8 Rahasia yang Jarang Diketahui Penumpang Pesawat Terbang

Melakukan kunjungan wisata atau bisnis ke luar provinsi, negara atau benua, maka menggunakan pesawat terbang adalah cara yang paling efektif untuk menghemat waktu. Selain itu, saat ini bepergian dengan pesawat terbang bukan lagi yang sesuatu yang eksklusif dan mahal.

Tapi tahukah Anda, bahwa ada beberapa fakta yang belum banyak diketahui oleh penumpang pesawat pada umumnya? Nah, bagi Anda yang baru naik pesawat terbang, mungkin ada beberapa “rahasia” yang belum diketahui. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini:

1. Masker oksigen di atas kepala Anda hanya bertahan 15 menit

Masker oksigen di pesawat terbang hanya bisa digunakan penumpang bila terjadi perubahan tekanan udara secara tajam. Tapi tahukah Anda, berapa lama masker tersebut mampu memberi oksigen kepada penumpang untuk bernafas? Ternyata hanya bertahan selama 15-20 menit!

Selain itu, ternyata oksigen yang terdapat pada masker tersebut terbuat dari bahan kimia. Sesaat sebelum sempat dihirup, masker oksigen tidak mengeluarkan oksigen, tetapi berupa bahan-bahan kimia yang kemudian berubah menjadi udara yang bisa dihirup untuk bernafas.

2. Kenapa lampu kabin pesawat terbang dimatikan pada malam hari?

Sebenarnya prosedur untuk mematikan lampu kabin tidak hanya pada proses pendaratan saja tapi juga pada penerbangan malam hari. Ini dilakukan agar jika terjadi masalah dengan pesawat terbang, penumpang dapat dievakuasi dengan cepat baik dari dalam pesawat.

Mematikan atau meredupkan lampu kabin penumpang pesawat adalah bagian dari prosedur keamanan yang berkaitan dengan evakuasi keselamatan penumpang pesawat terbang dalam situasi darurat.

3. Petir bisa membuat pesawat terbang jatuh?

Pesawat modern saat ini memakai bahan material komposit canggih dengan menambahkan metal untuk menolak petir. Jadi pesawat terbang tidak akan jatuh akibat disambar badai petir.

4. Pintu toilet pesawat bisa dibuka dari luar, walaupun Anda menguncinya dari dalam

Ini cukup unik, tapi bagi yang tahu rahasianya dapat membukanya dengan mudah dari luar, pramugari dan pilot tahu rahasia membuka pintu toilet terkunci dari luar tapi hanya dilakukan dalam rangka evakuasi saja.

5. Pesawat bisa terbang dengan satu mesin

Mayoritas pesawat komersial bisa terbang dengan hanya satu mesin, tapi mudah-mudahan jangan Anda mengalaminya.

6. Mengapa ponsel dilarang aktif di dalam pesawat?

Perangkat elektronik sebenarnya tidak akan menyebabkan pesawat terbang mengalami kecelakaan saat landing dan take-off, tapi dapat mengganggu komunikasi pilot dengan petugas menara.

7. Pintu pesawat tidak akan terbuka saat sedang terbang

Jika ada orang stres mengancam akan membuka pintu pesawat saat terbang, Anda tidak perlu panik, mustahil orang stres tersebut dapat membuka pintu pesawat seorang diri. Karena pintu pesawat sangat sulit terbuka saat pesawat sedang terbang karena tekanan udara.

8. Ada mayat dalam pesawat terbang

Ya, memang tidak selalu, tapi memang itu sering terjadi. Namun, percayalah bahwa kru pesawat tidak akan membuat semua penumpang menjadi panik dengan memberitahukan bahwa ada mayat ikut terbang bersama kita.

Lagian juga, penumpang tidak harus tahu bahwa ada mayat ikut terbang bersama mereka bukan? 🙂