6 Cara Mencegah Anak Rewel Saat Diajak Berpergian dan Bertamu

ERUDISI.com – Ketakutan bagi mereka yang telah menikah dan mempunyai seorang anak adalah takut anak rewel. Jika  ada acara kumpul bersama teman rasanya bimbang sekali.

Arga Fica

https://www.istockphoto.com/id/foto/teman-balita-yang-memiliki-kencan-bermain-gm1425704945-470104691?phrase=anak%20ibu%20dan%20teman

ERUDISI.com – Ketakutan bagi mereka yang telah menikah dan mempunyai seorang anak adalah takut anak rewel. Jika  ada acara kumpul bersama teman rasanya bimbang sekali.

Pengen ketemu dan berkumpul dengan sahabat ataupun teman-teman untuk melepaskan rasa rindu kepada mereka rasanya sulit sekali karena sudah mempunyai anak, apalagi jika anak kita masih usia balita atau memasuki usia sekitar 6-8 tahun.

Sangat susah sekali bagi mereka yang telah menikah dan mempunyai anak kecil untuk menghadiri acara pertemuan dengan teman-teman nya. Karena didalam hatinya terdapat rasa gelisah yang membuat hati terasa tidak tenang takutnya jika nekat pergi anak menjadi rewel.

Ada banyak sekali ibu yang merasa sedih karena sebagian ibu memilih untuk tidak pergi berkumpul dengan teman-teman nya karena takut anaknya nanti rewel sehingga memilih untuk melewatkan moments itu. 

Sebenarnya ada cara untuk membuat si buah hati saat diajak berpergian dan bertamu merasa tenang, nyaman dan betah loh bu .

Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu ibu menenangkan serta memberi rasa nyaman kepada anak sehingga anak menjadi tidak rewel saat diajak berpergian. 

Cara agar anak tidak rewel saat diajak berpergian :

1. Membuat kesepakatan

Jika kita takut anak akan rewel saat berpergian maka dari itu sebelum pergi langkah pertama yang dapat dilakukan adalah meminta anak untuk berjanji agar nanti tidak rewel jika sudah sampai tempat tujuan. 

Jika anak menyetujui kesepakatan yang telah dibuat maka ibu-ibu tidak perlu khawatir lagi untuk mengajaknya, karena anak kecil akan mengerti dan menurut. 

2. Membawa snack kesukaan

Cara yang mudah untuk dilakukan selanjutnya adalah sebelum berpergian siapkan makanan, minuman atau snack kesukaan anak. Dengan membawakan makanan kesukaan anak, anak akan merasa lebih happy dan tenang.

3. Membawa mainan

Jangan lupa juga ketika mengajak anak pergi bertamu siapkan mainan untuknya, tidak usah membawa mainan yang banyak cukup ibu menyiapkan 1-3 mainan yang disukai oleh anak. 

Membawa mainan untuk anak sangatlah bermanfaat karena anak akan lebih fokus memainkan mainannya sehingga cara ini dapat dilakukan untuk

4. Bermain ponsel

Jaman sekarang ini hampir semua anak senang sekali melihat dan bermain ponsel entah itu dipakai untuk bermain game ataupun melihat video kesukaan mereka. Jadi ibu bisa memberikan ponsel ibu sebentar kepada anak untuk mencegah anak rewel. 

5. Carikan teman bermain

Anak memang gampang sekali merasa bosan jika tidak ada sesuatu yang menarik menurutnya, namun anak akan merasa lebih senang jika ada teman sebaya ataupun anak yang lebih besar darinya. Karena jika anak telah mendapatkan teman dia akan sibuk bermain dengan teman-teman nya. 

Untuk itu jika ibu menemukan anak kecil yang dapat dijadikan teman untuk anak ibu alangkah baiknya ibu mencoba membantu sang anak melakukan pendekatan agar dapat berteman dengannya. 

6. Mengajak anak berbicara

Biasanya kalau ibu-ibu sudah ngumpul dan ngobrol dengan teman-teman nya pasti akan terbawa suasana asik sendiri sehingga lupa kalau mengajak anak, salah satu hal yang dapat membuat anak bosan saat diajak bermain atau bertamu adalah karena tanpa sadar sikap ibu yang cuek kepada anak sehingga anak merasa kurang diperhatikan. 

Untuk itu jangan lupa ajaklah anak ikut berbicara dan bercanda agar tidak merasa dirinya dicuekin. 

Saat anak rewel jangan langsung dibentak ataupun dimarahi jika ibu sampai membentak dan memarahi anak maka anak akan lebih rewel lagi. Lakukan beberapa cara-cara yang tertulis di atas untuk mencegah anak rewel saat diajak bermain atau bertamu. Semoga dapat membantu.  

 

 

Related Post