar alasan seseorang menjauhi kita adalah karena kita sering berbohong, jika sudah seperti ini yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan dan mempererat hubungan pertemanan dengannya adalah dengan cara mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada nya.

2. Sering Ingkar Janji

Jangan pernah membuat dan memberikan janji kepada seseorang jika kita tidak mampu menepati janji, karena memberikan janji kepada seseorang seperti memberikan harapan yang pasti akan terlaksana jika sudah waktunya.

Jika kita tiba-tiba membatalkan janji maka orang tersebut akan merasa kecewa dengan keputusan yang kita buat sehingga dia akan menjauhi kita karena tidak ingin kecewa lagi.

Jika kita tidak bisa komitmen ataupun melakukan hal yang telah disepakati maka kita harus memberanikan diri untuk berbicara sejujur-jujurnya, pasti orang lain juga dapat mengerti alasan kita dari pada mengucapkan janji yang tidak pasti.

3. Pemarah

Saat berkumpul bersama teman-teman pasti kita selalu berbagi cerita dan canda tawa bersama namun dalam bercanda saking asiknya seringkali ada salah satu teman yang gaya bicaranya terlalu ceplas-ceplos tanpa memikirkan perasaan temannya termasuk kita.

Jika dalam bercanda dia tanpa sengaja menyinggung perasaan kita meski tidak ada maksud menyinggung dan kita sudah terpancing emosi maka teman-teman kita akan menganggap bahwa kita adalah orang yang mudah baperan.

Untuk menjaganya perasaan kita tak jarang teman-teman kita tanpa kita sadari memilih untuk menjaga jarak dengan kita, karena tidak ingin menyinggung perasaan kita.

4. Tidak Bisa Menjaga Rahasia

Dalam mencurahkan isi hati dan pikiran seseorang selalu pilih-pilih tempat untuk mencurahkan nya, mereka memilih orang yang dirasa dapat dipercaya untuk mendengarkan cerita nya.

Jika kita yang terpilih sebagai tempat curhat nya maka kita harus bisa menjaga kepercayaan nya yang telah dia berikan kepada kita dengan cara menjaga rahasianya, jangan malah menjadikan curhatan seseorang sebagai bahan omongan dengan teman yang lainnya dengan alasan apapun itu.

5.Kurang Menghargai Orang Lain

Seringkali kita mungkin menunjukkan sikap ataupun perkataan yang dirasakan orang lain kurang sopan seperti sombong, suka mengkritik, cuek dan bersikap semena-mena mungkin karena suasana hati yang sedang dalam kondisi kurang baik orang lain pun jadi kena imbasnya.

Jika sudah seperti itu orang lain akan malas dan menjauhi kita karena dia merasa bahwa kita kurang bisa menghargai nya.

Jika kita ingin dihargai oleh orang lain sebelum itu kita juga harus bisa menghargai orang lain, kita harus bisa menjaga setiap tingkah laku dan ucapan kita agar tidak menyinggung dan melukai perasaan seseorang sehingga mereka dapat senang berteman dengan kita.

Related Post