6 Penyebab Keretakan dalam Hubungan Pernikahan

ERUDISI.com – Dalam menjalankan pernikahan atau rumah tangga kadang tidak selalu berjalan dengan mulus, terkadang ada saja cobaan yang datang untuk menguji seberapa kuat jalinan

Arga Fica

6 Penyebab Keretakan dalam Hubungan Pernikahan foto: (pexels)
6 Penyebab Keretakan dalam Hubungan Pernikahan foto: (pexels)

ERUDISI.com – Dalam menjalankan atau rumah tangga kadang tidak selalu berjalan dengan mulus, terkadang ada saja cobaan yang datang untuk menguji seberapa kuat jalinan rumah tangga yang seseorang sedang bangun.

Tugas masing-masing pasangan adalah saling menjaga dan mempertahankan hubungan pernikahan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, biasanya beberapa tindakan berikut ini yang dapat menjadi penyebab keretakan dalam hubungan pernikahan yang harus kita ketahui.

:

1. Tidak Terbuka Dengan Pasangan

Setelah menikah nanti kamu dan pasanganmu telah menjadi satu untuk itu jika ada sesuatu yang terjadi padamu, maka pasanganmu juga berhak untuk mengetahuinya.

Jangan memilih untuk memendam dan merahasiakan segala sesuatu dari pasanganmu, lebih baik bicaralah terus terang tanpa ada yang ditutup-tutupi agar pasanganmu dapat mengerti dan siapa tahu pasanganmu dapat membantumu.

Jika kamu memilih menutupi semua dari pasanganmu sama saja dengan kamu kurang menghargai pasanganmu, seorang pasangan pasti siap menemani dikala kamu susah dan senang jadi jangan merahasiakan apapun dari pasanganmu.

2. Kurang Komunikasi

Jika kamu sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan pasanganmu maka komunikasi adalah kunci keberhasilan dalam suatu hubungan, meskipun kamu sedang jauh diluar kota bahkan luar negeri asalkan selalu menjaga komunikasi pasti hubungan kalian dapat berjalan dengan harmonis.

Untuk itu jika kamu sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan pasanganmu jangan lupa untuk terus menjaga komunikasi sesibuk apapun, jangan biarkan kesibukanmu membuat pasanganmu merasa gelisah dan menjadi berpikir yang bukan-bukan.

Jika kamu memang banyak kesibukan maka kabari pasanganmu dan katakanlah yang sejujurnya, percayalah bahwa pasanganmu pasti dapat mengerti tentang kesibukan yang sedang kamu kerjakan.

3. Sering Curiga

Kunci sukses dan harmonisnya suatu hubungan pernikahan adalah saling percaya satu sama lain, jika kamu selalu sering menaruh curiga pada pasanganmu artinya kamu kurang bisa mempercayai pasanganmu.

Seseorang dapat curiga pada pasangan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti mendapatkan informasi dari orang lain tanpa mengecek dulu kebenarannya, curiga karena merasa pasangan ada perubahan sikap dan lain sebagainya.

Jika pasanganmu mengetahui kalau kamu sedang curiga padanya pasti dia akan merasa kecewa dan kesal, perubahan sikap pasangan bisa terjadi karena beberapa penyebab misalnya karena capek ataupun suasana hati yang kurang baik karena pekerjaan ataupun hal yang lainnya berhentilah berpikir yang negatif.

4. Berbohong

Jangan pernah membohongi pasanganmu hanya karena kamu takut pasanganmu merasa kecewa ataupun menjadi marah dengan perbuatan yang telah kamu lakukan, Jika kamu berbuat salah maka beranikan diri untuk mengakui kesalahan yang telah kamu lakukan.

Jika pasanganmu merasa kesal dan kecewa dengan perbuatan yang kamu lakukan itu adalah hal yang wajar, namun pasanganmu akan mencoba mengerti dan menghargai sikap kejujuranmu.

5. Masalah Ekonomi

Hal yang bisa meretakkan pernikahan salah satunya juga bisa dari faktor keuangan setelah berumah tangga nanti memang kebutuhan semakin bertambah, apalagi jika penghasilan yang dimiliki pas-pasan atau bahkan belum memiliki pekerjaan yang tetap.

Tidak sedikit pasangan suami istri yang kuat bertahan dengan kondisi keuangan yang belum stabil dan pada akhirnya memilih untuk berpisah, namun ada juga selalu mensupport pasangannya dan bersedia ikut bekerja demi bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

6. Perselingkuhan

Keretakan dalam hubungan pernikahan bisa juga disebabkan oleh salah satu pasangan yang kurang mempunyai rasa tanggung jawab dan kesetiaan pada pasangannya, orang yang tidak bisa setia terhadap pasangannya maka dia akan sibuk mencari orang lain yang menurutnya lebih baik dan menarik dari pasangannya.

Tanpa memikirkan perasaan pasangannya dan dampak bagi pernikahannya, sebab orang yang selingkuh selalu memikirkan kesenangan dirinya sendiri.

Itulah beberapa hal yang harus kita ketahui dan sebisa mungkin kita hindari sebab dapat , agar rumah tangga dapat berjalan dengan tenang dan tentram.

Related Post