5 Tips Memperkaya Ide Penulisan

Ide adalah kunci dalam penulisan sebuah artikel. Setiap penulis membutuhkan ide yang terus mengalir, namun seringkali ide muncul sewaktu-waktu tapi juga bisa hilang tiba-tiba, jika tidak segera menuliskannya pada saat itu juga.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperkaya ide penulisan antara lain:

1. Menjadikan ponsel sebagai buku berjalan

Ide untuk bahan tulisan bisa datang sewaktu-waktu dan juga bisa hilang secara tiba-tiba. Oleh karena itu kita harus menuliskannya saat itu juga. Misalkan kita sedang berjalan-jalan dengan keluarga tercinta kemudian kita menemukan sebuah ide penulisan maka tulislah ide tersebut meskipun hanya dalam bentuk kalimat singkat.

Setelah kita menuliskan kejadian yang kita alami dalam kalimat singkat, selanjutnya kita bisa mereview dan mengembangkan artikel dari judul yang telah kita buat. Karena kita telah mengalami dan melihat kejadian tersebut secara nyata, maka tulisan kita akan semakin hidup dan memiliki nilai berbeda.

2. Menulis berdasarkan pengalaman

Cara menulis berdasarkan pengalaman ini adalah cara menulis yang paling mudah, karena kita tidak memerlukan daya khayal yang tinggi. Karena kita telah melakukan dan telah mengalami kejadian tentang apa yang akan kita tulis, seperti misalnya saya menulis tentang Bukit Sikunir.

Saya dengan mudah menggambarkan dan mendeskripsikan keadaan dan peristiwa-peristiwanya karena saya pernah mengalaminya sendiri. Berbeda jika saya belum pernah mengunjungi bukit tersebut, maka saya akan kesulitan untuk menuliskan artikel tentangnya.

3. Sering berkunjung ke forum

Anda bisa secara aktif berdiskusi di forum yang anda sukai. Di forum apa saja baik tentang penulisan maupun forum-forum lainnya yang anda suka. Dengan berdiskusi dengan orang banyak bisa saja ide muncul dari situ. Bahkan dari topik yang tidak dibahas di dalam forum tersebut.

4. Sering melihat berita

Berita bisa berasal dari televisi, radio, maupun website berita. Dengan sering membaca berita atau artikel, anda akan memiliki banyak referensi dalam penulisannya nanti. Yang terpenting, anda tidak sekadar mereview ulang dari berita yang anda baca, melainkan hanya menggunakan media tersebut sebagai referensi tambahan dalam menghasilkan tulisan anda sendiri.

5. Mengistirahatkan otak anda sejenak

Menulis tidak bisa dipaksakan karena jika kita menulis berdasarkan paksaan, bukan berdasarkan apa yang ingin kita tulis, biasanya tulisan kita tidak padu dan terkesan dibuat-buat. Jika otak telah kelelahan, sebaiknya anda istirahat dan berekreasi.

Keluar rumah, jalan-jalan ke kebun, main game atau hal-hal lainnya yang membuat anda rileks kembali. Setelah itu baru anda boleh menulis kembali.