Aktifkan Alat Pemeriksa Ejaan Google Chrome untuk Meminimalisir Kesalahan Penulisan Kata dan Ketikan

Tahukah Anda bahwa di browser Google Chrome Anda terdapat fitur pemeriksa ejaan. Tentunya ini sangat berguna utamanya bagi kita dikalangan blogger yang suka dan selalu menulis artikel.

Untungnya alat ini memiliki fitur pemeriksa ejaan dalam bahasa Indonesia, akan sangat tepat sekali dengan kita orang Indonesia yang juga dapat menggunakan dan memanfaatkannya.

Alat ini akan sangat membantu sekali dalam kita menulis/mengetik dalam bahasa Indonesia di blog kita. Dengan alat ini kita bisa tahu mana kata ejaan yang benar atau salah dalam ejaan bahasa Indonesia.

Apabila ada kata yang kurang tepat Pada saat itu juga kita dapat langsung memperbaikinya. Dan alat pemeriksa ejaan ini juga dapat memberikan saran kata yang benar (akurat) pada tulisan kata yang dianggap salah atau kurang tepat.

Mungkin dari sebagian orang tidak menganggap penting tentang penulisan kata yang tepat dan baik ini, atau mungkin Anda tidak menyadari bahwa banyak terdapat beberapa kesalahan ejaan pada tulisan Anda yang seharusnya itu bisa Anda perbaiki, agar tercapainya tulisan yang baik, benar dan berkualitas. Karena, tahukah Anda?

Dengan meningkatkan kualitas tulisan/konten juga akan meningkatkan setidaknya 30% SEO (search engine optimization).

Memang kesalahan-kesalahan itu sangat sepele namun penting dalam sebuah kualitas suatu tulisan.

 contoh Beberapa penulisan kata yang salah:

Salah Benar
dikiri  di kiri
ditoko  di toko
pasip  pasif
aktip  aktif
facebook Penulisan nama brand, perusahaan, nama orang wajib menggunakan awalan huruf kapital (huruf besar)

Apabila dilihat dan dibaca sekilas kesalahan-kesalahan di atas sangat tidak terlihat. Tetapi dengan menggunakan tool pemeriksa ejaan dari Google Chrome ini, maka kesalahan-kesalahan tersebut akan terlihat dengan adanya tanda garis merah pada bagian bawah kata.

Setiap kata yang salah akan ditandai dengan garis merah pada bagian bawah kata. Lihat gambar

Cara penggunaan tool dan cara memperbaiki kata yang salah

Cara penggunaan tool sangat mudah. Apabila ada kata yang salah, yang di tandai dengan garis merah di bawahnya Anda kucup mengarahkan pointer mouse kearah teks lalu klik kanan pada teks tersebut. Maka akan ada beberapa saran kata, silakan Anda pilih yang tepat. Lihat gambar

Cara mengaktifkan tool 

1. Pada sudut kanan atas browser Google Chrome Anda klik icon kecil garis 3 (tiga).
Atau ketik direktori ini dan buka di tab baru: chrome://settings/

2. Pada halaman setting turun kebawah klik Show advanced settings pada bagian language (bahasa) klik language and input settings.

3. Selanjutnya pada bagian bawah kiri klik Add untuk menambahkan bahasa, pilih bahasa Indonesia.

4. Selanjutnya klik Display Google Chrome in this language atau Tampilan Google Chrome dalam bahasa ini dan klik Use this language for spell checking atau Gunakan bahasa ini untuk pemeriksaan ejaan.

Sekarang tool pemeriksa ejaan di browser Google Chrome Anda telah aktif dan dapat langsung Anda gunakan untuk posting di blog Anda untuk meminimalkan kesalahan kata dan ejaan agar terciptanya konten yang berkualitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here