perkembangan kognitif anak

6 Kecerdasan Manusia Menurut Gardner

adalah makhluk unik yang memiliki beberapa sekaligus. Kecerdasan ini akan berbeda-bea tingkatanya antara manusia yang satu dan manusia yang lainya.

Dari kecerdasan ini muncul beragam profesi di dunia ini, mulai dari insinyur, arsitek, seniman, psikolog dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah 6 kecerdasan yang dimiliki oleh manusia menurut :

1. Linguistic intelligence (kecerdasan linguistik)

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan berpikir dalam bentuk kata-kata dan menggunakan bahasa untuk mengekspresikan dan menghargai makna yang kompleks.

Contoh: para pengarang, penyair, jurnalis, pembicara dan penyiar berita yang mempunyai kecerdasan linguistik yang tinggi.

2. Logical mathematical intelegence (kecerdasan logika matematik)

Kecerdasan logika matematik ini merupakan kemampuan dalam menghitung, mengukur, dan mempertimbangkan proposisi dan hipotesis serta menyelesaikan operasi-operasi matematika.

Contoh: para ilmuwan, Insinyur, akuntan, ekonom, dan lain sebagainya.

3. Spatial intelligence (kecerdasan spasial)

Kecerdasan spasial ini membangkitkan kapasitas untuk berpikir dalam 3 dimensi. Seperti yang dapat dilakukan oleh pelaut, pilot, pengamat dan arsitek.

Kecerdasan ini memungkinkan seseorang untuk merespon bayangan eksternal dan internal, melukiskannya kembali, merubah atau memodifikasi bayangan, mengemudikan diri sendiri dan objek melalui ruangan dan menghias atau menguraikan informasi grafik.

4. Musical intelligence (kecerdasan musik)

Kecerdasan musik ini jelas kelihatan pada seseorang yang memiliki sensitifitas pada titi nada, melodi dan ritme. Orang-orang yang mempunyai kecerdasan ini antara lain musisi dan pembuat alat musik.

5. Interpersonal intelligence (kecerdasan intrapersonal)

Kecerdasan intrapersonal merupakan kemampuan untuk membuat persepsi yang akurat tentang diri sendiri dan menggunakan pengetahuan semacam itu dalam merencanakan dan mengarahkan kehidupan seseorang.

Contoh: ahli ilmu Agama, ahli dan filsafat.

6. Body kinesthetic intelligence ( kecerdasan kinestetik tubuh )

Kecerdasan kinestetik tubuh memungkinkan seseorang untuk menggerakkan objek dan keterampilan-keterampilan fisik yang halus.

Contoh: jelas kelihatan pada diri atlet, penari, ahli bedah dan seniman yang mempunyai keterampilan teknik.

Check Also

pendidikan potensi

Implikasi Penerapan Prinsip Konvergensi dalam Pendidikan

Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya, teori konvergensi tidak menafikan secara mutlak faktor pembawaan dan juga tidak menafikan secara …