6 Cara Memulai Percakapan dengan Orang Baru

ERUDISI.com – Saat berada dalam lingkungan baru ataupun sebuah tempat dan ruangan bersama dengan orang lain seperti sedang antri karena menunggu teman ataupun menunggu interview

Arga Fica

6 Cara Memulai Percakapan dengan Orang Baru foto:(pexels)
6 Cara Memulai Percakapan dengan Orang Baru foto:(pexels)

ERUDISI.com – Saat berada dalam lingkungan baru ataupun sebuah tempat dan ruangan bersama dengan orang lain seperti sedang antri karena menunggu teman ataupun menunggu interview atau karena hal yang lainnya, pasti tentu dalam hati kita ada perasaan ingin melakukan sebuah obrolan ataupun percakapan kepada seseorang yang sedang ada didekat kita.

Namun kita tentu merasakan canggung dan malu ketika ingin mencoba lekas dengannya dan sebaliknya terkadang orang lain pun tidak memiliki cukup keberanian untuk berbicara dengan orang asing atau baru, ketika kita sedang berada disebuah tempat sendirian tidak ada satu orang pun yang kita kenal pasti rasanya sangat sepi meskipun ditengah keramaian.

Jika kita ingin seseorang dapat berbicara dan mengenal kita maka kita harus lebih dulu melekasinya dengan melakukan sedikit pendekatan, tentunya kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar pendekatan kita bisa berjalan dengan lancar dan baik.

:

1. Siapkan Topik Obrolan

Ketika kita baru pertama kali berjumpa dengan seseorang pasti kita akan mengalami kesulitan saat menyiapkan topik obrolan dan seakan-akan kita sendiri tidak tau percakapan apa yang menarik untuk orang lain agar mau menerima maksud kita.

Sebenarnya ketika baru pertama kali berjumpa dengan orang baru kita tidak perlu menyiapkan topik yang berat cukup siapkan topik percakapan yang sederhana saja kalau bisa yang berkaitan dengan situasi dan tempat, misalnya saja kita sedang menunggu giliran interview maka kita bisa mencoba bertanya posisi pekerjaan apa yang sedang dilamar nya.

Dari topik obrolan kecil yang sederhana namun menarik untuk dibicarakan bisa menjadi awal langkah dengan orang lain, jadi jangan ragu untuk memulai pembicaraan kepada orang baru.

2. Mencoba Bertanya

Banyak sekali orang yang bingung mau membuka sebuah pembicaraan dengan bagaimana. Jadi kebanyakan orang cenderung mencoba mengajukan pertanyaan kepada orang lain sebagai awal memancing obrolan atau pembuka pembicaraan seperti menanyakan nomor antrian berapa, jam berapa hingga menanyakan daerah asalnya sebagai salah satu cara membuka percakapannya.

Perlu diingat yang terpenting saat bertanya dengan orang yang baru kita kenal hindari bertanya tentang soal pribadinya karena hal tersebut dapat membuat orang lain merasa kurang nyaman saat didekat kita dan tindakan tersebut kurang sopan, kita memang boleh mencoba bertanya kepada orang lain tapi yang sewajarnya saja lah jangan sampai menyinggung kehidupan pribadinya.

3. Menjaga Sikap

Ketika kita sudah berhasil membuka sebuah obrolan tak jarang kita juga menambahkan candaan dalam obrolan agar orang lain semakin tertarik untuk berbicara dengan kita, namun ada beberapa tipe orang yang gaya bercandanya kelepasan misalnya saat ada topik yang dianggapnya lucu dia menepuk atau memukul pundak orang lain atau bahkan mendorong orang lain karena lucunya topik pembicaraan.

Jika kita melakukan tindakan tersebut kepada orang yang baru kita temui maka orang lain akan risih dan menganggap kita orang sok kenal dan akrab karena sudah berani menyentuhnya, bisa jadi orang tersebut akan mencari alasan agar bisa menghindar dari kita jadi usahakan selalu menjaga dan mengontrol sikap kita dimanapun kita berada.

4. Hindari Curhat

Sebesar apapun masalah yang sedang kita hadapi jangan sampai menceritakan masalah kepada orang lain apalagi orang baru yang belum kita kenal, karena tidak semua orang harus mengetahui masalah yang sedang kita alami dan orang lain belum tentu juga ingin mendengarkan cerita kita dan juga curhat kepada orang lain dapat membuat orang tersebut bingung harus menanggapi curahan hati kita bagaimana untuk itu hindari curhat masalah pribadi kita kepada orang lain.

5. Menawarkan Makanan

Jika kita mempunyai snack atau makanan ringan namun kita sungkan memakannya karena ada orang lain maka tidak ada salahnya jika kita mencoba menawarkan atau berbagi makanan yang kita punya kepadanya untuk dinikmati bersama, cara ini juga ampuh untuk memulai percakapan dengan orang baru.

6. Hindari Meminta Nomor

Biasanya seseorang jika tertarik dengan lawan jenis tanpa ragu langsung meminta nomor pribadinya dengan alasan ingin mengenalnya lebih dalam, jelas hal tersebut dapat membuat lawan jenis bingung dan merasa kurang nyaman karena baru juga kenal dan ngobrol sebentar tapi sudah memberanikan diri untuk meminta nomor telponnya.

Perlu kita ketahui tidak semua orang bisa memberikan nomornya kepada orang lain apalagi orang yang baru dia kenal karena menurut sebagian orang nomor telpon itu sifatnya privasi jadi tidak semua orang bisa mendapatkannya, jika ingin mengenalnya atau ingin tau kontaknya cobalah menanyakan media sosial yang dia punya jangan nomor telponnya.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membuka percakapan dengan orang baru yang setiap saat dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari, tidak ada salahnya jika kita dengan orang baru siapa tau juga orang yang baru kita jumpai dapat berpotensi menjadi teman.

Related Post