Alamat IP dan PHP

Alamat IP Anda adalah:
54.36.148.206


Apa itu alamat IP? IP adalah singkatan dari Internet Protocol. Dan yang Anda lihat di atas, itu adalah alamat IP komputer Anda saat ini.

Bisa mengetahui alamat IP pengguna yang mengakses website Anda adalah sesuatu yang berguna. Alamat IP adalah sederet angka unik dari koneksi internet yang Anda gunakan.

Alamat IP dari Indonesia, akan sangat berbeda dengan alamat IP dari Amerika misalnya. Oleh karena itu, salah satu fungsi utama dari alamat IP adalah, misalnya jika Anda memiliki konten khusus untuk pengguna dari negara tertentu. Atau bisa juga untuk menargetkan iklan yang hanya tampil pada pengunjung yang mengakses dari wilayah tertentu, atau pun mengalihkan mereka ke halaman yang relevan, ramalan cuaca, informasi tempat wisata dan lain-lain berdasarkan lokasi pengguna.

Sebuah alamat IP terdiri dari 4 blok angka. Masing-masing blok memiliki rentang antara 0 dan 255. Alamat IP sendiri diberikan oleh ISP (internet service provider) atau penyedia layanan internet yang Anda gunakan.

Alamat IP bisa berupa alamat statis, bisa juga dinamis. Jika Anda memiliki Alamat statis, maka alamat tersebut akan tetap tidak berubah, sebaliknya jika alamat dinamis maka akan berubah-rubah setiap kali Anda tersambung ke internet melalui ISP.

Penting untuk diketahui, bahwa ada perbedaan antara alamat IP internal dan alamat IP eksternal. Misalnya, Anda memiliki beberapa perangkat yang tersambung ke satu router, maka semua perangkat tersebut masing-masing memiliki alamat IP internal. Dan biasanya, 2 blok terakhir alamat IP menunjukkan urutan perangkat yang terkoneksi ke ISP.

Jika mau mengeceknya, maka Anda akan temukan bahwa semua perangkat tersebut mempunyai alamat IP eksternal yang sama, karena memang semua terkoneksi pada satu ISP. Jika kemudian Anda menghidupkan ulang router atau koneksi, maka IP eksternal bisa jadi berubah, sedangkan IP internet akan tetap sama.

Nah dengan PHP, Anda dapat mengetahui alamat IP eksternal dari pengunjung website dengan menggunakan fungsi getenv ().

Berikut contohnya:

<?php
$ip = getenv("REMOTE_ADDR");
Echo "Alamat IP Anda adalah: " . $ip;
?>

Bila Anda mengelola situs interaktif, mungkin akan banyak berguna untuk merekam dan menyimpan alamat IP pengguna. Untuk situs seperti forum misalnya, Anda tidak ingin ada dua orang memiliki lebih dari 1 akun, maka Anda bisa memeriksa apakah ada alamat IP ganda  untuk mencegah orang berpura-pura menjadi orang lain dengan mengecek alamat IP mereka.

Kegunaan lainnya, misalnya jika Anda menemukan upaya masuk atau login dari wilayah atau negara yang tidak biasanya, atau ada aktivitas mencurigakan lainnya, maka Anda mendeteksi darimana upaya login yang gagal itu berasal. Jika seseorang mencoba meng-hack website Anda, maka alamat IP bisa menjadi semacam jejak yang bisa digunakan untuk melakukan langkah lanjut yang diperlukan.

Manfaat lainnya lagi dari mengetahui alamat IP pengguna, adalah untuk membuat black-list bagi spammer. Saat Anda mengetahui bahwa seseorang terbukti tukang nyepam, maka Anda bisa memblokir posting, komentar, atau mencegah pembuatan akun baru dari seseorang dengan IP yang ada di dalam black-list.

Ya, memang itu bukan cara yang 100% berhasil, karena orang masih bisa menggunakan proxy, namun itu membantu banyak untuk mengatasi para spammer.

Terakhir, Anda juga bisa memberi semacam layanan untuk mengetahui alamat IP bagi pengunjung yang penasaran dan ingin mengetahui IP mereka. WhatIsMyIp.com adalah salah satu situs terkenal yang memberi tahu alamat IP pengguna. Dan ya, seringkali informasi ini berguna, terutama ketika Anda berusaha terkoneksi dengan komputer lain secara remote.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here