9 Referensi Wisata Bandung Selatan Wajib Dikunjungi

ERUDISI.com – Bandung Selatan memang selalu punya daya tarik tersendiri terutama di bidang pariwisata. Mulai saja keluar dari Tol Soreang kita akan disuguhkan oleh banyak

Juwita

Wisata Bandung Selatan Kawah Putih Ciwidey
Pesona Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan (Sumber Foto: Instagram @keem7942)

ERUDISI.com memang selalu punya daya tarik tersendiri terutama di bidang pariwisata. Mulai saja keluar dari Tol Soreang kita akan disuguhkan oleh banyak sekali pilihan wisata sepanjang jalan Soreang-Ciwidey.

Berikut 9 sepanjang jalan Soreang-Ciwidey:

1. Kawah Putih

Siapa yang tak kenal dengan destinasi satu ini. Destinasi paling ingin orang kunjungi jika ke Bandung Selatan. Harga tiket masuk kawah putih Rp.30.000 dan ini belum termasuk naik ontang anting untuk mengantarkan kita sampai ke kawah.

Untuk menuju kawah ini kita membutuhkan perjuangan ekstra lho. Apalagi jika membawa anak. Sangat disarankan untuk mengunjunginya pada pagi hari agar bisa melihat keindahan kawah putih secara menyeluruh. Jika agak siang, kawah putih akan semakin tertutup kabut.

2. Happy Farm Ciwidey

Tak jauh dari pintu tol, kita bisa menemukan salah satu wisata keluarga ini. Tiket masuk Happy Farm dijual terpisah menyesuaikan tujuan kita kemana. HTM Taman kelinci Rp.15.000/ orang dan Rumah Permen Rp.25.000. Tak hanya itu disini juga terdapat resto yang menyajikan aneka menu.

3. Victory Waterpark

Sekitar 5 km dari gerbang tol, kita akan menemukan Victory Waterpark. Tempat ini menawarkan pengalaman bermain air bersama keluarga. Tentu anak-anak akan suka sekali.

Harga tiket masuk ke Victory Waterpark adalah  Rp.30.000 untuk weekdays dan Rp.50.000 untuk weekends dan hari libur.

Fasilitasnya sangat lengkap mulai dari  waterboom, kolam renang untuk anak-anak, kolam Ombak serta kolam busa. Selain itu juga tersedia fasilitas pelengkap seperti toilet, tempat bilas serta tempat parkir.

4. Kolam Air Panas eMTe Resort

Pintu masuk menuju kolam air eMTe Resort ini berseberangan dengan gerbang Kawah Putih lho. Sangat dekat sekali jadi bisa jadi pilihan berikutnya setelah mengunjungi Kawah Putih.

Air panasnya alami dan harga masuk ke kolam air panas ini juga sangat terjangkau yaitu Rp. 20.000. Selain mandi air panas juga ada kolam pancing dan kolam perahu bebek.

Wisata Bandung Selatan Kawah Putih Ciwidey
Pesona Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan (Sumber Foto: Instagram @keem7942)

5. Wisata Bandung Selatan: Ranca Upas

Wisata Bandung Selatan satu ini memang sudah terkenal sekali. Ranca Upas. Disini kita bisa menikmati banyak sekali pilihan wisata mulai dari berkemah, bermain bersama rusa dan juga berendam air panas.

Harga Tiket Masuk ke Ranca Upas untuk wisatawan Nusantara Rp. 25.000, wisatawan mancanegara Rp. 44.000. Camping wisnus Rp. 40.000 dan wisman Rp. 75.000 per malam.

Selain itu juga ada kolam renang, paint ball, ATV, Panahan, Kuda Tunggang dan Petik Strawberry. Seru deh tempatnya.

6. Pemandian Air Panas Ciwalini

Salah satu daya tarik Ciwidey adalah pemandian air panasnya. Tak lengkap jika berkunjung ke tempat ini tanpa berendam air panas. Termasuk ke Pemandian Air Panas Ciwalini.
Pemandian yang masih berada pada Kecamatan Rancabali ini memiliki banyak pilihan kolam berendam bahkan juga tersedia bilik-bilik bagi yang ingin berendam secara khusus.
Harga Tiket Masuk ke Ciwalini adalah Rp. 40.000 belum termasuk sewa gazebo dan kamar bilas. Salah satu oleh-oleh khas perkebunan Ciwalini adalah Teh Ciwalini.

7.Ecopark Curug Tilu

Ecopark Curug Tilu merupakan wisata yang baru buka di Ciwidey. Ecopark buatan ini menawarkan pengalaman menginap dan alam yang indah. Perpaduan hutan hijau, aliran sungai dan hamparan kebun teh membuat tempat ini begitu istimewa.
HTM ke tempat ini Rp. 20.000 dan jika ingin bermain di Playground menambah Rp. 30.000.

8. Situ Patengan

Situ dalam bahasa Indonesia artinya danau ini merupakan kawasan lama di Ciwidey Raya. Hanya saja semakin mendapatkan sentuhan yang kekinian. Pengalaman paling menarik di Situ Patengan adalah menikmati Glampingnya.

Selain itu kita juga bisa makan di Pinisi Resto yang unik, bermain di Taman Kelinci dan Bukit Bintang. Seru dan tak terlupakan deh. Harga tiket masuk ke tempat ini Rp. 25.000 dan nanti ada beberapa tiket lagi jika ingin masuk tempat lain di kawasan Situ Patengan.

9. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis cukup terkenal di kawasan Ciwidey Raya lho. Tempat sangat menarik dan sangat dingin. Kawah aktif dengan mata air panas sulfur dan mandi lumpur di tengah hutan dan dekat dengan kebun teh ini begitu menarik untuk dikunjungi.

Rugi kalau ke Bandung Selatan tapi tidak menikmati keindahan alam Rengganis.

Itulah 9 referensi tempat wisata kawasan Ciwidey Raya Bandung Selatan. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Related Post