5 Tips Agar Tetap Bugar Bekerja di Depan Komputer

Bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama tentu dapat menimbulkan beberapa masalah bagi tubuh dan membuat tubuh menjadi tidak bugar. Rasa pegal pada sekujur tubuh, mata perih, leher sakit merupakan hal yang sering dialami saat sedang berada di depan layar komputer apalagi dalam waktu yang lama dan berulang. Tapi banyaknya pekerjaan yang menumpuk membuat kita harus selalu tetap berada di depan layar komputer.

Untuk mengurangi dampak tersebut, lakukanlah 5 tips di bawah ini agar tetap  bugar bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama.

1. Atur posisi duduk

 

Hal yang sangat perlu dan paling penting adalah atur posisi duduk. Perhatikan jarak mata dengan layar komputer. Hindari posisi membungkuk karena dapat membuat punggung dan leher Anda akan menjadi keram dan cepat lelah. Atur juga posisi keyboard dan mouse senyaman mungkin. Idealnya, tinggi keyboard dan mouse, tidak boleh lebih tinggi dari siku.

2. Jangan bekerja di tempat gelap

Saat bekerja di depan komputer, hindarilah bekerja pada tempat yang gelap. Perhatikan pula intensitas cahaya komputer dengan cahaya ruangan tempat kamu bekerja. Jangan sampai intensitas cahaya komputer lebih terang daripada cahaya ruangan. Karena hal ini dapat membuat mata bekerja lebih keras saat menatap layar komputer yang terang sehingga membuat mata kamu cepat lelah dan perih.

3. Istirahat sejenak

Meski dikejar deadline, luangkanlah waktu sejenak untuk beristirahat. Saat istirahat sempatkan untuk melihat ke arah lain jangan terus-terusan menatap layar komputer. Lakukanlah gerakan-gerakan kecil seperti berjalan, meregangkan tangan dan kaki, atau gerakan-gerakan lain seperti gerakan senam. Dengan melakukan gerakan tersebut tubuh kamu tidak akan kaku dan pegal-pegal.

4. Minum teh madu

Bekerja dengan komputer dalam waktu yang lama akan membuat tubuh menjadi pegal dan mata menjadi lelah dan juga mengantuk. Hindari kopi sebagai teman saat bekerja dengan komputer, sebaiknya minuman yang paling adalah teh madu. Karena teh madu dapat membantu mata menahan radiasi komputer. Selain itu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang dalam mengerjakan tugas.

5. Pasang filter layar

Untuk mengurangi intensitas cahaya dan dampak radiasi komputer selain dengan tidak bekerja di tempat gelap dan minum teh madu, pasanglah juga filter layar pada komputer untuk mengurangi mata perih dan tubuh tetap bugar.

Itulah 5 tips yang membantu Anda tetap bugar meski harus bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama. Dengan tips di atas, lelah, kram, mata perih bisa diminimalisir.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.