6 Penyebab Kaos Kaki Cepat Berbau dan Cara Mengatasinya

Pernahkah anda mencium bau kaos kaki dari rekan sekantor anda? Bagaimanakah reaksi anda ketika mencium bau kaus kaki rekan sekantor Anda yang sangat menyengat ketika dilepas dari sepatu. Tentu saja hal ini akan sangat memalukan.

Apalagi jika hal ini menimpa pada diri Anda. Bagaimana anda akan bertemu klien jika anda mengalami masalah bau pada kaos kaki. Padahal bau kaus kaki akan melekat pada kaki Anda ketika Anda melepas sepatu, misalkan untuk kegiatan sholat atau masuk ke rumah calon klien Anda. Tentunya hal ini akan sangat memalukan bagi anda. Di bawah ini ada 6 hal yang membuat kaos kaki cepat berbau dan cara mengatasinya.

1. Kutu air

Jika kita mengalami masalah kutu air pada kaki kita. Biasanya kaos kaki yang kita kenakan akan cepat berbau, karena kutu air akan berkembang dengan cepat di dalam sepatu yang lembab dan tertutup. Oleh karena itu agar kaos kaki yang kita kenakan tidak cepat berbau kita harus segera mengobati dan menghilangkan kutu air dari kaki kita.

2. Kebiasaan memasukkan kaos kaki ke dalam sepatu

Kaos kaki yang dimasukkan kedalam sepatu dalam waktu yang lama akan berbau. karena kaos kaki yang telah dipakai akan terkena bakteri. Padahal bakteri anaerob akan mudah berkembang di tempat yang kedap dengan udara.

3. Kaos kaki atau sepatu Anda basah

Kaos kaki atau sepatu yang basah membuat lingkungan di dalam sepatu menjadi tempat yang paling tepat untuk berkembangnya bakteri. Apalagi jika air yang membasahi sepatu Anda adalah ada air kotor atau kaki anda agak sedikit kotor, atau kaos kaki yang dipakai anda kotor. Maka bakteri, air, dan keringat akan bercampur di dalamnya dan akan membuat kaos kaki Anda berbau.

4. Kaos kaki jarang dicuci

Kaos kaki yang jarang dicuci memang tidak akan berbau ketika diangin-anginka. Karena bakteri anaerob yang tumbuh dan berkembang pada lingkungan yang tidak memiliki oksigen akan mati jika terpapar oleh oksigen. Namun masih ada beberapa bakteri yang hidup di dalamnya.

Dengan kaos kaki yang kotor dan lingkungan yang lembab di dalam sepatu akan membuat bakteri ini berkembang dengan pesat. Ditambah lagi dengan keringat yang ada dalam sepatu kita maka akan membuat kaos kaki kita mudah berbau

5. Sepatu kotor

Meskipun kaos kaki yang kita kenakan bersih, jika sepatu yang kita gunakan kotor maka hal ini sama saja akan membuat perkembangan bakteri di dalam sepatu kita berkembang sangat pesat. Hal inilah yang menyebabkan sepatu, kaki, dan kaos kaki kita terkontaminasi sehingga akan membuat bau yang tidak enak

6. Karena faktor cuaca

Biasanya kaos kaki akan cepat berbau ketika musim hujan, pada lingkungan luar yang lembab menyebabkan kaki kita mudah basah, kaos kaki lembab dan sepatu kita juga lembab. Sehingga lingkungan sepatu dan lingkungan luar sangat mendukung untuk berkembangnya bakteri-bakteri di dalam sepatu kita. Oleh karena itu jika musim hujan tiba, sebaiknya kita harus sering-sering mencuci dan mengeringkan kaos kaki kita agar tidak berbau.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC