Akankah Saya Hamil Jika Lupa Meminum Pil KB?

Bila Anda kelupaan atau melewatkan meminum pil KB atau meminumnya pada waktu yang salah, itu meningkatkan peluang Anda menjadi hamil. Memang tidak serta merta begitu Anda lupa dan tidak meminum pil, Anda dipastikan akan hamil, namun ia mengurangi efek pencegahan kehamilan.

Faktor risiko tergantung dari kapan Anda melewatkan meminumnya, kapan Anda meminum pil berikutnya, seberapa sensitif tubuh Anda saat itu dan bagaimana kondisi kesehatan Anda.

Dengan kata lain yang lebih simpel, setiap kali Anda terlambat meminum pil atau lupa tidak meminumnya, ia akan meningkatkan peluang Anda mendapat kehamilan. Bila ini terjadi lebih dari satu kali dalam satu periode menstruasi atau satu pak pil KB, risiko kehamilan tentu semakin tinggi.

Bagaimana cara kerja pil KB dan bagaimana ia dapat mencegah kehamilan?

Alat kontrasepsi oral seperti pil, bekerja dengan cara menyediakan hormon secukupnya bagi tubuh anda untuk mencegah terjadinya ovulasi. Saat Anda rutin mengonsumsi pil, tubuh Anda akan mendapat pasokan hormon yang stabil dan cukup untuk mencegah ovulasi.

Cara meminum pil KB yang benar berarti Anda meminum satu pil, pada jam yang sama, setiap hari. Ini guna menjamin tubuh mendapat asupan hormon yang diperlukan. Jika Anda misalnya, terlambat 1 jam risiko kehamilan jauh lebih rendah dibanding terlambat selama 24 jam, namun tetap risiko kehamilan tetap lah ada.

Beberapa wanita memiliki tubuh yang sangat sensitif dan hanya dalam jangka waktu singkat sudah cukup membuat tubuh Anda terjadi ovulasi dan Anda pun hamil.

Alasan lain yang membuat pil kontrasepsi tidak bekerja

Ingatlah bahwa, mual-mual, muntah dan diare juga bisa menghilangkan efek pencegahan dari pil kontrasepsi, apalagi jika terjadi tidak lama setelah Anda meminumnya. Hal ini disebabkan karena tubuh belum sempat menyerap kandungan hormon pada pil. Untuk itu jika Anda mengalaminya, mungkin Anda perlu metode kontrasepsi lainnya.

Selain itu, mungkin Anda pernah mendengar bahwa antibiotik juga dapat menurunkan efektivitas dari pil KB. Itu benar. Jika Anda sedang mengonsumsi antibiotik, sebaiknya Anda menggunakan metode pencegah kehamilan lainnya, sampai Anda menghabiskan satu pak pil KB berikutnya.

Sebagai tambahan, disarankan segera meminum pil begitu Anda ingat belum meminumnya. Jika sudah terlambat cukup lama, Anda bisa meminum 2 pil sekaligus (Tanyakan pada dokter atau bidan untuk memastikan hal ini).

Ingat, tiap 1 pil mesti dikonsumsi dalam rentang waktu 24 jam sampai meminum pil berikutnya, untuk menjaga level hormon yang diperlukan tubuh Anda guna mencegah kehamilan.