6 Aplikasi Smartphone sebagai Pendukung Toko Online

Sekarang ini belanja dengan cara datang langsung ke toko, mall, supermarket, atau ke warung udah gak jaman lagi. Sekarang zamannya belanja secara online, apakah itu makanan, pakaian, barang elektronik, ponsel dan lain sebagainya.
Oleh sebab itu banyak yang mengalihkan profesinya menjadi penjual online. Dalam melakukan penjualan secara online, anda membutuhkan alat bantu untuk menjalankan toko online anda seperti komputer dan smartphone yang terkoneksi internet. Selain komputer dan smartphone, anda juga membutuhkan beberapa aplikasi sebagai pendukung toko online anda.

1. Aplikasi penyedia lapak

Aplikasi jenis ini sangat dibutuhkan untuk anda yang sedang atau akan memulai berjualan online. Aplikasi penyedia lapak berfungsi untuk mempromosikan dan menjual produk anda. Aplikasi ini menghubungkan antara pembeli dengan penjual.
Contoh aplikasi penyedia lapak yang dapat anda gunakan seperti Buka Lapak, Tokopedia, atau Kaskus.

2. Aplikasi edit foto

Dalam berjualan online anda tentu harus menampilkan foto produk yang anda jual, otomatis anda memerlukan aplikasi untuk edit foto di smartphone anda. aplikasi edit foto ini dibutuhkan untuk mengatur pencahayaan foto, cropping, menggabungkan beberapa foto dalam bentuk frame.
Aplikasi untuk edit foto ini sangat banyak dan tentunya sudah familiar apalagii bagi kalangan wanita. Anda dapat menggunakan PicsArt, Photoshop Express, Lipix dan masih banyak yang lain.

3. Aplikasi chatting

Bagi pengguna smartphone tentu saja jenis aplikasi ini bukanlah hal yang tabu. Aplikasi jenis ini tentu saja digunakan untuk berkomunikasi dengan pembeli. Selain itu aplikasi chatting juga mempunyai kelebihan dari sms, seperti menggunakan emoticon, dapat mengirim gambar, dan tentunya tidak perlu mengeluarkan pulsa atau pasang paket untuk sms.
Aplikasi chatting yang digunakan untuk komunikasi dengan pembeli haruslah aplikasi yang banyak penggunanya seperti BBM, Facebook Messenger, Line, dan Whatsapp.

4. Aplikasi sosial media

Aplikasi sosial media digunakan untuk mempromosikan barang atau toko online anda. Media sosial juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan anda. selain itu media sosial juga dapat mempererat hubungan antara penjual dengan pembeli.
Contoh media sosial yang dapat digunakan antara lain Facebook, twitter, Path dan Instagram. Di Facebook misalnya, anda dapat membuat fanspage untuk toko online anda.

5. Aplikasi mobile banking

Untuk melakukan pembayaran dalam belanja online biasanya pembeli men-transfer uang ke rekening penjual. Setelah pembeli men-transfer uang pembayaran, pembeli akan mengrim struk bukti transfer ke penjual. Terkadang penjual tak puas hanya dengan pengiriman struk bukti transfer, dan harus memeriksa apakah memang sudah transfer atau belum?
Untuk cek bukti transfer, biasanya pedagang menggunakan internet banking atau aplikasi mobile banking. Sebagai toko online professional tentunya anda harus memiliki beberapa rekening bank yang berbeda. Dengan banyaknya pelanggan yang sudah transfer, dan anda harus cek satu persatu pasti akan membuat anda repot. Sekarang ini, sudah ada aplikasi untuk memudahkan anda men-cek semua transaksi di seluruh rekening bank anda. aplikasi tersebut adalah Veryfund. Dengan Veryfund anda gak perlu cek satu per satu akun internet banking anda. satu aplikasi untuk seluruh akun rekening bank anda.

6. Aplikasi cek ongkos kirim

Apapun produk atau barang yang anda jual, pertanyaan tentang ongkos kirim atau ongkir pasti ditanyakan oleh pelanggan. Jadi solusi terbaiknya adalah menggunakan aplikasi untuk cek ongkos kirim. Contoh aplikasi untuk cek ongkos kirim antara lain Raja Ongkir, Ongkos Kirim Lengkap.
Selain menanyakan ongkos kirim, pelanggan juga sering bertanya tentang keberadaan paketnya. Sebaiknya gunakan aplikasi cek ongkir yang juga bisa untuk cek resi pengiriman contohnya Ongkirku atau Ongkos Kirim Indonesia.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here