Penyedap rasa NON MSG
Source Image: Spruce/Maxwell Cozzi

Alternatif Penyedap Alami Pengganti MSG

ERUDISI.com – Masih banyak penyedap alami pengganti penyedap buatan. Monosodium Glutamat atau lebih dikenal memang masih jadi pro dan kontraa antara anjuran menggunakan dalam masakan.

Tapi dibalik perbedaan tersebut lebih baik kita mencari alternatif penyedap alami yang bisa menggantikan penyedap buatan sehingga rasa masakan menjadi lezat dan gurih.

Alternatif Penyedap Alami Pengganti MSG

1. Air Kaldu

Kandungan yang ada pada MSG adalah Natrium gang bisa kita dapatkan dari garam. Sementara glutamat, sebagai kandungan lain dari MSG yang mengandung asam amino pembentuk protein.
Asam amino bisa kita dapatkan dari air kaldu. Artinya, air kaldu kita tambah dengan garam bisa memiliki rasa yang sama dengan MSG lho.

Makanya saat kita mencoba kaldu rasanya sangat terasa gurih MSG padahal tidak sama sekali. Bahkan untuk MP-ASI kita selalu mendapatkan rekomendasi membuat air kaldu sendiri. Bisa menggunakan daging sapi, ayam kampung bahkan jamur.

2. Baceman Bawang

Teknik ini sudah jadi rahasia umum bagi para emak-emak. Baceman bawang memberikan aroma wangi dan rasa yang gurih pada masakan. Bahkan sering juga ditambahkan kemiri.

Caranya cukup mudah, blender halus sedikit kasar bawang putih kemudian tambahkan beberapa buah kemiri. Tergantung banyaknya bawang putih. 1:6. Kemudian masukkan dalam toples dan tambahkan minyak. Aduk rata menggunakan sendok kering dan setelah itu diamkan semalaman. Simpan di tempat kering dan siap digunakan untuk pengganti MSG.

Perlu diingat selalu menggunakan sendok kering saat mengambil baceman bawang ya, agar tidak cepat jamuran dan tidak bisa kita gunakan lagi.

Baceman bawang bisa kita gunakan untuk berbagai masakan sayuran, tumisan, membuat nasi goreng dan lainnya.

3. Kecap Ikan

Penggunaan kecap ikan bisa jadi pengganti MSG lho. Kecap ikan diperoleh dari penguraian daging ikan sehingga menghasilkan asam amino.

Dalam proses pembuatan, kecap ikan juga mengandung garam yang menghasilkan. rasa gurih jika bersama dengan asam amino.

Selain kecap ikan, kecap asin biasa juga bisa digunakan sebagai pengganti MSG.

4. Aneka Rempah dan Daun-Daunan

Kenapa masyarakat Indonesia pada masa dahulu memiliki banyak sekali resep saat membuat masakan. Penambahan lengkuas, kaos, kencur, temu kunci, kencur, daun salam, daun kunyit dan beberapa rempah lain akan mendorong garam menemukan rasa yang pas..

Aroma wangi rempah membuatnya menjadi sedap. Sebut saja saat kita memasak nasi uduk, nasi kuning, sayuran kuah, nasi kebuli dan aneka masakan lainnya. Rasa gurihnya dapat kita temukan setelah memasukkan garam, daun salam dan sereh.

Aromanya begitu wangi dan rasa gurihnya pas sekali menggantikan MSG.

5. Bumbu Kaldu Kemasan

Berbeda dengan MSG, bumbu kaldu kemasan lebih banyak mengandung kaldu alami. Produsen menggunakan bahan alami dalam pembuatan kaldu alami.

Kita bisa lebih tenang saat ingin mengkonsumsi dengan cara mengetahui kandungannya, apakah sudah memiliki miliki nomor BPOM dan sudah sertifikasi halal. Jika sudah maka kita bisa tenang karena sudah teruji keamanannya.

Perlu kita perhatikan bahwa konsumsi.MSG dengan jumlah berlebih tidak baik untuk tubuh kita. Bisa menyebabkan kanker atau penyakit lainnya. Jadi gunakan seperlunya saja.

Itulah penjelasan mengenai Alternatif Penyedap Alami Pengganti MSG yang bisa kita gunakan. Terutama bagi yang ada sedang ingin mengurangi konsumsi Monosodium Glutamat,  bisa menggunakan alternatif diatas.

Semoga bermanfaat dan selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari di Erudisi. Jangan lupa share artikelnya agar banyak yang temukan jawaban dan inspirasi.Terima kasih.

Check Also

Cara memilih bawang Bombai yang bagus

Tips Memilih dan Memasak Bawang Bombay

ERUDISI.com – Memilih bawang Bombay memang tidak bisa asal pilih agar mendapatkan bawang yang enak …