7 Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Berolahraga secara teratur memang memberikan dampak yang positif bagi tubuh seseorang. Beberapa orang yang memiliki berat badan berlebih, mau tidak mau harus berolahraga 2x lipat dibandingkan orang biasa. Namun sekarang ini sudah ada olahraga menurunkan berat badan yang mudah dilakukan.

Rekomendasi Olahraga Paling Mudah Untuk Menurunkan BB

1. Lari

Olahraga pertama yang mudah dilakukan oleh semua orang adalah berlari. Lari tidak hanya dapat membakar lemak dan kalori pada tubuh manusia, namun bisa memperkuat otot kaki. Ada aturan dalam melakukan olahraga lari ini.

Olahraga ini akan efektif dalam menurunkan berat badan jika seseorang melakukannya secara teratur. Tempo berlari juga harus dijaga agar mencapai target yang diinginkan. Misalkan dalam sehari berlari sejauh 0,5 KM dalam waktu tertentu. Maka tempo lari dan energi harus diatur sebaik mungkin.

2. Bersepeda

Menjadi salah satu olahraga santai yang mudah dilakukan, bersepeda bisa menjadi opsi lainnya untuk menurunkan berat badan. Dengan bersepeda, nantinya akan membantu membentuk tubuh bagian bawah dan membakar kalori pada tubuh dalam jumlah yang tinggi.

Pilihlah sepeda yang sesuai dengan postur dan kekuatan tubuh. Kemudian lakukan bersepeda di waktu luang atau setiap pagi atau sore hari. Seseorang dapat membakar kalorinya hingga 1000 kalori ketika bersepeda dalam jangka waktu dan jarak tertentu.

3. Aerobik

Siapa yang tidak menyangka bahwa olahraga yang digemari oleh kaum hawa ini bisa dijadikan pilihan olahraga menurunkan berat badan yang mudah. Semakin tinggi intensitas dan rutinitas yang dilakukan, maka berat badan juga semakin cepat menurun. Namun pastikan ketika melakukan olahraga ini, tubuh dalam keadaan prima.

Jangan sampai melakukan olahraga ini secara berlebihan karena akan berdampak pada kesehatan. Lakukan pemanasan sebelum melakukan dan pendinginan setelah selesai melakukan kegiatan. Kamu bisa mencari tutorialnya di platform Youtube untuk contohnya atau mengikuti kelas aerobik di lingkungan sekitar.

4. Skipping

Skipping atau lompat tali menjadi pilihan olahraga selanjutnya yang bisa dipilih. Hanya dengan menggunakan satu alat peraga saja, seseorang bisa menurunkan berat badannya secara signifikan. Dengan catatan orang tersebut rutin melakukannya dan tidak menurunkan target harian atau mingguan yang harus dicapainya.

Dalam jangka waktu 1 jam, seseorang bisa membakar kalori hingga 1000. Banyak atau sedikitnya jumlah kalori yang terbakar tergantung dari kecepatan atau jumlah lompatan yang dilakukan. Kombinasikan juga dengan pola makan yang sehat agar menjaga berat badan tetap seimbang.

5. Kick Boxing

Olahraga yang cukup booming di era modern ini merupakan perkembangan dari olahraga muay thai dan tinju. Olahraga kick boxing ini akan membantu seseorang dalam membentuk otot tubuh secara alami. Gerakan memukul dan menendang yang berirama dan sesuai aturan akan memberikan dampak positif pada tubuh.

Jika seseorang rutin melakukan olahraga satu ini, nantinya tubuh menjadi lebih sehat dan meningkatkan stamina secara perlahan. Imbangi olahraga ini dengan gaya hidup yang sehat, mengurangi fast food dan kebiasaan buruk lainnya.

6. Berenang

Bagi yang menyukai olahraga air, berenang bisa menjadi salah satu pilihan untuk menurunkan berat badan. Dengan berenang, tubuh seseorang akan bergerak secara keseluruhan, mulai dari tangan hingga kaki. Semakin aktif bagian tubuh tersebut bergerak, maka akan membantu dalam proses penurunan berat badan.

Intensitas berenang yang disarankan untuk menurunkan berat badan adalah 30-60 menit. Lakukan berenang gaya bebas bolak-balik dengan jeda masing-masing 1-2 menit. Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga satu ini juga dapat meningkatkan postur tubuh. Semakin tinggi intensitas yang dilakukan, hasilnya akan lebih maksimal juga.

7. Kardio

Bagi orang-orang yang tidak menyukai olahraga lari, maka bisa memilih olahraga ini sebagai penggantinya. Kardio merupakan olahraga yang dilakukan dalam waktu singkat, namun intensitasnya sangatlah tinggi. Seseorang harus memilih dan disesuaikan dengan kondisi tubuhnya masing-masing.

Pasalnya apabila dilakukan terlalu keras atau tidak sesuai dengan kondisi tubuh, akan berakibat buruk. Umumnya olahraga ini dilakukan dalam waktu 15-30 menit dengan beberapa taks yang harus dikerjakan dalam hitungan waktu tertentu. Seseorang akan diberikan istirahat selama beberapa detik, kemudian melanjutkan taks selanjutnya sampai selesai.

Penutup

Tidak hanya olahraga menurunkan berat badan dengan cepat di atas saja yang dapat dilakukan di rumah karena masih ada banyak lagi. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Tentukan waktu yang tepat untuk berolahraga dan lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.