Tips menggunakan lipstik agar tidak terlihat tua
Source image: iStock

5 Kesalahan Penggunaan Lipstik Sehingga Terlihat Tua

ERUDISI.com – 5 kesalahan penggunaan lipstik sehingga seseorang terlihat lebih tua. Lipstik adalah salah satu make up yang tidak bisa lepas dari . Bahkan lipstick bisa memancarkan kecantikan seorang wanita. Wajahnya terlihat lebih segar, cantik dan menawan.

Tricia Cusden, Vlogger kecantikan dan pendiri Look Fabulous Forever
mengatakan lipstick adalah anti-penuaan yang harus dimiliki oleh wanita dewasa, karena menambahkan semburat warna pada dan memberikan definisi kembali ke mulut.

Tapi realitanya banyak dari kita menemukan lipstick malah membuat seseorang terlihat lebih tua dan tidak menarik. Ini bukan karena lipstiknya tapi karena beberapa kesalahan dalam penggunaannya.

Menurut penata rias Ruby Hammer, Penata Rias Bobbi Brown Pro Aimee Morrison, dan Artis Estée Lauder Pro Emma Tillman mengatakan ada 5 kesalahan seseorang dalam menggunakan lipstik.

1. Memakai riasan pada bibir kering dan terkelupas

Banyak dari kita mengaplikasikan lipstik saat bibir kering dan terkelupas. Solusinya bisa dengan memoles bibir menggunakan scrub berbahan dasar gula (atau menyikat lembut dengan sikat gigi). Hal tersebut bisa  menghilangkan bercak kering dan bersisik, meningkatkan sirkulasi dan langsung membuat bibir terasa lebih halus dan terlihat montok.

“Memiliki bibir yang halus juga memberikan hasil warna yang bagus, jadi pengelupasan kulit mingguan adalah langkah yang tidak pernah saya lewatkan,” kata Aimee dilansir laman good housekeeping.

2. Kesalahan Penggunaan Lipstik: Lupa menggunakan Lip Balm

Jangan sampai lupa untuk mengunci kelembapan bibir dengan lip balm. Lip balm akan membantu mengisi garis dan menjaga bibir tetap lembut dan kenyal. Untuk perawatan intensif, oleskan lip balm sebelum tidur dan  sebelum  mengaplikasikan lipstik.
Pastikan untuk menghilangkan kelebihannya agar teksturnya tidak licin, yang bisa menyebabkan lipstik luntur.

Tips dan kesalahan penggunaan lipstik agar tidak terlihat tua
Source image: iStock

3. Tidak menggunakan lip liner

“Mulut yang lebih tua bisa terlihat “kabur” saat memakai lipstik karena produk berpindah ke tepi garis bibir,” kata Tricia.

Liner bibir bekerja dengan menciptakan penghalang antara lipstik dan kulit kita. Lip liner akan membantu mencegah lipstik luntur menjadi garis-garis halus di sekitar mulut.

“Sebagai aturan umum, liner yang cocok dengan warna alami bibir kamu harus cocok dengan sebagian besar warna lipstik,” kata Aimee.

Kita juga bisa menggunakan pensil ‘tidak terlihat' bebas warna, yang cocok untuk semua warna lipstik.

4. Tidak menggunakan kuas bibir

Banyak dari kita sering mengaplikasikan lipstik langsung ke bibir. Padahal sebaiknya seiring bertambahnya usia, bibir bisa kehilangan definisi sehingga menggunakan kuas bibir membantu menciptakan garis yang lebih kuat dan lebih berani.

“Saya suka menggunakan kuas untuk mengambil lipstik langsung ke tepi bibir untuk hasil akhir yang lebih halus dan lebih bersih. Anda juga bisa menggunakan kuas untuk menambahkan bentuk bibir kembali cantik,' sebut Ruby.

5. Memakai warna yang salah

Kita sering salah memilih warna. Pilihlah warna yang bisa bekerja dengan rona alami kulit kita (yang sejuk atau hangat). Warna yang tepat akan membantu kita memilih lipstik yang akan langsung mengangkat dan mencerahkan warna kulit kita.

Lakukan rona kulit Anda dengan melihat pembuluh darah di pergelangan tangan Anda; jika terlihat hijau maka Anda hangat, jika berwarna biru atau ungu berarti Anda memiliki rona kulit yang lebih dingin,” kata Emma. 

Warna kulit yang lebih hangat cocok dengan warna merah berduri karang dan telanjang berwarna persik, sementara warna kulit yang lebih dingin cocok dengan warna merah dan merah muda berbasis biru.” saran Emma.

Wah, sangat menginspirasi sekali ya. Benar sekali banyak dari kita para perempuan yang salah memilih bahkan mengabaikan beberapa kesalahan dalam penggunaan lipstik.

Terima kasih telah membaca artikel Erudisi ya. Semoga bisa temukan jawaban dan inspirasi setiap hari. []