7 Etika Bertamu yang Disukai Oleh Tuan Rumah

ERUDISI.com – Memahami etika bertamu yang disukai oleh tuan rumah merupakan salah satu hal yang penting ketika kita hendak bertamu ke rumah seseorang, baik itu

Arga Fica

Memahami Etika Bertamu yang Disukai Oleh Tuan Rumah(source Images:iStock) 
Memahami Etika Bertamu yang Disukai Oleh Tuan Rumah(source Images:iStock) 

ERUDISI.com – Memahami yang merupakan salah satu hal yang penting ketika kita hendak bertamu ke rumah seseorang, baik itu bertamu ke rumah saudara, kerabat terdekat ataupun orang baru. Apakah memperhatikan etika saat bertamu itu penting? Jawabannya adalah iya.

Karena melalui etika, seseorang dapat mengenal kepribadian kita untuk itu memahami dan menerapkan etika saat bertamu sangatlah penting apalagi etika juga dapat memberikan kesan pertama saat kita bertemu dengan orang baru . Menerapkan etika saat bertamu juga mempunyai tujuan tersendiri yaitu agar tuan rumah merasa nyaman dan senang dengan kedatangan kita.

Untuk itu kita perlu mengetahui apa saja yang harus kita terapkan saat akan bertamu dan apa saja yang kita harus hindari saat akan hendak bertamu ke rumah seseorang, demi kenyamanan tuan rumah dan juga agar kedatangan kita tidak menggangu tuan rumah

berikut ada beberapa etika yang perlu kita terapkan.

Etika Bertamu yang Disukai Oleh Tuan Rumah :

1. Memperhatikan Waktu

Baiknya saat akan bertamu ke rumah seseorang kita perlu memperhatikan waktu jangan sampai kedatangan kita malah hanya akan menganggu tuan rumah, misalnya jangan bertamu dimalam hari ataupun bertamu hingga larut malam karena hal tersebut dapat menganggu jam istirahat tuan rumah.

2. Bersikap Sopan

Nilai kesopanan memang harus selalu diterapkan di manapun kita berada begitupun saat kita akan hendak bertamu, usahakan selalu bersikap sopan baik dari perilaku dan juga melalui nada bicara kita.

3. Membawa Bingkisan

Membawa bingkisan untuk tuan rumah juga dapat membuat tuan rumah merasa senang dan merasa dihargai, jadi tidak ada salahnya kita membawakan bingkisan untuk tuan rumah.

Membawakan bingkisan bisa berupa kue,minyak, gula,sirup dan juga oleh-oleh lainya bisa juga dalam bentuk barang. Membawa bingkisan juga dapat membuat hubungan semakin dekat dan juga akrab.

4. Mencari Topik Pembicaraan

Saat kita menyadari bahwa tuan rumah kurang mempunyai kemampuan untuk mencari topik pembicaraan alangkah baiknya kita mengawali topik pembicaraan, agar tuan rumah tidak merasa canggung saat berbicara dengan kita.

5. Jangan Bermain Ponsel

Saat bertamu jangan hanya malah bermain ponsel karena hal ini dapat membuat tuan rumah merasa kurang nyaman dan merasa kurang dihargai, untuk itu usahakan jika bertamu letakan ponsel kita sebentar saja jangan malah sibuk bermain ponsel.

6. Meminum Dan Memakan Suguhan

Biasanya tuan rumah mempersiapkan makanan dan minuman untuk tamu rumahnya, jadi untuk melegakan hati tuan rumah alangkah baiknya kita meminum dan memakan apa yang telah tuan rumah sediakan.

7. Hindari Bertanya Tentang Masalah Pribadi

Semua orang tentu memiliki privasi nya sendiri karena tidak semua orang berhak untuk mengetahui soal pribadinya, jadi ketika bertamu hindari bertanya tentang apa pekerjaan seseorang dan gaji yang diperoleh berapa. Karena itu privasi nya mereka dan kurang sopan jika kita menanyakan soal tersebut.

Jangan bertanya tentang hal yang bisa membuat tuan rumah bersedih misalnya, ada seseorang yang sudah lama menikah tapi belum dikaruniai seorang anak janganlah kita bertanya kapan dia punya anak karena itu dapat membuat hatinya bersedih.

Itulah beberapa etika bertamu yang disukai oleh tuan rumah yang bisa anda terapkan, tidak ada ruginya mencoba demi kenyamanan tuan rumah dan juga diri kita.

 

 

 

Related Post