8 Sifat yang Harus Dimiliki oleh Seorang Wirausahawan Sejati

Menjadi wirausaha adalah sebuah kesenangan sendiri bagi mereka yang menyukai tantangan dan juga resiko. Oleh karena itu agar seorang wirausahawan bisa bertahan dan bersaing dalam dunia usaha maka dia harus memiliki 8 sikap di bawah ini.

1. Berjiwa kepemimpinan

Seorang wirausahawan adalah seorang leader yang harus bisa membimbing, membina, dan mengarahkan mitra kerjanya. Karena seorang wirausahawan akan memiliki karyawan dan jika perusahaan yang dia bina berkembang dengan pesat, maka dia juga akan memiliki jajaran direksinya sendiri.

Sebagai owner atau seorang pengusaha sejati maka dia juga harus menguasai tentang ilmu kepemimpinan, tentang bagaimana cara dia menyampaikan sebuah pendapat, memberikan pengarahan, dan juga memberikan contoh dan teladan kepada mitra kerjanya (karyawan).

2. Bisa mengelola bisnisnya dengan baik

Untuk menjadi besar dan sukses, butuh usaha dari awal dan seorang wirausahawan yang sukses biasanya merintis usahanya dari nol. Dia merangkap mulai dari karyawan, manager, owner, marketing dia lakukan sendiri. Baru ketika dia sudah bisa mengembangkan bisnisnya dia mulai menyerahkan sebagian tugasnya kepada karyawan.

Yang paling terpenting yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah jiwa pengelola yang baik (jiwa menejerial). Karena dia harus membagi tugas masing-masing karyawan, menata, mengatur waktu, dan juga bisa memilih orang mana yang tepat untuk menempati bagian-bagian di setiap lini perusahaannya.

3. Mampu mengambil keputusan terbaik

Owner, direktur utama, presiden direktur, presiden komisaris, atau apapun itu sebutannya, dia harus bijak, cermat dan cerdas ketika mengambil sebuah keputusan. Karena kesuksesan dan kegagalan sebuah perusahaan berada di dalam tangannya pada keputusan yang diambil sekarang.

4. Berani untuk bersaing

Ketika kita memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, berarti kita harus siap menghadapi para pesaing, karena bisnis penuh dengan persaingan. Baik itu persaingan yang sehat maupun tidak sehat. Kita harus selalu mempersiapkan perusahaan kita untuk menghadapi semua resiko yang akan datang. Namun jika kita ingin mengembangkan bisnis dengan sekala raksasa, maka kita harus mampu bersaing secara sehat dan cermat.

5. Tanggap dengan segala macam perubahan

Berubah atau tergilas, mungkin inilah prinsip yang berjalan dalam dunia bisnis. Jika kita tidak mampu mengimbangi sebuah perubahan zaman dan perusahaan kita tidak mampu untuk menyajikan sesuatu yang dibutuhkan zaman. Maka bisa saja perusahaan kita akan tergilas oleh waktu. Seni inovasi itu dibutuhkan setiap saat, riset pasar dibutuhkan setiap saat.

Riset pasar sangat dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan konsumen, untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan orang pada zaman sekarang ini, karena kebutuhan setiap zaman itu berbeda-beda. Sehingga kita harus mampu untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen dengan produk yang kita produksi.

6. Selalu siap dengan risiko

Pengusaha adalah orang yang suka dengan tantangan dan resiko seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Bisa saja hari ini kita naik mobil mewah namun besok naik becak karena perusahaan yang kita dirikan bangkrut.

Namun sesuatu yang memiliki resiko besar juga memiliki potensi peluang kesuksesan yang besar, sehingga orang-orang sukses itu adalah orang-orang yang berani mengambil resiko besar, sehingga ia bisa mendapatkan kesuksesan yang besar pula.

7. Berani beda dengan yang lain

Berbeda di sini bisa mulai dari produk, kemasan dan sistem pemasaran. Karena seorang wirausaha harus bisa memikirkan inovasi baru, sesuatu yang baru yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

Karena zaman selalu berubah dan kebutuhan selalu berubah dan selalu berbeda. Maka kita harus menyesuaikan produk yang kita produksi dengan kebutuhan pasar. kita harus memiliki nilai lebih dan nilai beda. Sehingga mampu menjawab pertanyaan dari konsumen “mengapa mereka harus membeli produk kita.”

8. Memiliki visi ke depan

Visi adalah gambaran nyata yang ada dalam diri seseorang sebagai hasil dari visualisasi masa depan yang sering disebut dengan cita-cita.

Seorang pengusaha harus mampu menciptakan visi akan ke mana perusahaan yang didirikan ini, Akan seperti apa nantinya. Dia juga harus tahan banting ketika menghadapi kegagalan. Ketika seseorang memiliki visi yang kuat dalam berwirausaha. Dia bangkit kembali untuk membangun visi yang telah dia merumuskan sebelumnya.