8 Tips Menghilangkan Bau Jengkol Secara Tuntasss

Jengkol menjadi salah satu makanan yang mungkin dicintai oleh sebagian orang dan sisanya kurang menyukainya. Ada beberapa alasan orang-orang tidak menyukainya, salah satunya adalah karena bau mulut setelah mengkonsumsinya. Sekarang tidak perlu cemas karena berikut ini akan dibahas bagaimana tips menghilangkan bau jengkol tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Tips Menghilangkan Bau Jengkol Dengan Mudah

1. Mengunyah Permen Karet

Membawa peralatan untuk gosok gigi kemana saja mungkin menjadi hal yang tidak banyak orang lakukan. Sebagai gantinya, kamu bisa memanfaatkan permen karet untuk mengurangi bau mulut setelah mengkonsumsi jengkol. Permen karet yang dikonsumsi tidak bisa sembarangan karena beberapa produk ada yang tidak memiliki aroma menyegarkan.

Disarankan untuk mengkonsumsi permen karet dengan rasa mint ataupun yang fresh untuk menghilangkan bau tersebut. Setelah mengkonsumsi permen karet, jangan lupa untuk berkumur-kumur agar baunya menghilang dengan sempurna.

2. Konsumsi Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat yang baik untuk kondisi tubuh seseorang dan bisa ditemukan dimana saja. Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, air putih juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau akibat jengkol. Konsumsilah air putih hangat dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya untuk membantu menghilangkan bau tersebut.

Air hangat akan membawa sisa-sisa bau yang terdapat di dalam mulut dan mengirimkannya ke sistem pencernaan, lalu dibuang menjadi urine. Akan lebih baik lagi jika kamu menambahkannya lemon atau jeruk nipis untuk hasil yang lebih optimal.

3. Menggosok Gigi

Bagi yang mengkonsumsi jengkol di rumah, cara menghilangkan bau makanan penyebab bau mulut bisa gosok gigi. Gunakanlah pasta gigi yang memiliki aroma menyegarkan di mulut atau setelah menggunakannya untuk mengurangi baunya. Disisi lain juga harus memastikan bahwa kamu menyikat seluruh bagian gigi hingga merata.

Setelah gosok gigi dengan benar menggunakan pasta gigi pilihan masing-masing, dilanjutkan dengan berkumur-kumur menggunakan obat kumur. Gabungan keduanya ini akan membantu kamu dalam menghilangkan bau mulut karena jengkol dengan cepat.

4. Mengkonsumsi Buah

Ada beragam buah yang memiliki kandungan mineral dan vitamin C tinggi yang bisa dimanfaatkan disini. Beberapa contoh buah yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi bau jengkol diantaranya ada semangka, jeruk, apel, anggur dan lain sebagainya. Kandungan yang terdapat pada buah-buahan segar terbukti bisa meminimalisir bau jengkol.

5. Mengkonsumsi Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki sifat untuk menetralkan, terutama untuk menetralkan rasa pedas di lidah. Disisi lain, susu juga bisa berguna untuk menetralkan bau mulut akibat jengkol karena beberapa kandungan di dalamnya terbukti dapat menguranginya. Disarankan untuk mengkonsumsi susu putih saja.

Tips menghilangkan bau jengkol dengan susu adalah ketika mengkonsumsinya, jangan sekali-kali mengkonsumsi obat-obatan setelahnya. Ini karena beberapa senyawa yang terkandung di susu tidak bisa berbaur dengan baik dengan obat-obatan kimia dan bisa memberikan efek samping.

6. Mengkonsumsi Yogurt

Yogurt dikenal memiliki kandungan bakteri sehat yang membantu untuk melawan bakteri jahat di dalam tubuh, terutama di bagian usus. Kandungan prebiotik pada yogurt dipercaya dapat mengurangi aroma mulut akibat jengkol. Namun disarankan untuk mengkonsumsi yogurt yang rendah lemak dan rendah gula agar baik untuk kesehatan masing-masing.

7. Mengkonsumsi Kopi

Kopi dikenal sebagai minuman yang meninggal bau sangat khas di mulut setelah meminumnya. Dari sinilah kamu bisa memanfaatkan kopi untuk membantu menghilangkan bau mulut akibat jengkol. Aroma kopi yang sangat pekat akan membantu melawan dan menghilangkan bau jengkol di mulut. Namun disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Bagi yang memiliki penyakit kambuh seperti maag disarankan untuk tidak menggunakan cara ini untuk menghilangkan bau mulut akibat jengkol. Apabila ingin bersikukuh ingin mengkonsumsinya, pastikan konsumsi kopi yang memiliki takaran kafein rendah sehingga bisa mengurangi resiko maag kambuh.

8. Kunyah Daun Mint

Daun mint memang terkenal akan cita rasa yang menyegarkan dan seringkali digunakan pada beberapa produk kebutuhan rumah tangga ataupun minuman. Disini kamu bisa memanfaatkannya dengan cara mengunyahnya secara langsung tanpa diolah. Meskipun meninggalkan rasa sedikit pahit, namun cukup ampuh untuk menghilangkan bau tersebut.

Penutup

Sekarang kamu tidak perlu cemas mengkonsumsi jengkol dan takut akan bau yang ditimbulkannya. Ini karena di atas sudah dijelaskan tips menghilangkan bau jengkol secara praktis dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.