7 Tips Utama Perawatan Kulit Sehat dan Cantik

Bila ingin memastikan kulit Anda terlihat muda, sehat, cantik dan bersinar, terapkan 7 tips utama perawatan kulit cantik dan sehat di bawah ini:

Tidur yang cukup

Tidak disangsikan lagi bahwa Anda perlu tidur berkualitas yang cukup, termasuk agar kulit senantiasa terlihat muda, cantik juga sehat. Ketika tidur, kulit kita akan memperbaiki dan meremajakan dirinya sendiri.

Bila kita kekurangan tidur, akan muncul area gelap di bawah mata, kulit terlihat lebih gelap dan kita terlihat lebih tua. Karena itu, pastikan kita mendapat tidur berkualitas yang cukup setiap harinya untuk menjaga kulit tetap sehat, cantik dan terlihat awet muda.

Bersihkan sisa make-up sebelum tidur

Biasakan untuk mencuci muka sebelum tidur. Karena jika tidur dengan masih ada sisa make up di wajah, akan menyebabkan timbulnya komeda, jerawat dan pori-pori membesar. Kulit kita juga kemungkinan besar akan mengalami iritasi dan memerah.

Bila kita membersihkan muka sebelum pergi tidur, itu artinya bukan hanya wajah kita bersih dari polusi, kotoran dan sisa makeup yang menempel sepanjang hari ini, melainkan juga akan membuat produk perawatan wajah yang Anda gunakan di malam hari akan bekerja lebih efektif.

Jangan merokok

Salah satu hal terburuk yang bisa kita lakukan terhadap kulit kita adalah merokok. Rokok menyebabkan kulit kekurangan oksigen, lalu kulit kita akan mulai terlihat kuning dan kasar saat merokok.

Kandungan kimia pada rokok menghancurkan kolagen dan elastin, yang menjadi penyebab utama kulit menjadi kendur dan keriput. Bahkan beberapa orang akan mudah sekali berjerawat karena rokok. Kanker kulit pada wajah juga sangat berhubungan erat dengan rokok. Karena itu, bila Anda saat ini merokok, saat ini juga, hentikan kebiasaan yang sangat buruk ini.

Dengan berhenti dan bebas dari rokok, kulit kita, dan kesehatan kita secara umum akan menjadi lebih sehat dan cantik.

Jangan pencet kulit wajah

Jauhkan tangan dari wajah, untuk memencet jerawat. Bila Anda memencet jerawat, maka justru jerawat akan lebih lama untuk disembuhkan, bahkan lebih buruk, Anda bisa jadi mendapati kulit wajah berlubang.

Ketika kita menyentuh kulit wajah dengan tangan, artinya kita memindahkan kotoran, minyak, jamur, bakteri dari tangan ke kulit wajah. Jadi ingat sekali lagi, jangan pernah sekali-kali memencet kulit wajah.

Makanan sehat untuk kulit cantik

“Anda adalah apa yang Anda makan!”, satu ungkapan yang mungkin pernah Anda dengar. Bila terkait dengan makanan yang baik untuk kulit yang cantik dan sehat, maka yang terbaik adalah makanan yang diproses sesedikit mungkin.

Hindari makanan sampah (junk-food), makanan beku, dan snack serba manis untuk kecantikan seutuhnya. Sebaliknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar. Jenis makanan ini menjamin kulit kita terlihat semakin cantik dan sehat.

Selalu gunakan tabir surya (sun-screen)

Tabir surya bukan sebuah pilihan, tapi adalah hal wajib digunakan setiap hari, dan bisa jadi hal terpenting untuk kecantikan kulit kita. Tabir surya juga baik digunakan tidak hanya untuk wajah, namun untuk seluruh bagian tubuh yang terpapar sinar matahari.

Sengatan matahari dalam waktu yang cukup lama, tidak hanya menyebabkan kerutan dan garis-garis halus, tapi juga warna kulit menjadi tidak merata.

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya pada leher, dada, dan punggung tangan Anda setiap hari. Banyak orang hanya mengutamakan wajah untuk dilindungi, namun leher dan tangannya akhirnya menunjukkan usia mereka sebenarnya.

Cintai kulit kita apa adanya

Barangkali tips atau saran terbaik terakhir adalah menerima keadaan dan menjadi diri sendiri. Ketika kita menerima diri kita apa adanya, itu akan memancarkan kecantikan dalam diri (inner-beauty) sepenuhnya.

Karena itu, meski misalnya, kondisi kulit Anda tidak lah sempurna, ingatlah selalu: cintai dan jadilah diri sendiri! Ketika Anda menerima, tidak minder, tidak mempermasalahkan kekurangan, maka kecantikan kulit Anda pun akan lebih tampak keluar.