5 Manfaat Blog untuk Memotivasi Diri

Meskipun Anda tidak ingin menginvestasikan waktu dan kerja keras untuk membangun sebuah situs bertrafik tinggi, namun sebuah blog dapat menjadi sarana yang sangat bagus untuk pengembangan diri.

Internet adalah sarana yang hebat, dan sebuah blog dapat membantu Anda membangun dan mempertahankan motivasi, selain sebagai ‘wadah’ ilmu dan pengetahuan.

Inilah beberapa cara dan manfaat blog, yang dapat Anda gunakan untuk membantu mencapai goal Anda.

1. Melacak perkembangan Anda dari waktu ke waktu

Satu manfaat terbesar dari blog adalah Anda dapat dengan mudah melacak pemikiran Anda secara kronologis. Pada saat saya membuka-buka kembali arsip blog ini, saya kembali dapat melacak dan mengenali aliran pemikiran saya berbulan-bulan yang lalu.

Ini mengingatkan saya untuk kembali kepada tujuan, bagian mana yang patut mendapat perhatian lebih serta mengevaluasi perkembangan yang terjadi.

Melalui sebuah blog, Anda dapat dengan mudah menyimpan suatu ide, serta artikel dengan penjelasan, penafsiran dan pemikiran yang bersifat pribadi.

Blog adalah tempat ideal untuk menaruh serta melacak ide-ide terpenting Anda, yang setiap dapat Anda akses dengan sangat mudah.

2. Menjernihkan ide Anda melalui tulisan

Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda telah memahami suatu konsep adalah dengan cara mencoba menjelaskannya kepada orang lain. Dengan kata lain, cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajarkannya kembali kepada orang lain.

Sama seperti layaknya sebuah catatan harian (diari), sebuah blog memaksa Anda untuk mempertajam pemikiran Anda melalui tulisan. Ide yang semakin tajam ini semakin kuat menancap di kepala Anda, dan lebih memungkinkan tinggal disana secara permanen, jika Anda mencoba menuliskannya.

Kelebihan dari blog dibandingkan hanya sebuah catatan harian atau buku diari, adalah bahwa tulisan Anda dibaca juga oleh orang lain. Ini pada akhirnya mendorong Anda untuk belajar menulis lebih baik, dan berusaha lebih memahami suatu konsep tertentu.

Hal ini juga memacu Anda untuk terus membuat kemajuan. Ketika orang lain mulai memberi Anda perhatian lebih, tentu Anda tidak ingin membuat mereka kecewa bukan?

3. Terjadinya diskusi

Salah satu cara terbaik untuk belajar, adalah dengan bertukar ide dan pengelaman. Blog adalah sarana yang bagus untuk melempar pertanyaan dan mendapat jawab dari orang-orang yang memiliki pengetahuan lebih dari Anda.

Memanfaatkan blog untuk mengeksplorasi ide-ide baru, memberi Anda peluang untuk belajar dari ribuan orang lain yang tidak pernah temui sebelumnya secara langsung.

Sedangkan dengan berkomentar di blog lain, Anda dapat berpartisipasi dalam sebuah diskusi dan menunjukkan kemampuan Anda. Jelas hal ini membuat Anda lebih termotivasi.

4. Membangkitkan rasa tanggung jawab

Adalah hal mudah untuk menulis sederet goal, kemudian rencana tindak lanjut yang diambil, kemudian memasukkan daftar tersebut ke dalam laci, lalu Anda melupakannya seminggu kemudian.

Dengan menggunakan blog, untuk memetakan perkembangan goal Anda, Anda secara tidak langsung telah menempatkan diri Anda agar lebih ‘bertanggung jawab’, karena orang lain telah melihat rencana tersebut.

Sekali orang lain mengetahui goal Anda, Anda akan terpacu untuk melaksanakan segala rencana yang telah dibuat dan mengingatkan diri untuk tidak berhenti dan menyerah.

Lebih jauh, Anda juga akan mendapatkan dukungan dari mereka yang tengah berusaha mencapai goal yang sama. Ini sangat bermanfaat untuk saling bertukar pengalaman dan mengetahui perkembangan satu sama lain.

5. Mendapatkan dukungan dan masukan

Barangkali, manfaat terbesar dari sebuah blog adalah masukan dari pembaca, ketika mereka mengatakan kepada Anda mengapa mereka setuju atau pun tidak setuju.

Seringkali pembaca melihat sesuatu hal dari sudut pandang yang sama sekali tidak Anda pertimbangkan sebelumnya. Ini membantu Anda menemukan sisi kelemahan dan akan membantu Anda memahami lebih baik terhadap sesuatu hal.

Pembaca adalah sumber pengetahuan yang luar biasa. Setiap Anda membuat posting baru, bisa jadi Anda mendapatkan lebih banyak pengetahuan dari pembaca, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Dengan memberi kesempatan pendapat dan rencana Anda untuk dikritik, Anda kemudian dapat belajar dari pengetahuan kolektif, sehingga Anda dapat belajar lebih cepat, dan tentu saja mencapai tujuan Anda dengan lebih mudah.

Nah, jika saat ini Anda belum memiliki blog, dalam rangka merubah diri menjadi lebih baik, saya menyarankan untuk miliki sebuah blog. Percayalah, akan lebih banyak manfaat yang akan Anda peroleh dari sana.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here