5 Tips Utama bagi Blogger Profesional

Kunci utama untuk sukses sebagai blogger profesional

Bila Anda telah siap berubah dari yang awalnya blogging hanya sebatas hobi menjadi blogger profesional, di mana orang lain bersedia membayar Anda sebagai menulis mereka, maka Anda harus mulai membiasakan diri dengan 5 tips sukses untuk blogger profesional di bawah ini. Agar memastikan Anda berada di jalur yang tepat dan mampu menjalani karir yang cemerlang.

Berikut adalah tips utama bagi seorang blogger profesional:

1. Spesialisasi

Untuk lebih membuka jalan lebih lebar menjadi seorang blogger profesional, yang mampu meraih penghasilan tinggi, Anda mesti menemukan di area topik mana Anda memiliki keahlian terbaik, lalu fokus ke topik tersebut.

Tempatkan diri Anda di dunia blogger sebagai seorang ahli di bidang itu dengan fokus pada 1 – 3 subjek lalu mulai mencari job yang berkaitan dengan itu.

2. Diversifikasi sumber penghasilan

Untuk sukses sebagai blogger profesional, Anda perlu mulai memperbanyak sumber pendapatan. Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi pada satu blog tempat Anda menulis untuk orang lain atau sebuah perusahaan. Dan ya, sayangnya dunia blogging amat cepat berubah dari waktu ke waktu, dan sebuah job blogging yang saat ini terlihat mantap, suatu hari bisa saja menghilang. Lindungi diri Anda sendiri dengan menemukan sumber pendapatan lebih dari satu blog.

3. Berikan konten orisinal selalu

Karena perlu memperbanyak job ke banyak tempat sekaligus, sangat penting untuk tetap menjaga konten Anda selalu orisinal. Meski kontrak blogging Anda tidak secara spesifik menyebutkan bahwa konten yang Anda berikan mesti asli dan original atau bukan hasil salinan dari manapun, jangan pernah memberikan konten salinan dari mana pun, untuk membangun reputasi Anda sebagai blogger profesional.

4.  Buat rencana kerja

Salah satu kekurangan terbesar dari profesi seorang blogger adalah masalah waktu. Seorang blogger profesional diharapkan mampu bekerja kapan pun, 365 hari dalam setahun. Dengan begitu, kesuksesan Anda sebagai blogger profesional tergantung dari kemampuan Anda membuat planning, kapan Anda harus off untuk berlibur, sakit atau keadaan darurat lain sebagainya. Tapi ingat, bahwa bagaimanapun kehidupan yang Anda jalani, Anda tetap harus memenuhi kontrak yang telah disepakati.

5. Jangan meremehkan diri sendiri

Blogger yang baru saja memulai sebagai “blogger yang dibayar”, biasanya cenderung menganggap atau menilai diri terlalu rendah dengan menerima job blogging dengan bayar yang minimum.

Ambil waktu beberapa lama untuk menghitung rate per jam dari kerja blogging Anda. Pastikan bayaran yang Anda terima cukup besar dan layak.

Coba pikirkan: waktu yang Anda dihabiskan untuk blogging dengan bayaran yang terlalu kecil, bisa Anda gunakan untuk mencari job blogging dengan bayaran yang memadai. Itu lebih baik pada akhirnya.

Tentu, semua blogger profesional pasti akan melewati tahap-tahap memulai, namun seiring pengalaman Anda dan membangun reputasi online Anda sebagai seorang ahli di niche blogging Anda, maka peluang untuk memperoleh job memadai sungguh akan terbuka. Jadi, jangan ‘menjual’ diri Anda terlalu cepat, dengan harga terlalu murah.