6 Sumber Makanan Untuk Melancarkan ASI

Bayi yang baru saja lahir wajib mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan, kemudian dilanjutkan lagi hingga usianya 2 tahun. Setiap ibu tentunya ingin memberikan ASI dengan lancar agar kebutuhan sang buah hati tercukupi. Ada berbagai macam sumber makanan untuk lancar ASI bagi ibu menyusui. Namun apabila ingin praktis, Anda bisa mencoba produk dari Herba Asimor.

Produk tersebut merupakan produk yang berasal dari herbal atau sedikit mengandung bahan kimia, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Apabila ingin mengonsumsi makanan aslinya juga bisa asalkan mengetahui porsi yang dibutuhkan dalam sehari atau sesuai kebutuhan.

Rekomendasi Makanan untuk Memperlancar ASI

1. Sayuran Hijau

Tidak dapat dipungkiri bahwa sayuran hijau memang terkenal akan kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh, tidak terkecuali pada ibu menyusui. Sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi zat besi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh ibu menyusui pasca melahirkan. Menurut penelitian, kekurangan zat besi pada ibu hamil bisa menyebabkan produksi ASI berkurang.

Oleh karena itu, pasca melahirkan disarankan untuk mengonsumsi berbagai macam sayuran hijau. Beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi diantaranya ada bayam, daun kelor, sawi pahit dan sejenisnya.

2. Kacang-kacangan

Selanjutnya ada kacang-kacangan yang dipercaya dapat membantu produksi ASI. Beberapa jenis yang disarankan yaitu kacang almond, mete serta macademia. Disarankan untuk mencari dan mengonsumsi jenis kacang yang rendah sodium dan bebas dari garam. Jika memungkinkan, sebaiknya mencari yang masih original dan bukan produk olahan.

Kacang-kacangan ini bisa dikonsumsi sebagai camilan atau campuran bahan lainnya. Biasanya para ibu menyusui mengolah kacang almond dengan susu agar lebih nikmat. Pada beberapa jenis kacang lainnya ada yang memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan tentunya membuat ibu menyusui menjadi lebih sehat.

3. Oats

Oats atau gandum original merupakan salah satu sumber makanan yang dapat memperlancar ASI. Makanan ini mengandung nutrisi yang baik seperti vitamin B, zat besi, kalsium, serat dan sebagainya. Meskipun oats terkenal memiliki rasa yang hambar, Anda bisa mengonsumsinya menjadi berbagai macam jenis makanan.

Salah satu resep paling mudah yang dibuat adalah oatmeal overnight. Anda bisa menambahkan buah-buahan kesukaan, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka bisa memperlancar ASI. Terlebih oats ini juga mampu membantu mengontrol kadar gula setelah melahirkan.

4. Salmon

Bagi Anda yang ingin mencari sumber makanan lain seperti Herba Asimor, maka bisa mengonsumsi salmon. Ikan satu ini memiliki kandungan omega-3 dan asam lemak esensial yang cukup tinggi. Kedua senyawa ini dipercaya dapat membantu proses laktasi. Agar ASI lebih lancar, disarankan untuk mengonsumsinya setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Namun yang diperhatikan disini adalah bagaimana cara mengolahnya. Anda bisa mengolahnya secara sehat dengan menambahkan sayuran hijau ketika dimasak. Bisa juga disajikan dalam bentuk makanan lain, tentunya harus minim minyak.

5. Beras Merah atau Cokelat

Salah satu cara agar ASI lancar adalah memilih karbohidrat yang tepat dan baik untuk tubuh. Beras merah maupun beras cokelat dianggap sebagai salah satu sumber karbohidrat yang baik dibandingkan dengan beras putih biasa. Kedua beras ini dianggap memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah, sehingga baik untuk ibu menyusui dan menyehatkan.

Kandungan yang terdapat pada beras merah maupun cokelat dipercaya dapat merangsang hormon produksi ASI, sehingga kebutuhannya tercukupi dan kualitasnya terjamin. Bagi yang belum pernah mengonsumsi, mungkin akan terasa aneh. Dari sini Anda perlu mengkreasikannya dengan lauk pauk agar lebih nikmat.

6. Pepaya Mentah

Adapun yang dimaksud dengan pepaya mentah disini bukan pepaya hijau, kemudian dikonsumsi sebagai camilan. Namun buah pepaya yang masih muda diolah menjadi sayur dengan cara ditumis atau sesuai selera masing-masing. Pepaya muda ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi seperti berbagai macam vitamin serta kaya akan mineral.

Dari penelitian yang dilakukan, mengonsumsi pepaya mentah sebagai sayur dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun mengonsumsinya harus sesuai yang disarankan dan tidak boleh berlebihan.

Penutup

Selain rekomendasi makanan diatas, Anda juga bisa mendapatkan informasi eksklusif dan tips lain tentang ASI maupun produk Herba Asimor melalui website asimor.co.id. Apabila ingin mendapatkan informasi lebih dan berkonsultasi secara online, Anda bisa klik pop up melayang yang ada di ujung kanan bawah, yaitu “Chat Yuk, Mam!”.