Cara Mengetahui Sumber Penghasilan Blogger
Sumber Penghasilan Blogger Source Images: Freepik

Ini 9 Sumber Penghasilan Blogger, Pemula Wajib Tahu

ERUDISI.com – Apa saja sih sumber penghasilan blogger? Tahukah kalau kamu serius dalam menjalani profesi sebagai , yakin deh banyak sumber cuan yang bisa kamu peroleh dari blogger.

Nggak percaya karena masih pemula? Tanya deh sama yang sudah profesional kunci utama mereka bisa mendapatkan sumber penghasilan dari blogger karena konsisten.

Nah, kali ini ERUDISI akan berbagi yang bisa jadi acuan bagi para newbie di dunia .

Sumber Penghasilan Blogger dari Blog

1. (CP)

Content Placement sederhananya titip artikel di blog kamu. Jadi si pengiklan akan memberikan artikel yang sudah mereka buat khusus untuk kamu. Kemudian dititip di blog kamu. Nah dalam kasus ini biasanya ada yang sudah menetapkan harga ada juga yang akan meminta rate card ke kamu. Bahkan beredar informasi para pengiklan dari luar negeri akan menawarkan harga yang lebih tinggi lho. Tertarik?

2. Review (Konten Ulasan)

Layaknya review, kamu akan diminta untuk menulis ulasan terkait barang, jasa atau aplikasi website mereka. Kemudian ulasan yang kamu buat akan dipublikasikan di blog kamu dengan menambahkan backlink atau tanpa backlink. Sesuai permintaan klien.
Sumber penghasilan blogger dari review biasa lebih besar daripada content Placement, karena kamu harus menulis ulasan sendiri.

3. Afiliate

Tahukan afiliate, dimana pada blog kamu akan dititipkan link khusus sebuah produk yang jika di klik oleh pengunjung blog kemudian mereka checkout maka kamu akan mendapatkan komisi .
Butuh effort juga untuk kerjasama afiliate ini agar hasilnya terlihat jelas.

4. Menang Lomba Blog

Sumber penghasilan blogger berikutnya yang tidak kalah menarik adalah menang lomba blog. Banyak sekali lomba-lomba yang bisa kamu ikuti dengan hadiah yang menggiurkan lho. Tapi memang butuh usaha yang besar agar menang lomba.

Kamu harus bisa atur strategi agar bisa menang lomba. Kenali penyelenggara lomba, lihat tulisan pemenang sebelumnya, kenali perusahaan mereka, visi dan misi mereka. Kemudian menuliskan dengan hati agar tulisanmu original karyamu.

5.

Banyak lho sebenarnya penawaran adsense (iklan) yang bisa jadi sumber penghasilan buat kamu. Kamu akan dibayar Cost per Click. Biasanya yang paling terkenal Adsense dari google.

6. Content Writer

Nah, jika kamu sudah konsisten menulis kemudian memiliki tulisan yang bagus. Biasanya akan ada penawaran untuk menjadi penulis konten. Memang sih bukan di website kamu, tapi ini merupakan sumber cuan kamu yang tidak boleh dilewatkan lho.

7. Penempatan Iklan Banner

Jika kamu memiliki blog yang ramai pengunjung, ini bisa jadi sumber cuan berikutnya lho. Kamu bisa menawarkan beberapa perusahaan besar untuk menitipkan banner di blog kamu.

Meskipun hampir sama dengan content placement, tapi biasanya ini berbentuk gambar dengan ukuran tertentu. Biasanya berupa iklan atau informasi produk barang atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan.

8. Penawaran Jasa

Selain itu jika kamu profesional di bidang desain dan lainnya seputar blog, kamu juga bisa memberikan penawaran jasa lho. Ini juga bisa jadi ladang cuan kamu. Banyak orang yang jago nulis tapi tidak ahli dalam desain. Ini bisa jadi kesempatan yang jangan dilewatkan.

9. Jual Produk Sendiri

Selain serius dalam ngeblog, blog kamu juga bisa lho jadi tempat jualan produk sendiri. Bisa jualan buku, hijab, alat kesehatan dan lainnya. Jika kamu garap dengan baik akan jadi sumber penghasilan kamu yang tidak kalah menarik.

Nah, itulah 9 sumber penghasilan blogger yang bisa jadi acuan bagi pemula. Semoga bermanfaat ya dan semangat terus ngeblog nya para blogger.