5 Tanda Kamu Belum Siap Menikah

ERUDISI.com – Menikahlah kalau kamu sudah siap baik secara fisik dan mental, menikah juga bukanlah hal yang harus dilakukan dengan  cepat atau tergesa-gesa tunggulah sampai

Arga Fica

5 Tanda Kamu Belum Siap Menikah foto: (pexels)
5 Tanda Kamu Belum Siap Menikah foto: (pexels)

ERUDISI.com – Menikahlah kalau kamu sudah siap baik secara fisik dan mental, juga bukanlah hal yang harus dilakukan dengan  cepat atau tergesa-gesa tunggulah sampai diri kamu siap baru menikah.

Melihat teman sebaya hampir semuanya sudah menikah mungkin kamu merasa cemas dan khawatir tentang masa depanmu, apalagi jika kamu belum mempunyai pasangan pasti rasanya ingin cepat-cepat mendapatkan pasangan agar bisa melangsungkan .

Pernikahan tidak dapat dilakukan secara tergesa-gesa apalagi jika kamu sendiripun belum memiliki kesiapan yang matang untuk menjalani sebuah rumah tangga, lebih baik tenangkan dirimu sejenak dan jangan sampai kamu gegabah memutuskan untuk menikah.

Apalagi jika kamu ingin menikah karena disebabkan oleh beberapa hal berikut ini artinya menandakan  bahwa kamu belum siap lahir batin untuk menikah, dan berikut beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kamu .

:

1. Menikah Berdasarkan Keinginan

Memang semua orang mempunyai keinginan untuk dapat menikah dan hidup bahagia sampai tua bersama pasangan yang telah dipilihnya, namun menikah berdasarkan keinginan saja tidaklah cukup seseorang harus siap secara fisik dan mental karena setelah menikah nanti pasti akan ada tanggung jawab dan kewajiban yang menanti.

Jika belum siap dengan segala tanggung jawab dan kewajiban yang harus dilakukan maka jangan memutuskan untuk menikah terlebih dahulu, lebih baik tunggulah sampai kamu siap dengan semuanya.

2. Menikah Karena Usia

Tidak ada batasan maksimal usia dalam pernikahan jika kamu merasa sudah cukup umur untuk menikah namun belum siap untuk menikah, janganlah memutuskan untuk menikah lebih baik telat menikah daripada harus memaksakan diri untuk sesuatu yang belum ada niatan ataupun kesiapan dari dalam hati.

Pernikahan bukanlah hal yang mudah dan pernikahan adalah hal yang sakral untuk itu jika memang belum siap menikah jangan memaksa diri untuk segera menikah, sebab bisa saja setelah menikah nanti karena kamu belum mempunyai kesiapan mental yang baik yang dan hal tersebut dapat membuat mental kamu merasa  tertekan.

3.  Menikah Karena Capek

Biasanya kaum wanita suka mengeluh capek bekerja dan tak jarang banyak juga wanita yang mempunyai pikiran ingin menikah karena ingin dinafkahi oleh pasangannya, jika ingin menikah hanya karena capek kerja lebih baik jangan menikah dulu karena setelah menikah nanti seorang istri juga mempunyai tugas dan kewajiban tersendiri.

Apalagi jika nanti sudah mempunyai anak pasti tugas dan tanggung jawab akan bertambah dan hal tersebut juga akan terasa melelahkan kalau belum siap mental bisa saja mentalnya mengalami tekanan, sehingga mudah stress dan depresi untuk itu memilih menikah karena capek bekerja bukanlah salah satu keputusan yang tepat dan jangan jadikan pernikahan sebagai pelarian karena cepek bekerja.

4. Dipaksa Menikah

Jangan menikah karena terpaksa dengan keadaan ataupun menikah karena dipaksa oleh pasangan maupun orang tua jika memang belum ada kesiapan, sebab pernikahan bukanlah sesuatu yang bisa dipaksakan kalaupun bisa pasti nanti rumah tangganya akan mudah mengalami konflik.

Jika memang belum siap menikah bicarakanlah dengan pasangan dan orang tua mu dengan sejujurnya berserta alasannya, supaya mereka paham dan tidak memaksa kamu untuk segera menikah.

5. Belum Bisa Komitmen

Jika kamu belum bisa komitmen dengan pasanganmu itu tandanya di dalam hatimu ada sebuah keraguan, jika ingin menikah kamu harus  bisa komitmen dengan pasanganmu terlebih dahulu sebelum melangsungkan Pernikahan.

Lebih baik terlambat menikah daripada harus menikah tanpa adanya persiapan dari dalam hati percayalah  Tuhan sudah menentukan waktu yang tepat dan terbaik untuk umatnya, jadi jangan khawatir dan terburu-buru untuk memutuskan menikah.

Related Post