7 Tips Agar Lulus Tes TOEFL

Tes TOEFL biasanya diperlukan sebagai persyaratan masuk kuliah pada universitas di Amerika Serikat, Kanada juga universitas Eropa dan Australia, baik untuk S-1 maupun S-2 atau S-3.

TOEFL sendiri adalah kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing), yang dibuat oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat, yaitu ETS (Educational Testing Service).

Secara umum tes bertujuan untuk menilai:

1. Kemampuan menulis dan tatabahasa dalam Bahasa Inggris, agar mampu menulis karya ilmiah.

2. Kemampuan membaca Bahasa Inggris dengan baik dan benar, agar mampu memahami textbook berbahasa Inggris.

3. Kemampuan mendengarkan dengan baik dan benar, sehingga memahami uraian yang diberikan oleh dosen.

TOEFL dibagi menjadi 4 bagian tes, yaitu:

  • grammar structure (tata bahasa)
  • listening comprehension (mendengarkan)
  • reading comprehension (membaca)
  • writing (menulis)

Jadi bisa dikatakan tes TOEFL adalah tes yang sangat penting bagi para calon mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri, namun masih banyak yang kesulitan dalam menghadapi TOEFL.

Untuk membantu Anda lebih siap menjalani TOEFL, berikut berikut 7 tips yang bisa Anda lakukan:

1. Latih grammar untuk menghadapi sesi grammar di TOEFL

Bagian grammar paling banyak kesulitannya. Anda bisa melatih penguasaan grammar Anda melalui situs englishteststore.net secara gratis. Anda juga bisa mendownload aplikasi Johnny Grammar yang bisa dijalankan secara offline.

2. Mendengarkan lagu dengan lirik bahasa Inggris

Pilih lagu dengan irama normal, kosakata yang sederhana dan bertempo pelan.

3. Menonton video singkat dengan subtitle bahasa Inggris

Cara ini cukup efektif untuk ‘memasukkan’ kosakata bahasa Inggris ke otak. Situs seperti VOA Learning English menyediakan beberapa video dengan sub judul bahasa Inggris. Cobalah mulai dengan video tingkat satu yang bisa Anda klik, dan seterusnya untuk menambah perbedaharaan kosa kata.

4. Membaca artikel berbahasa Inggris sebanyak yang anda bisa

Cara ini akan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman kosakata yang digunakan dalam teks. Selalu periksa kamus begitu anda menemukan kata yang tidak dikenal. Anda dapat mengakses hubpages.com untuk membaca cerita pendek gratis dan artikel lain berbahasa Inggris. Buat catatan kaki jika anda menemukan kosakata baru.

5. Lakukan latihan bicara dengan teman

Berbicara dapat merangsang otak untuk menjaga kosakata yang telah tersimpan dan aturan tata bahasa dalam membuat kalimat. Dengan berbicara, anda dipaksa untuk menyusun kata beserta aturannya secara langsung. Memang buruk pada awalnya, namun setelah melewati 20 kali bicara, anda akan mulai lancar menggunakan kosa kata dengan sendirinya, lengkap dengan aturan baku kalimatnya.

7. Hindari menghafal terlalu banyak kosakata

Pastikan anda tidak menghafal kosakata terlalu banyak, karena menghafal terlalu banyak akan mengganggu kosakata lama.

Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.