Adab Mendatangi Sholat Idul Fitri

adab shalat idul fitri

Idul Fitri adalah perayaan tahunan yang dilaksanakan oleh umat Islam dengan sukacita dan penuh kebahagiaan. Pada perayaan Idul Fitri terdapat sholat yang utama, yaitu shalat Idul Fitri. Tua muda, anak-anak dan orang dewasa, remaja, tanpa memandang usia, semua beramai-ramai sholat Idul Fitri bersama baik di masjid maupun di lapangan terbuka.

Untuk menciptakan suasana yang lebih indah dan hikmat, maka sebelum mendatangi shalat Idul Fitri ada beberapa adab yang harus diperhatikan anda antara lain:

1. Mandi hari raya Idul Fitri

Sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri sebaiknya anda mandi terlebih dahulu dan memakai pakaian terbaik. Pakaian yang terbaik tidak harus mahal, asalkan rapi dan bersih, sehingga mencerminkan kesucian dari si pemakainya.

Biasanya masyarakat indonesia memakai pakaian barunya untuk shalat Idul Fitri. Namun bagi anda yang belum bisa memiliki pakaian baru anda juga bisa memakai pakaian terbaik yang anda miliki. Karena hal ini tidak mengurangi nilai ibadah shalat Id anda.

2. Memakai wangi-wangian

Setelah pakaian anda bersih dan rapi sebaiknya anda memakai wangi-wangian bagi kaum laki-laki. Anda bisa memakai wewangian yang biasa anda pakai saat salat Jum’at. Seperti halnya misik maupun kasturi atau anda juga bisa memilih wewangian yang anda sukai asalkan tidak melanggar syariat (misalkan beralkohol dan lain sebagainya).

3. Sarapan sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri

Seorang muslim disunahkan untuk sarapan meskipun hanya sesuap nasi sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri. Di Indonesia sendiri terdapat tradisi dan budaya yang sangat kental dengan lebaran atau Idul Fitri yaitu ketupat dan opor ayam. Anda bisa bersarapan dengan menu tersebut sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri. Berbeda ketika shalat Idul Adha Sebaiknya anda makan setelah sholat Idul Adha.

Itulah 3 hal yang diutamakan untuk dilakukan sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri.