6 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat

ERUDISI.com – Saat hendak menyusun rencana atau mengambil keputusan untuk mendapatkan keputusan dan solusi yang tepat biasanya dilakukan diskusi bersama orang lain, dalam proses diskusi

Arga Fica

6 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat foto:(pexels)
6 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat foto:(pexels)

ERUDISI.com – Saat hendak menyusun rencana atau mengambil keputusan untuk dan solusi yang tepat biasanya dilakukan diskusi bersama orang lain, dalam proses diskusi setiap orang berhak untuk menyampaikan pendapatnya.

Dalam proses diskusi setiap orang bebas menyampaikan setiap ide dan pendapatnya demi menemukan solusi yang tepat, namun tak jarang setiap pendapat yang disampaikan oleh masing-masing orang berbeda dengan pendapat yang kita miliki. Justru dengan yang ada seseorang bisa bersatu untuk mencari solusi yang tepat.

Namun sayangnya tidak semua orang dapat menerima perbedaan pendapat dari orang lain dan perbedaan pendapat tersebut malah bisa membuat seseorang terlibat dalam konflik jika kedua orang yang terlibat diskusi memiliki sifat yang keras kepala, jika ingin menemukan sebuah solusi untuk mendapatkan keputusan yang tepat kita harus bisa menghargai setiap perbedaan pendapat dari orang lain dengan cara berikut.

:

1. Mendengarkan

Ketika seseorang sedang menyampaikan pendapatnya meskipun berbeda dengan pendapat kita jangan memotong pembicaraan atau mengabaikan pembicaraan nya dengan bermain ponsel ataupun melakukan sesuatu lainnya, dengarkan pendapat yang disampaikan orang lain dengan jelas supaya tidak terjadi kesalahpahaman karena setiap orang yang menyampaikan pendapatnya pasti mempunyai alasan yang jelas.

2. Tetap Tenang

Saat menemukan tetaplah menjaga diri agar tetap dalam kondisi tenang hindari emosi, jika kita terpancing dengan emosi karena perbedaan pendapat maka kita tidak akan bisa menemukan solusi dan bisa jadi malah menambah konflik baru.

3. Memiliki Alasan Yang Kuat

Ketika kita mempunyai pendapat yang kita rasa bisa menjadi solusi yang terbaik untuk bersama maka kita harus mempunyai keyakinan dan alasan yang kuat mengenai pendapat yang kita ucapkan, agar orang lain dapat paham dengan pendapat yang kita sampaikan.

4. Hindari Memaksakan Pendapat

Perbedaan dalam mengemukakan pendapat merupakan hal yang biasa namun jangan sampai kita merasa bahwa pendapat kita sendirilah yang paling benar dan pantas untuk disetujui, jangan memaksa orang lain untuk memakai setiap pendapat yang kita sampaikan meski pendapat yang kita sampaikan mempunyai tujuan yang baik.

Biarkan orang lain mendengarkan pendapat kita terlebih dahulu dan jika memang pendapat kita mampu membuka pikiran orang lain, kemungkinan besar pendapat yang kita sampaikan bisa diambil dalam membuat keputusan. Tentu dengan mempertimbangkan juga pendapat dari beberapa orang yang telah nya.

5. Menerima Perbedaan

Dalam diskusi semua orang pasti mempunyai pendapat yang menurutnya tepat dan dapat menjadi solusi untuk bersama karena diskusi merupakan tempat menampung semua ide,gagasan dan pikiran dari setiap orang demi mendapatkan sebuah solusi. Untuk itu kita harus bisa menerima perbedaan pendapat dari setiap orang karena setiap perbedaan pendapat dapat dikumpulkan dan didiskusikan bersama sehingga terciptanya sebuah solusi.

6. Menerima Keputusan

Setelah diskusi selesai dan keputusan sudah disepakati bersama maka kita harus bisa menghargai keputusan yang telah dibuat, jika pendapat kita tidak dipakai jangan terus memaksakan pendapat yang kita miliki mau tidak mau kita harus bisa menerima,menghargai dan menghormati keputusan yang telah disepakati bersama.

Jangan jadikan perbedaan pendapat sebagai bahan untuk berdebat dengan orang lain namun kita juga harus bisa menyadari bahwa dengan adanya perbedaan pendapat kita bisa menemukan solusi yang terbaik untuk bersama.

Related Post